image
06 Oktober 2017 | 11:39 WIB | SOULUTION

Aduh! Ternyata Kanker Payudara Juga Menyerang Pria

Remaja.suaramerdeka.com- Kanker payudara dianggap sebagai penyakit yang hanya menyerang  wanita saja, tapi ternyata, pria juga bisa mengidap kanker tersebut lho. Kanker payudara pada pria biasanya dialami oleh pria yang lanjut usia, antara usia 60-70 tahun. Tapi nggak menutup kemungkinan kalau kanker payudara pada pria bisa terjadi di usia berapa pun.

Gejala awal kanker payudara pria umumnya sama dengan gejala kanker payudara pada wanita, kawan, yaitu berupa benjolan keras di salah satu payudara yang nggak terasa sakit. Masih ada beberapa gejala  kanker payudara pada pria yang harus diwaspadai, apa saja?

1. Puting masuk ke dalam (retraksi).

2. Puting menjadi keras, mengalami iritasi, dan terlihat sakit (korengan pada puting).

3. Puting mengeluarkan cairan.

4. Tulang terasa sakit.

5. Pembengkakan pada kelenjar getah bening, biasanya di dalam atau sekitar ketiak.

6. Napas pendek atau sesak napas.

7. Merasa lelah sepanjang waktu.

8. Merasa sakit.

9. Kulit gatal dan menguning pada kulit dan mata.

Nah, sebagai cara paling efektif buat mengurangi risiko terkena kanker payudara pada pria, langkah pencegahannya juga dapat dilakukan mulai dari sekarang, seperti dibawah ini:  

Olahraga yang teratur

Kadar esterogen yang meningkat pada tubuh, menyebabkan tubuh menjadi rentan terinfeksi kanker payudara. Tapi dengan olahraga teratur bakal menurunkan kadar esterogen tersebut.

Menurunkan Lemak

Di dalam tubuh terdapat lemak jahat (lemak jenuh) dan juga lemak baik (lemak tak jenuh), tapi lemak jenuh yang banyak, harus diturunkan biar bisa meminimalisir dari penyebaran sel kanker.

Hindari Konsumsi daging Melewati Batas Masak

Daging yang terlalu lama dimasak, ternyata nggak buat baik dimakan lho. Karena daging tersebut akan meningkatkan senyawa karsinogenik.

Banyak Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayur memiliki antioksidan yang tinggi yang baik untuk kesehatan, keduanya juga mengandung banyak serat yang sangat dianjurkan untuk dimakan. Eits, hindari mengkonsumsi buah-buahan ataupun sayur-sayuran yang banyak mengandung lemak ya.

Jangan Strees

Strees yang berlebihan bisa mengakibatkan tubuh menjadi mudah terserang penyakit, begitu juga terinfeksi kanker

Foto: berbagaisumber

(Adib Auliawan /SMNetwork /CN42 )