image

Foto: BBC

28 September 2017 | 16:36 WIB | Unik

Dua Panda Raksasa Asal Cina Tiba di Indonesia

Sepasang panda raksasa yang bernama Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina), akhirnya tiba di Indonesia setelah menempuh penerbangan sejauh 4.400 kilometer. Sebelum terbang dari Cina, Cai Tao dan Hu Chun melakukan perjalanan darat yang panjang dari Wolong Panda Base hingga Chengdu.

Dalam penerbangan, mereka (panda) ditemani oleh dua dokter dan dua pengasuh dari Taman Safari Indonesia dan China Conservation and Research Centre for Giant Panda (CCRCGP). Selain itu dalam penerbangannya, setiap penumpang yang ikut dalam pesawat yang mengangkut mereka (panda) akan mendapatkan baju panda bertuliskan “IAM FLYING WITH GIANT PANDAS”.

Cai Tao dan Hu Chun akan tinggal di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor. Sesuai kesepakatan dengan Cina dalam programbreeding, kedua panda raksasa akan berada di Indonesia selama 10 tahun yang berarti mereka (panda) akan kembali ke Cina saat umurnya 17 tahun. Harapan Cina kepada Cai Tao dan Hu Chun yaitu mereka dapat memiliki anak selama tinggal di Indonesia.

Sebagai sambutan dari Indonesia kepada kedua panda raksasa, pemerintah melalui taman konservasi Taman Safari Indonesia telah menyiapkan sarana prasarana berupa Rumah Panda Indonesia yang terletak di kawasan Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor.

(KCM /CNN /CN41 )