image

foto: istimewa

12 September 2017 | 12:00 WIB | Musika

Album Tempo Doeloe

Demo Rahasia Dave Grohl yang Berujung Sukses

Judul Album:Foo Fighters
Artis            :  Foo Fighters 
Produksi      :Capitol-Rosswel/1995

SETELAHkematian Kurt Cobain, sang gitaris sekaligus frontman grup Nirvana di tahun 1994, maka band grunge ini menjadi limbung. Dave Grohl sendiri sempat bingung akan tampil bermusik dengan siapa. Sebab jika dia harus melanjutkan Nirvana atau menjadi drummer bagi band-band yang menawarinya, maka terasa seperti di Nirvana lagi. Maka Grohl memutuskan untuk membuang jauh kenangan Nirvana. Dia harus membuat revolusi di jagad musik rock, walau bukan berarti lepas dari wilayah musik grunge. Melainkan membentuk dan merekam untuk band terbarunya. 

Semula Grohl iseng merekam lagu-lagu karyanya yang musiknya dimainkan dan dinyanyikan sendiri. Demo rekaman itu diberikan ke sejumlah teman-teman secara rahasia dan mengusung nama: Foo Fighters. Tak lama kemudian pihak label tertarik memproduksi rekaman itu, hingga akhirnya Grohl merilis debut album Foo Fighters dengan judul: Foo Fighters di tahun 1995. Sambutan publik saat itu cukup bagus, hingga debut album ini meraup sukses di pasaran: 

This Is a Call: vocal Grohl langsung masuk ke bagian verse beriring denting piano. Kemudian hentakan musik rock up tempo mengiringi vokalnya di bagian verse. Saat masuk ke bagian reffrain ditambahkan petikan gitar rhytmnya. Kemudian saat masuk bagian jeda, hentakan musik berubah jadi hustle non hit hat, beriring rif rif gitarnya. Termasuk bagian coda lagu.

 I'll Stick Around: permainan snare drum Grohl yang cepat dan nyambung ke irama funk bit up tempo beriring rif rif gitarnya membuka lagu ini. Nuansa "Smile Like Than Spirit" atau "Rape Me" nya Nirvana masih terasa pada lagu ini. Termasuk penggunaan nada-nada datar di bagian verse, dan menjadi emo di bagian reffrain.

Big Me: hentakan musik berirama pop rock mid tempo membuka lagu ini beriring petikan gitarnya sepanjang 2 bar. Menyusul vokal Grohl yang terdengar genit di bagian verse lagu. Termasuk di bagian reffrain lagu.

Alone + Easy Target: rif rif gitar membuka lagu ini sepanjang 2 bar. Menyusul di bar ke-3 hentakan drum dalam irama funk bit up tempo sepanjang 2 bar lagi yang beriring dengan rif rif gitar. Kemudian vokal Grohl masuk beriring hentakan funk bit up tempo dan rif rif gitar. Namun saat masuk ke bagian reffrain, hentakannya berubah menjadi boggie woggie. Saat masuk ke bagian bridge, hentakan berubah menjadi hustle non hit hat.

Good Grief: lagu ini tampil dalam hentakan musik berbirama 2/4 mid tempo. Saat vokal Grohl masuk ke bagian reffrain, dibubuhkan rif rif gitar, dan gaya menyanyi Grohl yang mengikuti gaya Cobain.

Floaty: dibuka dengan genjrengan gitar akustik dalam birama 6/8 sepanjang 2 bar. Kemudian vocal Grohl masuk ke bagian verse beriring hentakan musik berbirama 6/8 yang kaya dengan rif rif gitar. Begitu pula saat bagian reffrain. Teriakan vocalnya sempat berselingan dengan drive-drive gitarnya. Sayang, drive-drive gitar yang ditampilkan terasa minim dan monoton.

Weenie Beenie: sound feedback yang singkat dan berlanjut dengan rif-rif gitar dalam hentakan rock up tempo sepanjang 8 bar. Sebelumnya sepanjang 4 bar diisi dengan unision rif rif gitar dan hentakan drum nan singkat berselingan dengan rif rif gitar lainnya. Namun masuk bar ke-5 hentakan musik rock up tempo mulai mengalun, dan vocal Grohl masuk ke bagian verse hanya menyanyi menggunakan megaphone. Sehingga musiknya dan vocalnya terasa seperti greencore, walau terdengar melodik.

Oh, George: hentakan musik rock mid tempo yang diperkaya rif-rif gitar mengalir sepanjang 2 bar, dan selanjutnya vocak Grohl masuk ke bagian verse dan masih beriring rock mid tempo dan diperkaya rif-rif gitar. Begitu pula di bagian reffrain. Bagian jeda diisi dengab drive-drive gitar.

For All the Cows: hentakan musik swing mid tempo dan petikan gitar rhytm mengalir. Selanjutnya vocal Grohl masuk ke bagian verse. Kemudian pada bagian reffrain lagu mulai menghentak dengan rif-rif gitar yang kasar dan hentakan swing rock lebih gahar.

X Static: rif-rif gitar membuka lagu ini sepanjang 9 bar. Kemudian menyusul sound-sound rif-rif gitar lainnya sepanjang 6 bar. Tak lama kemudian hentakan drum dalam irama funk bit mid tempo menyusul. Vocal Grohl masuk ke bagian verse beriring hentakan funk bit mid tempo dan juga rif-rif gitar. Sepanjang lagu ini, vocal Grohl terdengar datar. Tak ada nada-nada melengking.

Wattershed: rif-rif gitar membuka lagu ini sepanjang 6 bar. Sepanjang 2 bar tanpa hentakan drum rock up tempo. Baru pada bar ke-4 menyusul hentakan drum dan vocal Grohl masuk ke bagian verse lagu dengan lebih beringas.

Exhausted: sound gitar yang terdengar serak membuka lagu ini sepanjang 2 bar. Menyusul hentakan musik rock mid tempo. Kemudian vocal Grohl masuk ke bagian verse 

(Nugroho Wahyu Utomo /SMNetwork /CN40 )

ENTERTAINMENT TERKINI