logo SUARA MERDEKA
Line
Selasa, 06 Nopember 2007 NASIONAL
Line

ANEKA WARTA

LDII Bukan Aliran Sesat

SEMARANG - Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) menyatakan bahwa organisasi tersebut bukan termasuk aliran sesat. Sebab LDII telah diakui oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai organisasi penganut paradigma baru yang tertuang dalam kebijakan dan program-programnya termasuk membina serta meluruskan orang-orang yang masih punya paham Islam Jamaah. Hal tersebut disampaikan Sekretaris LDII Provinsi Jateng, H M AS Tri Wardoyo SE, Senin (5/11), di kantor Suara Merdeka Jl Pandanaran 30. "LDII secara tegas tidak pernah meneruskan apalagi mengajarkan ajaran Islam Jamaah," kata Tri. Dalam Surat Keputusan Komisi Fatwa MUI No 03/Kep/KF-MUI/IX/2006 tentang LDII pada 4 September 2006 disebutkan, lembaga tidak menggunakan atau pun menganut sistem keamiran. LDII juga tidak menganggap umat muslim di luar kelompok mereka sebagai kafir atau najis, dan bersedia bersama dengan ormas-ormas lainnya mengikuti landasan berpikir keagamaan sebagaimana yag ditetapkan MUI.

Ia menambahkan, sesuai saran MUI, LDII telah melakukan Rakernas pada Maret 2007 di Jakarta guna menyamakan persepsi. Salah satu hasil Raernas menyebutkan bahwa arah dan strategi LDII adalah menuju organisasi yang terakreditasi sebagai organisasi pembelajar.(J8-62)

Meski Terlambat, Wamil Diperlukan

JAKARTA - Meski telambat, wajib militer (wamil) tetap diperlukan, karena kekuatan personel dan persenjataan TNI sangat lemah dibanding dengan luas wilayah Indonesia. ''Jumlah tentara kita tidak mencapai satu juta orang. Padahal, kita memiliki sekitar 17 ribu pulau. Karena itu, masyarakat memiliki kewajiban untuk melaksanakan ketahanan negara. Salah satunya denyan wamil,'' kata Anggota Komisi I DPR (bidang pertahanan) Permadi kepada, Senin (5/11).

Anggota Komisi I Abdillah Toha meminta agar wacana penerapan wamil ditinjau dari beberapa aspek. Sebab, wamil tidak dimaksudkan untuk menyerang negara lain, melainkan bertahan. Politikus dari Partai Golkar Happy Bone Zulkarnaen mengatakan, Komisi I DPR akan meminta penjelasan dari Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono soal usulan penerapan wamil bagi warga negara berusia 18 sampai 45 tahun. Sebab, sampai saat ini Komisi I belum menerima draf RUU Komponen Cadangan dari pemerintah.(H28-49)

PKNU Optimistis Lolos Verifikasi

JAKARTA - Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) optimistis bisa mengikuti Pemilu 2009, karena partai ini telah dinyatakan paling lengkap persyaratannya oleh Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (Depkum HAM).

Menurut Sekjen DPP PKNU Idham Cholied, pada pertengahan Juli lalu, Depkum HAM telah mengeluarkan surat edaran yang isinya berupa pemberitahuan. ''PKNU termasuk paling baik, bersama PDP (Partai Demokrasi Pembaruan),'' katanya dalam jumpa pers didampingi Shaleh Abdul Malik, Ketua Panitia Munas Mukernas dan Peringatan Harlah PKNU I, di Jakarta kemarin. Menurut Ketua Shaleh Abdul Malik, PKNU akan melakukan konsolidasi dengan menggelar Musyawarah Nasional Ulama dan Mukernas PKNU. Dalam Mukernas 9-11 Oktober itu, akan dilakukan evaluasi soal kesiapan sampai ke tingkat kecamatan. (di-49)

Pertemuan Nasional Ikatan Notaris

SEMARANG-Ikatan Notaris Indonesia (INI) akan menggelar rapat pleno pengurus pusat, pembekalan, penyegaran pengetahuan, serta halalbihalal di Hotel Gumaya Semarang, 15-17 November 2007. Rapat pleno kali ini penekanannya lebih pada isu Undang-Undang Perseroan Terbatas. Ketua Pelaksana Suyanto SH menjelaskan, dalam pertemuan yang akan dihadiri Menteri Hukum dam HAM Andi Matalata itu dibahas pula Sisminbakum dan Hukum Waris dalam praktek.

''Kami berharap rekan-rekan Notaris di seluruh Indonesia dapat hadir dalam acara ini,'' kata dia, kemarin. Menurut Ketua INI Semarang Liliana Tedjosaputro dalam acara tersebut akan diisi ketoprak humor dan disediakan stan-stan bagi perusahaan yang akan ikut berpartisipasi. ''Kami berharap seluruh anggota INI Kota Semarang untuk berpartisipasi dan memberikan kontribusi demi suksesnya acara ini.'' Peserta bisa mendaftar ke sekretariat panitia Zulaicha. (G2-59)


Berita Utama | Ekonomi | Internasional | Olahraga
Semarang | Sala | Pantura | Muria | Kedu & DIY | Banyumas
Budaya | Wacana
  Cybernews | Berita Kemarin

Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA