image

Foto Istimewa

12 Oktober 2017 | 11:36 WIB | Suara Kedu

Sleman Targetkan Penghargaan KLA Tingkat Utama

SLEMAN, suaramerdeka.com- Kabupaten Sleman tahun ini berhasil memperoleh penghargaan kabupaten layak anak (KLA) tingkat madya. Meski masih sebatas madya, pencapaian ini diharapkan menjadi motivasi agar dua tahun ke depan dapat meraih penghargaan tingkat utama.

"Untuk mencapai target itu, kita perlu membenahi sarana dan prasarana fisik yang masih terdapat kekurangan. Beberapa peraturan juga akan segera disusun untuk melengkapi yang sudah ada," kata Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun, kemarin.

Dengan komitmen yang sudah terbangun ditambah berbagai upaya perbaikan itu, dia yakin tidak akan sulit meraih KLA tingkat utama. Beberapa kelemahan yang perlu dibenahi antara lain pintu gerbang masuk Kabupaten Sleman, taman layak anak, dan kelengkapan sarana publik lainnya yang ramah anak.

Ke depan, Pemkab juga akan mengupayakan pembinaan dan perlindungan terhadap peradilan anak yang sesuai dengan kondisi mereka. Harapannya, anak-anak yang terlibat masalah hukum dapat dibina supaya kelak menjadi lebih baik.

Disamping itu, sambung Muslimatun, peran keluarga dalam membentuk karakter anak sangat diperlukan. Berbagai kendala semisal banyak anak dari luar daerah yang bermukim di Sleman, diatasi dengan melibatkan peran aktif orang tua kos, serta gugus tugas yang telah dibentuk.

"Kapasitas gugus tugas perlu terus ditingkatkan mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa supaya mereka siap mewujudkan kabupaten layak anak. Mengingat saat ini, jumlah anak di wilayah kita mencapai 29 persen dari jumlah penduduk," ungkapnya.

Di Sleman juga telah terbentuk 39 sekolah ramah anak mulai dari tingkat SD hingga SLTA. Adapun regulasi yang telah diterbitkan terkait perlindungan terhadap anak antara lain Perda Nomer 18 Tahun 2013, dan Perda Nomer 2 Tahun 2017. 

Selain itu, Kabupaten Sleman juga memiliki UPT Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan terhadap Korban Kekerasan Perempuan dan Anak yang siap membantu masyarakat.

(Amelia Hapsari /SMNetwork /CN19 )