image

Foto: suaramerdeka.com/Benny Benke

13 Oktober 2017 | 16:53 WIB | Musika

Anugerah Musik Indonesia 2017 Makin Kompetitif

JAKARTA, suaramerdeka.com- Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards), ajang penghargaan tertinggi bagi industri musik Indonesia yang diberikan oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI), kembali bergulir. Memasuki tahun ke 20 penyelenggaraannya,  AMI 2017 sudah menggunakan sistem online voting. Sebagaimana dikatakan Dwiki Dharmawan, Ketua Umum Yayasan AMI, bahwa AMI 2017 berjalan dengan lebih transparan, kredibel.

"Dan lebih kekiniian, dengan mengakomodasi semua jenis musik kekinian," katanya di Jakarta, Jum'at (13/10) petang. 

Mengangkat tema #MusikTanpaBatas, tema ini diharapkan sejalan dengan perkembangan musik di era digital. "Karena kita tahu, dunia semakin bergerak secara dinamis, melibas sekat dan batas. Atau borderles," imbuh Dwiki. 

Dia menambahkan, perkembangan teknologi yang disruptive telah mengubah gaya hidup dan cara menikmati musik. Di mana musisi dan pelaku musik bergerak lebih kreatif dalam berkarya dan mendistribusikan musiknya. 

Memahami hal ini, AMI mengapresiasi dan membuka ruang lebar atas berbagai genre musik dan juga para penyanyi/musisi yang berkiprah. Dengan perubahan yang signifikan pada industri musik di era digital inilah, YAMI berkomitmen untuk berkiprah lebih aktif demi memberikan kontribusi pada kemajuan industri musik tanah air. 

Terobosan yang dilakukan YAMI adalah dengan memperkenalkan sistem pendaftaran secara online. Sebelumnya, pendaftaran untuk semua calon nominasi dilakukan secara konvensial dengan mengedarkan formulir daftar isian kepada anggota. Meski pun demikian, YAMI masih memberikan kesempatan kepada anggotanya untuk melakukan pendaftaran secara konvensional.

"Ke depan diharapkan semua bisa dintegrasikan menyeluruh secara online," tekan Dwiki. 

Untuk memberikan kurasi yang kompeten, YAMI juga memperbaiki kerangka kerjanya. Dengan menargetkan keanggotan AMI bisa ditingkatkan baik dari segi kuantitas mau pun kualitas. Saat ini sudah ada 1.200 peserta yang tergabung di AMI. Ke depan diharapkan lebih banyak. 

Malam puncak AMI akan digelar pada 16 November 2017 di Garuda Theatre Taman Mini Indonesia Indah.

(Benny Benke /SMNetwork /CN40 )