image

foto ilustrasi - istimewa

21 September 2017 | 00:00 WIB | Nasional

BKKBN Akan Perkuat Kampung Keluarga Berencana

JAKARTA, suaramerdeka.com- Kepala BKKBN, Surya Chandra Surapaty mengatakan, bahwa pihaknya akan terus berkomitmen memperkuat kampung-kampung KB. Sejumlah strategi telah dirancang guna mewujudkan penguatan Kampung Keluarga Berencana (KB)  tersebut.

"Peningkatan kapasitas bagi seluruh pengelola, pelaksana dan pembina Kampung KB harus segera dilakukan," ujarnya, usai Acara Telaah Tengah Tahun Program KKBPK Tahun 2017, di Gedung BKKBN, Jakarta.

Menurutnya, percepatan regulasi terkait Kampung KB melalui Instruksi Presiden dan/atau Peraturan Menteri Dalam Negeri RI sebagai landasan hukum dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi Kampung KB, juga menjadi salah satu strategi yang akan dilakukan guna memperkuat.

Selain itu, diperkukan peningkatan sinergitas antar lembaga sektor terkait serta upaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat oleh Penyuluh KKBPK dan Institusi Masyarakat Pedesaan/Perkotaan (IMP).

"Memberikan fasilitas penyediaan sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan di Kampung KB melalui kerja sama lintas sektor yang dikoordinasi oleh OPD KB tingkat Provinsi mau pun tingkat Kabupaten," katanya.

Kemudian, percepatan pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Kampung KB agar perkembangan kuantitas dan kualitas penggarapan Kampung KB dapat termonitor secara berkala.

"Perlunya sinkronisasi perencanaan, program, kegiatan dan anggaran Kampung KB dengan sektor terkait secara tepat waktu melalui forum Musrembang disetiap tingkatan. Pendampingan dalam perencanaan dan penggunaan anggaran kegiatan Program KKBPK dan program sektoral di Kampung KB melalui APBDes, Alokasi Dana Desa (ADD) dan APBD serta sumber dana lainnya seperti APBN, Dana Corporate Social Responsibility (CSR).

(Satrio Wicaksono /SMNetwork /CN40 )