no image
22 September 2017 | 13:23 WIB | SOULUTION

Walaupun Sudah Punya Pasangan, Kenapa Cowok Suka Lirik Cewek Lain?

Remaja.suaramerdeka.com– Apa kamu termasuk cowok yang suka melirik wanita lain meskipun  sudah punya pacar? Wah, apa ini tanda-tanda pengin selingkuh atau kamu punya bakat mata keranjang? Eits, belum tentu, kawan. Ada suatu penelitian yang punya jawaban ilmiah tentang “hobi” cowok yang satu ini lho.

Pada dasarnya, saat kita melihat orang lain, otak akan mulai memproses informasi visual yang kita lihat dan membuat penilaian instan berdasarkan daya tarik seseorang. Menariknya, otak cowok secara alamiah lebih peka untuk menangkap keindahan dan kecantikan, terutama kecantikan cewek.

Menurut Daniel Prager, akademisi sekaligus presiden Prager University di Amerika Serikat, insting inilah yang mendorong cowok untuk melirik wanita lain. Prager bahkan mengatakan kalau seberapa kuatnya hubungan kamu dan pasangan, karena cowok heteroseksual memang dirancang secara naluriah untuk menginginkan lebih dari satu wanita. Wih!

Alasannya sesederhana bahwa karena wanita itu adalah “wanita lain”. Tapi “Wanita lain” tersebut adalah benar-benar dalam arti harafiahnya bahwa memang ada wanita-wanita lain di dunia ini selain pasangannya saat ini. Jadi jangan heran kalau cowok sudah punya pasangan, bakal selalu tertarik atau mengagumi cewek lain karena memiliki penampilan yang lain dari yang selalu ada di sampingnya ya.

Selain itu, ada sebuah penelitian tahun 2009 terbitan Archives of Sexual Behavior menemukan kalau durasi cowok memandang cewek bisa mengukur seberapa tertariknya dia pada cewek tersebut. Rata-rata cowok memandang wanita selama 8,2 detik, kalau dia benar-benar merasa tertarik dengannya. Sedangkan, kalau memandang kurang dari 4 detik , berarti cewek itu nggak begitu mempesona.

Pada umumnya dibutuhkan waktu rata-rata tujuh detik untuk otak memutuskan apakah kita tertarik pada seseorang atau tidak. Michele Barton, seorang psikolog kesehatan klinis di Psychology Life Well di Harrison, N.Y., mengungkapkan kalau sangat biasa buat cowok untuk melirik cewek lain sekitar lima sampai sepuluh detik sebelum perhatiannya teralihkan kembali ke tempat semula.

Foto: berbagaisumber

(Adib Auliawan /SMNetwork /CN42 )