image
28 September 2017 | 13:30 WIB | SOULUTION

Apa Benar Cewek Lebih Gampang Emosi Daripada Cowok?

Remaja.suaramerdeka.com– Ada yang bilang bahwa cewek memang lebih mengandalkan emosinya sementara pria lebih mengedepankan logika. Apalagi kalau cewek sedang masuk masa PMS, bisa gempar deh dunia. Hihihi. Benar nggak ya?  

Sebuah penelitian biologi justru mengungkapkan kalau cowok lebih emosional daripada cewek lho.  Para ilmuwan menemukan bahwa cowok memiliki bagian otak yang berfungsi khusus untuk merespon emosi lebih besar dari cewek.  

Nah, bagian otak yang dimaksud itu bernamaamygdalayang berfungsi memproses emosi rasa takut, memicu marah, dan mendorong kita untuk melakukan suatu tindakan. Bagian ini akan memberi peringantan kalau-kalau ada bahaya dan kirim sinyal untuk melakukan "perlawanan"

Amygdalaini sangat dibutuhkan cowok. Untuk apa? Kekuatan emosi mereka bisa menimbulkan kemarahan yang besar. Apalagi cowok itu punya naluri untuk berkompetisi serta berburu, maka kemarahan itu membantu mereka untuk memenangkan apa yang mereka capai.

Sedangkan hormon yang mendomoinasi pada cewek adalah esterogen. Hormon ini mendorong cewek untuk selalu berada di kelompok agar aman. Karena itu, kalau lagi stres, cewek cenderung merasa aman kalau terhubung dengan orang lain.

Nggak hanya itun saja, karena testosteronnya yang lebih sedikit, cewek jadi lebih mampu mencari solusi sebuah konflik. Cewek lebih mudah berkompromi dan memenuhi kebutuhan orang lain, bahkan siap berkorban.

Sementara itu, testosteron yang banyak di cowok membuat kita lebih nyaman sendiri. Itulah mengapa cowok kurang tertarik dengan obrolan dalam kelompok, kecuali untuk kompetisi. Cowok juga lebih gampang stres kalau kebebasan dan otoritasnya terganggu. Tingginya testosteron di otak bikin cowok lebih gampang tersulut emosi dan mudah berkonflik. 

Foto: berbagaisumber

(Adib Auliawan /SMNetwork /CN42 )