image
05 September 2017 | 19:30 WIB | LIFESTYLE

Ssstt! Beda Jenis Rambut, Beda Juga Cara Keramasnya

Remaja.suaramerdeka.com– Saat kita sedang dikejar waktu, aktivitas mandi pun menjadi super kilat. Nggak jarang kita juga melewati keramas karena keburu telat. Walaupun hanya sekali atau dua kali, tapi itu berbahaya bagi rambut dan kesehatan kulit kepala lho. Rambutmu juga akan terlihat kusam dan terasa kasar.

Setiap jenis rambut pun mempunyai caranya sendiri untuk dibersihkan. Lantas seperti apa tipsnya?

Rambut Normal yang Gampang Berminyak

Trichologist Anabel Kingsley menyarankan kamu pemilik rambut tipe ini untuk keramas setiap hari. Kalau kamu melakukannya, rambutmu nggak akan terlihat lemas dan kusam.
 
Bagi yang sering berolahraga atau suka pakai dry spray, kamu harus lebih sering keramas. Memakai berbagai macam produk rambut bisa menyebabkannya menumpuk di rambut dan kulit kepala. 

Rambut Keriting

Kadang, kotoran dan minyak kurang terlihat jelas pada tekstur rambut ini. Jadi, kalau kamu melewatkan satu hari keramas nggak membuat perbedaan pada rambutmu.

Tapi, Anabel mengatakan bahwa kulit kepala seperti kebanyakan area kulit lainnya, mengandung banyak keringat dan kelenjar minyak. Sehingga perlu sering dicuci agar tetap bersih dan dalam kondisi baik.
Bayangkan kalau kamu melewatkan satu hari untuk cuci muka, seperti kamu melewatkan keramas.  

Rambut Berketombe

Kalau kulit kepalamu berketombe, dermatolog selebriti di New York, Dr. Francesca Frusco mengatakan sebaiknya kamu lebih teratur keramas dengan sampo khusus. Kamu bisa menggunakan dandruff shampoo yang melembapkan. Ketombe bisa timbul karena tidak keramas sesering yang seharusnya.
 

Rambut Kasar

Jenis rambut ini bisa tahan lebih lama untuk nggak dikeramas kalau nggak berminyak dan berketombe. Dr. Frusco menyarankan bagi kamu yang memiliki tipe rambut seperti ini untuk keramas dengan dua kali sampo agar menghilangkan penumpukan kotoran, minyak dan produk-produk yang dipakai.

Foto : luvschemical.info

(Femna /SMNetwork )