Nasional
Rabu, 14 Maret 2007 : 13.18 WIB
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
BMG Siapkan 10 Nama Badai
Jakarta, CyberNews. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) menyiapkan 10 nama untuk menamai badai yang terjadi di wilayah selatan Indonesia. Kesepuluh calon nama badai tersebut diambilkan dari nama dalam tokoh pewayangan.

Untuk itu, BMG kini tengah bersiap diri mengoperasikan Pusat Peringatan Badai Tropis (Tropical Cyclone Warning Center/TCWC). "Bila nanti TCWC sudah beroperasi, maka semua badai tropis yang muncul di kawasan Indonesia bagian selatanu akan menjadi tanggung jawab Indonesia untuk memberi nama dan mengeluarkan peringatan," ungkap Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Sri Woro Harijono.

Dijelaskan Sri Woro Harijono saat ini BMG sudah mengajukan kesiapan kepada organisasi meteorologi dunia (World Meteorological Organization/WMO). Sesuai ketentuan, untuk tahap awal Indonesia harus menyiapkan sepuluh nama.

Menurut Sri Woro Harijono nama-nama badai tersebut akan diambil dari nama tokoh pewayangan yang akan diurutkan sesuai abjad. "Mulai November tahun ini, Indonesia akan ambil bagian dalam penamaan badai di lingkup internasional," kata Sri Woro Harijono.

Untuk mempersiapkan hal ini, BMG akan membeli satu radar cuaca baru guna melengkapi operasional TCWC. BMG juga berencana menempatkan sejumlah prakirawan ahli.( mh habieb shaleh/Cn08 )

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA All rights reserved. No reproduction or republication without written permission