image
05 Oktober 2017 | 12:03 WIB | FYI

Remaja Ini Ciptakan Bra yang Bisa Deteksi Kanker Payudara

Remaja.suaramerdeka.com– Kawan, kanker payudara sampai saat ini masih menjadi salah satu penyakit paling menakutkan, bahkan bisa menyebabkan kematian buat wanita. Sayangnya, banyak wanita yang nggak menyadari menderita penyakit mematikan ini. Tapi, seorang remaja asal Meksiko bernama Julian Rios Cantu, berhasil menciptakan bra yang bisa mendeteksi kanker payudara lho.

Dilansir dariFoxnews, Julian menciptakan sebuah bra auto-exploration yang bisa mendeteksi gejala-gejala kanker payudara yang diberi nama EVA. Kalau dilihat, EVA tampak lebih tebal dari bra biasa. Ada 200 bionsensor yang siap memeriksa keadaan payudara.

Sensor-sensor tersebut memantau perubahan temperatur, berat dan bentuk payudara. Kalau temperatur payudara tinggi, tandanya aliran darah deras di daerah tersebut. Kemungkinan ada pertumbuhan tumor di dalamnya, kawan. Pemakaiannya nggak perlu seharian, cukup memakainya untuk pemantauan selama satu jam setiap minggunya. Hasil pantauan tersebut dihubungkan lewat smartphones via bluetooth.

Nah, dari situlah bisa mengetahui informasi soal kesehatan payudara. EVA juga sengaja dibuat dengan warna pink, sama dengan warna pita pink (kepedulian kanker payudara). Berdasarkan penemuannya tersebut, Julian berhasil memenangkan penghargaan Global Student Entrepreneur Awards (GSEA).

Karyanya ini terinspirasi dari ibunya yang melawan penyakit kanker payudara.  Pada usia 13 tahun, Julian merasa sedih melihat Ibunya divonis terkena kanker payudara untuk yang kedua kalinya. Saat itu, kanker yang ada di payudara ibunya sudah sebesar bola golf. Sayangnya, diagnosa dokter terlambat, sehingga ibunya harus kehilangan kedua payudaranya.

Foto: sztarcafe

(Adib Auliawan /SMNetwork /CN42 )