image

Foto: Istimewa

11 Oktober 2017 | 05:10 WIB | Suara Banyumas

Kebakaran di Pasar Purwasaba Banjarnegara Hanguskan 202 Los

BANJARNEGARA, suaramerdeka.com- Kebakaran di Pasar Purwasaba di Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara, Selasa (10/10) berhasil dipadamkan. Amukan si jago merah yang berkobar semala tiga jam, menghanguskan barang dagangan milik 202 pedagang los.

Petugas pemadam kebakaran dari Banjarnegara dibantu tim dari Kabupaten Purbalingga para pedagang dan warga setempat, baru bisa memadamkan api sekitar pukul 16.00 WIB. Api yang mengamuk sejak pukul 13.00 WIB akhirnya berhasil dikuasai.

Berdasarkan data yang dihimpun, api berasal dari los tengah yang menjual makanan anak-anak. Namun demikian, hingga saat ini penyebab pasti kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan.

Kebakaran tersebut meluluhlantakkan 202 los beserta dagangan milik para pedagang pasar. Sedangkan 35 kios yang berada di sisi depan masih bisa diselamatkan.

Siti, salah satu pedagang pakaian di los Pasar Purwasaba, mengaku semua dagangannya habis terbakar. Sebab, saat kejadian sekitar pukul 13.00 WIB, ia bersama anaknya yang juga berjualan di Pasar Purwasaba sudah pulang.

Sedangkan Edi, pedagang sayur, mengaku tidak hanya kehilangan barang dagangannya, namun juga tabungan yang ia simpan di los. "Jumalhnya tidak banyak, tetapi saya memang menyisihkan sedikit dari hasil jualan," kata Edi, Selasa (10/10) petang.

Menurut Kompol Widiyantoro, Wakapolres Banjarnegara, pascakebakaran pengamanan lingkungan Pasar Purwasaba akan ditingkatkan terutama saat malam hari. Dikhawatirkan akan ada tindak kejahatan oleh orang tidak bertanggungjawab, mengingat banyak barang-barang dagangan di pinggir-pinggir jalan yang berhasil diselamatkan.

"Tentunya dalam pengamanan polisi bekerjasama dengan masyarakat sekitar dan pemerintah desa. Tujuannya adalah barang-barang yang sempat diamankan dari kobaran api dan masih di luar tidak hilang," ujar dia. 

(DTC /CN39 )