SUARA MERDEKA
 
INDEKS SEMARANG Jumat, 28 September 2007

GURU, sebagai aset yang sangat berharga, dinilai butuh ''suntikan'' untuk memupuk profesionalismenya. Tak hanya kesejahteraan, komitmen mereka juga perlu dibangun. ''Nilai-nilai luhur yang selama ini ditimbulkan secara outside-in dirasakan sebagai keterpaksaan. Karena itu perlu training agar nilai-nilai luhur itu timbul secara inside-out dan terinternalisasi,''

SEMARANG- Sedikitnya 54 posko pengamanan (Pos Pam) disiapkan untuk memantau arus mudik dan balik Lebaran. Pos pam tersebut tersebar di sejumlah titik keramaian, rawan macet, dan kejahatan yang masuk wilayah hukum Polwiltabes Semarang. Selain menjadi tempat pantauan arus mudik dan balik, pos pam juga berguna untuk tempat koordinasi.

MESKI tidak mengenyam pendidikan agama di lembaga formal, jasa Drs Soenarto Notowidagdo tidak bisa dipandang sebelah mata dalam proses pendirian Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang.

SEMARANG- Bappeda Kota merencanakan mengevaluasi Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kota Semarang. Revisi dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan kota ke depan. Rencananya RTRW yang baru akan berlaku 20 tahun ke depan, untuk periode 2010 hingga 2030.

SEMARANG- Dinas Pertanian Kota Semarang melakukan uji sampel darah hewan ternak sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan Budi Daya Hewan Potong (BHP) Kota Semarang Jl Brigjen Sudiarto Penggaron, Kamis (27/9).

SEMARANG- Dua dari empat anggota kawanan jambret yang kerap beroperasi di kawasan Bubakan, seperti Jl Serayu, Jl Progo, Jl Dr Cipto dan depan Hotel Jelita di Jl MT Haryono,

SEMARANG- Dana asuransi jiwa yang disusun Komisi C DPRD Kota Semarang periode 1999-2004, sesungguhnya tidak masuk dalam pos anggaran Dewan. Dana tersebut lantas dititipkan pada pos anggaran Sekretariat Dewan (Setwan). Sesuai peraturan pemerintah, asuransi jiwa sesunguhnya tidak diperbolehkan. Yang diperbolehkan hanyalah asuransi kesehatan.

SEMARANG- Puasa wajib hukumnya bagi mereka yang beragama Islam, tak terkecuali wanita muslimah yang hamil. Sejauh kondisinya memungkinkan, puasa yang dijalankannya tersebut tak akan menimbulkan dampak negatif. "Kendati demikian, mereka tetap harus memperhatikan beberapa hal,'' kata dokter Bambang Suyono SpOG dalam seminar Kesehatan bertema Puasa Pada Kehamilan, baru-baru ini di RS Telogorejo.

TAK hanya hotel yang membutuhkan marketing untuk promosi, tapi rumah sakit pun demikian. Meski sama-sama menawarkan fasilitas kamar, namun rumah sakit lebih cenderung menawarkan pengobatan. Kondisi persaingan usaha di bidang pelayanan kesehatan yang semakin tajam di era globalisasi dewasa ini, membuat para pengelola rumah sakit,

SEMARANG- Salah seorang pengendara sepeda motor diamankan Satuan Lalu Lintas Polwiltabes Semarang dalam Operasi Candi Zebra yang berlangsung di Jl Letjen Suprapto, tepatnya di depan Gereja Blendug, Semarang, Rabu (26/9) sekitar pukul 00.30. Sebab pria yang mengaku bernama Habib Ali Fahmi Assegaff (32) itu menantang petugas berkelahi.

BANYUMANIK- Wali Kota Sukawi Sutarip mengharapkan tarawih keliling (tarling) dapat menjadi sarana koordinasi intensif antara Pemkot dan warga. Karena itu, suara warga sebaiknya bisa disalurkan saat bertatap muka setiap shalat tersebut digelar. ''Tarling ini bisa jadi media silaturahmi Pemkot dan tokoh-tokoh masyarakat, seperti ketua RW, LPMK, FIM KIM, serta tokoh-tokoh agama dan pemuda.

MENUNGGU waktu buka puasa memang menjadi keasyikan tersendiri, apalagi sambil cuci mata di pusat perbelanjaan. Banyak orang yang mengunjungi pusat perbelanjaan untuk berbelanja atau sekedar jalan-jalan sambil ngabuburit. Lihat saja, di Java Supermall Semarang, selepas sore banyak pengunjung yang terlihat lalu lalang.

PLANET Billiard di lantai 3 Java Supermall, menggelar acara menarik bertajuk "Ramadhan Fiesta". Sembari menunggu waktu berbuka, pengunjung bisa mampir sejenak alias ngabuburit sambil bermain billiard. Terlebih, setiap hari selama bulan ramadan diberikan takjil gratis mulai pukul 17.00-19.00. "Kami menawarkan paket free billiard dan buka puasa hanya dengan membayar Rp 30.000 untuk dua orang, dan Rp 70.000 untuk lima orang," kata Qomarudin Hidayat, General Affairs.

UNTUK memenuhi kebutuhan masyarakat akan tempat belanja serba ada, Java Supermal melengkapinya dengan hypermart. Pusat perbelanjaan serba ada di dalam mal ini, menempati areal seluas 6.000 m2 dan dioperasikan mulai 4 Oktober 2007. Menjelang dioperasikan, persiapan terus dilakukan pihak manajemen hypermart. Semua barang di setiap counter sudah nampak tertata rapi. Hingga akhir pekan ini,

SEMARANG- Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Agus Soeyitno melantik Brigjen TNI Pramono Edhie Wibowo sebagai Kasdam IV/Diponegoro menggantikan Brigjen TNI Haryadi Soetanto, di Makodam IV/Diponegoro, Kamis (27/9). Pramono sebelumnya Wadanjen Kopassus sedangkan Haryadi selanjutnya akan menjabat Pangdam XVII/Trikora.

SEMARANG- Petugas gabungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) bekerja sama dengan Balai Metrologi Wilayah Semarang melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Semarang, Kamis (27/9).

SEMARANG- Dalam menyemarakkan bulan Ramadan, Unissula Semarang menggelar bazar di halaman kampus. Kegiatan itu sebagai sarana menjalin silaturahmi antara civitas akademika dengan masyarakat di sekitar kampus. Bazar yang dilaksanakan 26-28 September itu, dibuka pukul 09.00 hingga 17.00 diikuti 24 peserta meliputi stan busana muslim, buku, makanan, obat-obatan, sayur-sayuran, buah-buahan serta masih banyak lagi.

SEMARANG- Rektor Undip Prof Dr dokter Susilo Wibowo MS Med SpAnd melantik Prof Dr Ir Johannes Hutabarat MSc sebagai Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip periode 2007-2011, di Hall Rektorat, Kampus Undip Tembalang, Kamis (27/9). Susilo berharap FPIK lebih proaktif untuk memasarkan keunggulan fakultas itu ke masyarakat. ''FPIK harus digarap lebih baik agar banyak orang tertarik untuk menuntut ilmu di sana.''

SEMARANG- Universitas Semarang (USM) baru-baru ini mendapat hibah kompetisi dari Dikti Rp 500 juta. Bantuan dana itu sebagai pengembangan kapasitas institusi melalui teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

DEMAK- Untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran, Polres Demak memasang sejumlah rambu lalu lintas di sepanjang jalur pantura. Di antaranya rambu yang menunjukan jalan-jalan alternatif apabila terjadi kemacetan.

GROBOGAN- Bantuan senilai Rp 10 miliar dari pemerintah pusat untuk petani pengolah tanaman jarak pagar (jatropha curcas) Grobogan, diperkirakan segera cair menjelang Lebaran. Kepastian pencairan bantuan tersebut disampaikan langsung oleh Menneg BUMN Sofyan Djalil di sela-sela kunjungan singkatnya di Pabrik Pengolahan Jarak Pagar PT Enhill,

DEMAK- Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1428 H, harga bahan-bahan kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Demak justru turun. Kondisi itu diperkirakan terjadi, karena masih sepinya masyarakat yang melakukan aksi borong. Semetara, stok di pedagang cukup banyak. Hal itu terungkap ketika Kepala Disperindag beserta staf memantau harga di pasar-pasar, kemarin.

DEMAK - Aset besar yang dimiliki Kabupaten Demak berupa Masjid Agung, belum dikelola secara optimal oleh pemerintah setempat. Jika tidak dilakukan perubahan, dikhawatirkan kharisma masjid bersejarah peninggalan Walisongo itu akan berkurang bahkan pudar.

DEMAK- Kepala Desa Tlogorejo, Kecamatan Karangawen, Ali Alghozi, belum lama ini mengajukan pengunduran diri secara resmi dari jabatannya. Namun, pengunduran diri itu tidak disetujui Pemkab Demak.Ali Alghozi berkeinginan mundur, karena ingin aktif di partai politik. Sementara, untuk bisa berperan sebagai pengurus parpol dia tidak diperbolehkan menduduki jabatan kades.

JAMBU - Meski belum memiliki gedung sebagai sarana belajar mengajar, dua SMKN baru di Jambu dan Kaliwungu, Kabupaten Semarang, telah menerima 222 peserta didik.

KENDAL- Ratusan nelayan di Desa Sendangsikucing dan Gempolsewu, Kecamatan Rowosari, Kendal, sejak beberapa hari ini memilih tidak melaut. Selain sulit memperoleh ikan, juga karena cuaca yang tidak menentu.

UNGARAN - Puluhan warga Ngancar, Kelurahan/ Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, mendatangi kantor DPRD setempat di Ungaran, Kamis (27/ 9).

KENDAL- Memasuki musim tanam padi, sejumlah petani di Kecamatan Sukorejo dan sekitarnya kesulitan untuk mencari pupuk urea. Kelangkaan pupuk tersebut, sudah berlangsung sejak sekitar dua pekan terakhir.

UNGARAN - Jajaran Polres Semarang, Rabu (26/ 9) sore atau menjelang berbuka puasa menggelar operasi simpatik di jalan raya depan Kantor Bupati Semarang di Ungaran. Dalam kegiatan ini setidaknya ada 110 pelanggar terkena tilang karena kedapatan tidak membawa surat-surat kendaraan seperti STNK dan SIM.

PABELAN- Sebanyak 50.000 petasan jenis cabe rawit disita dan dimusnahkan petugas kepolisian dari Polisi Pos (Pospol) Kecamatan Pabelan, Kamis (27/9) siang di halaman Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang. Ribuan petasan yang disita dalam operasi pekat selama 15 hari bulan Ramadan itu, direndam dalam sebuah tong berisi air oleh Kapolpos Kecamatan Pabelan Iptu Mustafa,

SALATIGA- Polres Salatiga memasang spanduk imbauan kamtibmas di sejumlah tempat strategis dan titik-titik rawan gangguan keamanan di Kota Salatiga. Spanduk imbauan itu mengingatkan agar masyarakat waspada, sehingga terhidar dari tindakan kriminal menjelang dan setelah Lebaran.

SEMARANG- Grup nasyid DNA dari Semarang, Rabu (26/9) malam, tampil memikat dalam acara Djarum Super Pesona Ramadan 2007di Delta Taman Menteri Supeno atau lebih dikenal Taman KB. Para personelnya terdiri atas Adim, Oong, Wawan, Saikol, Andi, Fikri dan Vici menembangkan lagu-lagu bernapaskan Islami andalan mereka.

SALATIGA- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Desperindag) Kota Salatiga mengkhawatirkan, sejumlah kios di Terminal Tingkir Salatiga, sebagai tempat buangan produk makanan kedaluwarsa.

BUKU dongeng acapkali menarik perhatian anak-anak. Apalagi adanya gambar-gambar full colour yang menjadi pelengkap cerita yang ada. Akan tetapi tidak demikian bagi Fadill. Pemenang juara favorit Pildacil pilihan pemirsa itu,

PENGAJIAN rutin selapanan malam Sabtu Wage ''Molimo Mantab'' akan digelar Jumat (28/9) di Ponpes Roudlotun Ni'mah, Jl Supriyadi Gg Kalicari IV No 3 Pedurungan telp 6715583 setelah shalat tarawih. Acara diasuh oleh KH Mohammad Ali Shodiqin (Gus Ali). Bagi jamaah putri diharap membawa alat shalat karena ada shalat tasbih. (G7-62)

MENJELANG hari raya, Matahari gelar diskon. Event bertajuk Ramadhan Big Sale ini berlangsung 26 September-17 Oktober 2007 di Atrium lantai 1, Java Supermall Semarang. "Semua koleksi busana dan sepatu ada di acara diskon ini. Baik untuk ladies, men, boys, girls, dan kids," kata Tatik Mumpuni, Assistant Store Manager Matahari Dept Store Java Supermall.

DEMAK - Pemerintah Kabupaten Demak memotong gaji semua PNS di lingkungannya yang beragama Islam sebesar Rp 11 ribu/orang. Pemotongan gaji bulan Oktober itu menurut Kabag Kesra Setda Demak Drs H Taufik Rifai untuk zakat para PNS. Kewajiban zakat bagi setiap muslim adalah sekitar 2,5 kilogram atau jika diuangkan sebesar Rp 11.000. Dengan perhitungan setiap kilogram beras seharga Rp 4.500. (H1-16)

SALATIGA- PKK dan Dharma Wanita Pemkot menggelar pasar murah yang, pada Kamis (4/10) mendatang. Ketua PKK Salatiga Rosa Darwanti J Manoppo SH MSi mengatakan, kegiatan tersebut akan berlangsung di kompleks Rumah Dinas Wali Kota Jalan Diponegoro. Pasar murah akan menyediakan sejumlah paket sembako untuk menghadapi Lebaran. Paket berisi beras, gula, minyak goreng, dan lainnya. Di samping itu,

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA