image
05 Oktober 2017 | 13:18 WIB | SOULUTION

OMG! Remaja Juga Bisa Kena Kanker payudara Lho

Remaja.suaramerdeka.com- Usia remaja merupakan usia paling produktif dalam segala bidang, tanpa terkecuali ada beberapa hal juga yang dapat menghambatnya. Kadang rasa pengin tahu remaja juga sangat tinggi lho, dan mereka selalu penasaran sebelum mereka belum mencobanya sendiri.

Tapi usia remaja ini juga banyak yang nggak menyadari hal-hal buruk yang dapat terjadi pada mereka, salah satunya adalah kanker payudara.

Nah, kanker payudara pada umumnya nggak mendatangkan gejala apa pun. Penting untuk melakukan deteksi dini kanker payudara, kawan. Kita bisa melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dan pemeriksaan payudara di fasilitas kesehatan secara rutin lho.

Berikut ciri-ciri yang dapat menjadi gejala awal kanker payudara:

Benjolan di Sekitar Payudara

Benjolan di sekitar payudara merupakan salah satu ciri atau tanda paling awal yang harus perhatikan, kawan. Sebagian wanita memiliki benjolan di daerah ketiak atau sekitar payudara sebagai tanda awal mereka sudah terkena kanker payudara stadium awal. Walaupun nggak 100 persen benjolan ini menandakan kalau terkena kanker, tapi setidaknya kita harus waspada, mulai dari yang terasa kecil atau yang sudah mengganggu, sebaiknya langsung berkonsultasi ke dokter terkait.

Perubahan Ukuran dan Bentuk Payudara

Kalau melihat ada keanehan dalam salah satu bentuk payudara,  ini merupakan tanda umum kedua yang paling sering terjadi. Nggak hanya bentuk, ukuran payudara juga menjadi tanda yang umum.

Kerutan di Sekitar Payudara

Kerutan biasanya dialami oleh orang yang sudah tua, tapi berbeda kalau kita terkena gejala awal kanker payudara, kerutan mungkin saja ada di bagian tertentu di payudara. Biasanya kerutan ini berwarna sedikit hitam dan nggak terlalu besar lingkupnya.

Keluarnya Cairan dari Puting

Tanpa sebab yang jelas tiba-tiba keluar cairan dari puting, maka ini adalah salah satu gejala terkena kanker payudara, kawan.

Nyeri di Bagian Tertentu Payudara

Saat menstruasi, payudara mungkin saja terasa nyeri ya. Tapi rasa nyeri tersebut bisa hilang seiring dengan selesainya menstruasi. Lalu bagaimana kalau rasa nyeri tersebut nggak kunjung hilang? Teliti lagi apakah bagian yang nyeri terletak pada posisi yang sama atau tidak. Jika pada bagian yang sama,  besar kemungkinan bahwa itu merupakan gejala kanker payudara

Payudara Kemerahan dan Bengkak

Kalau mengalami perubahan drastis dari warna kulit sekitar payudara seperti memerah, bengkak, atau terlihat gelap di salah satu sisi dan bagian tertentu pada payudara, sebaiknya mulai berkonsultasi pada dokter spesialis terkait.

Puting Masuk Ke Dalam

Puting susu biasanya akan timbul, kalau pun sedang mengecil setidaknya dia bakal sejajar dengan kulit. Tapi keanehan harus anda perhatikan ketika puting sudah masuk ke dalam dan nggak sewajarnya.

Gatal, Bersisik Sakit, dan Ruam di Puting Susu

Faktor lain yang dapat menjadi ciri ciri penyakit kanker payudara adalah timbulnya gatal yang nggak terduga di sekitar daerah payudara. Gatal ini dapat terjadi dalam skala kecil sampai yang cukup mengganggu karena sulit hilang serta intensitasnya sudah sangat tinggi.

Nggak ada salahnya untuk mengantisipasi segala kemungkinan sedini mungkin demi mendapatkan penanganan yang tepat, kawan. Sebagai pemeriksaan awal di rumah, kita bisa memeriksa payudara sendiri dengan menggunakan tangan untuk mendeteksi adanya benjolan yang nggak biasa.

Foto: berbagaisumber

 

(Adib Auliawan /SMNetwork /CN42 )