image

foto: suaramerdeka.com/Benny Benke

07 September 2017 | 20:32 WIB | Musika

Erucakra Selaraskan Jazz Zapin dan Sumatera Ethnic di Moskow

JAKARTA, suaramerdeka.com-  Festival Indonesia di Moskow Rusia yang berlangsung pada tgl 4-6 Agustus 2017 lalu, dan digagas untuk kali kedua oleh KBRI Moskow di venue Hermitage Garden, menyisakan cerita bagi Erucakra Mahameru. Dia tampil bersama grup musik tradisi kontemporer asuhan Pemko Medan, Sumatera Ethnic pimpinan Erwansyah Arifin. Dalam penampilannya, Eru berhasil memukau panggung utama di ajang tahunan Festival Indonesia Moskow Rusia. Menyajikan jazz zapin, Eru bersama pendukungnya mengenakan pakaian khas Melayu Medan berwarna emas.

Founder Internasional North Sumatra Jazz Festival, dan gerakan ritem Neo Progressive Jazz itu, mengaku berhasil melaraskan jazz Zapin dan Sumatera Ethnic, serta  diperkaya tarian teatrikal kontemporer khas Melayu Medan Sumatera Utara. Didukung suara akordion dan synthesizer plus rentak tabuh gendang Melayu dan pola drums Taganing, Eru membuka penampilannya dengan nomor pembuka, dengan iringan tarian Zapin Batik Medan.

Setelah itu, menyajikan komposisi Senandung Melayu Zapin Batik Medan, Zapin Belanda, Jam Session Taganing Jazz, Zapin Lantam, Ceracap, Multi Etnik Medley 8 Etnis Sumut, Zapin Moskow, Zapin Kursi, dan Ronggeng Selayang Pandang.

"Kira-kira 50 Menit kami menyajikan pertunjukan kolaborasi Jazz Zapin Medan-Moskow," ceritanya di Jakara, baru-baru ini.

Gelaran yang juga dihadiri Wali Kota Medan, dan Duta Besar RI untuk Rusia itu, diharapkan dapat makin mendekatkan kazanah musik jazz tradisi Indonesia kepada dunia luar.

Ihwal kolaborasi Jazz Zapin perdananya, Erucakra menjelaskan, bahwa seni musik budaya Melayu Zapin Sumatera Utara merupakan potensi besar yang harus disikapi pelaku musik dari berbagai unsur dan genre terutama di wilayah industri musik, dengan sebaik mungkin.

"Buktinya penampilan kami mendapatkan sambutan positif," ujar jebolan Berklee College of Music Boston Amerika Serikat ini.

 

 

(Benny Benke /SMNetwork /CN40 )

ENTERTAINMENT TERKINI