Nasional
Rabu, 18 April 2007 : 23.16 WIB
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Maskapai Penerbangan Diminta Tidak Panik
Jakarta, CyberNews. Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional atau Indonesia National Air Carriers Association (INACA) meminta agar maskapai penerbangan nasional tidak memberikan reaksi berlebihan atas peringatan pemerintah Amerika Serikat kepada warganya untuk tidak menggunakan pesawat yang dioperasikan maskapai-maskapai Indonesia.

“Tenang saja, tak usah panik,” kata Sekretaris Jenderal INACA Tengku Burhanudin kepada Tempo.

Seperti diketahui, pemerintah Amerika Serikat memperingatkan warganya agar tidak menggunakan pesawat yang dioperasikan maskapai penerbangan Indonesia. Peringatan itu dipasang pada situs Internet Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta pada Selasa lalu.

Menurut dia, peringatan itu tidak akan menimbulkan dampak signifikan bagi penerbangan domestik. Pasalnya, warga Amerika bukan penumpang penerbangan domestik dalam jumlah besar.

Selain itu, pada akhirnya mereka juga akan dihadapkan dengan situasi mau tidak harus menggunakan pesawat Indonesia.

Namun, dia mengakui, untuk penerbangan internasional akan menimbulkan pengaruh. Terutama jika peringatan itu akan diikuti negara-negara lain. Pengaruh tersebut akan terlihat sekitar Juli-Agustus saat ramai (peak season).( tempo interaktif/cn09 )

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA All rights reserved. No reproduction or republication without written permission