image

MASIH DISELESAIKAN : Proyek pembangunan terminal tipe c yang masih diselesaikan di kawasan Pasar Tawangsari, Desa Keteguhan, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (12/9). (suaramerdeka.com/Asep Abdullah)

12 Oktober 2017 | 10:57 WIB | Solo Metro

Terminal Lain Berpeluang Dikembangkan

SUKOHARJO, suaramerdeka.com– Pengembangan terhadap terminal tipe C yang dimiliki oleh Pemkab Sukoharjo, diproyeksikan terus digeber. Tidak hanya Terminal Tawangsari, tetapi terminal lain berpeluang ditata. 

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Ahmad Saryono memaparkan, sejak Terminal Batas Kota dan Kartasura dikelola Pemprov, saat ini pihaknya fokus menambangkan adanya terminal tipe c yang berada di sejumlah kecamatan. Untuk itu pembangunan Terminal Tawangsari di ares Pasar Tawangsari, Kecamatan Tawangsari itu, akan meningkatkan gairah terminal lainnya. 

“Jadi terminal tipe c juga bisa dikembangkan. Kita awali di Terminal Tawangsari,” paparnya, Kamis (12/10).

Leboh lanjut dia menuturkan, terminal lain yang bakal ditata yakni Terminal Bekonang di area Pasar Bekonang, Kecamatan Mojolaban, Terminal Watu Kelir di Kecamatan Weru atau perbatasan dengan Kabupaten Gunung Kidul, dan terminal di area Pasar Ir Soekarno, Kecamatan Sukoharjo. Hanya saja diantara itu, yang akan menjadi prioritas penataan yakni Terminal Watu Kelir, karena kondisinya cukup memperihatinkan. 

“Dibandingkan yang lainnya, di Watu Kelir belum tertata dengan baik,” tutur dia. 

Dia menjelaskan, paling tidak terminal tipe c yang dimiliki Pemkab, bisa menjadi salah satu fasilitas penunjang perekonomian di tingkat kecamatan. Bahkan seperti di Terminal Tawangsari, tidak juga diproyeksikan menjadi akses bagi wisatawan dalam menjangkau lokasi-lokasi wisata. Mengingat di kawasan itu, terhubung dengan Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

“Dan juga, terminal tipe c yang berjumlah empat buah itu, bisa menjadi pintu masuk pendapatan asli daerah (PAD),” akunya.

(Asep Abdullah /SMNetwork /CN19 )