logo SUARA MERDEKA
Line
Senin, 12 Februari 2007 WACANA
Line

57 Tahun Suara Merdeka

Model Pertanggungjawaban Pers

  • Oleh Jeferson Kameo

HARIAN Suara Merdeka berkiprah selama 57 tahun bagi bangsa dan negara serta masyarakat dari Jawa Tengah. Catatan yang ada menunjukkan bahwa koran terbesar yang didirikan oleh Haji Hetami terbit sejak 11 Januari 1950. Dengan usia penerbitan yang sedemikian matang, maka siratan dan ungkapan terbit sejak 57 tahun yang lalu itu tidak sekadar metafora; tetapi pasti lebih kepada sebuah perspektif atau model pemberian makna pertanggungjawaban pers sebagai perusahan atau koperasi.

Kemampuan bertahan hingga 57 tahun dapat dilihat sebagai model dasar filosofis pertanggungjawaban pers yakni kepatuhan kepada kemerdekaan pers dari sebuah korporasi pers. Sebagai korporasi pers, selama 57 tahun telah memberi jawaban atau bukti yang konkret atas pertanyaan bagaimanakah sesungguhnya profil dari sebuah ketaatan dan kesetiaan dari para pekerja keras pers dalam Suara Merdeka untuk menyajikan informasi sebagai aset yang bernilai.

Pertanyaan lain, apakah sebetulnya rahasia sehingga aset nasional Jawa Tengah bisa berumur panjang di dalam mempertanggungjawabkan eksistensinya sebagai sebuah korporsi pers ?Jawabannya jelas, nama surat kabar ini ,Suara Merdeka.

Sebuah nama identik dengan pintu masuk ke sebuah identitas dan integritas dari penyandangnya. Nama itulah yang indikator terus - menerus dipertahankan, dijaga, dirawat 57 tahun sehingga koran ini cakap mendefinisikan informal dan komunikasi secara lebih fundamental, ilmiah dan filosofis ; sebagai sebuah manifestasi kemerdekaan

Pers Kebablasan ?

Apabila belakangan ini masih saja ada yang risau bahwa dengan adanya diundangkannya UU No. 40 Th 1999 pers "kebablasan", Suara Merdeka sebagai korporasi telah mempertanggungjawabkan kepada komunitasnya . Dengan sebuah pertanggungjawaban kepada dirinya sendiri selama 57 tahun kesuksesan mengelola tantangan kemerdekaan pers di bawah navigator pers harus bersuara dengan merdeka memberikan informasi sebagai kekayaan atau kekuasaan.

Sukses pengelolaan kemerdekaan pers yang dipertanggungjawabkan juga terlihat apabila kiprahnya selama 57 tahun dan di tahun - tahun yang akan datang dianalisis dalam perspektif lingkungan persaingan antarperusahaan pers yang belakangan ini begitu semarak dan menggembirakan.

Lalu bagaimana sikap membentuk model pertanggungjawaban dalam persaingan pers ini ? Sekali lagi, dalam perspektif nama yang disandang, kemerdekaan untuk mempertanggungjawabkan di hadapan hukum/pengadilan ini barangkali, karena penghargaan pada segi - segi kultural komunitas Jawa Tengah, Ia lebih memilih dengan bebas untuk menyerahkan kepada forum "pengadilan" pembaca yang harus memilih. Bukti menunjukkan Suara Merdeka tetap dipercaya dan masih yang terbesar.

Kenyataan itu juga tampak dari dijadikannya koran ini sebagai referensi oleh ilmuan dalam melakukan kajian keilmuan tentang berbagai aspek dari komunitas.

Penulis mencatat, di The University of Glasgow misalnya, sebuah universitas dengan reputasi tinggi di dunia dengan usia lebih dari 500 tahun, ilmunya merujuk Suara Merdeka sebagai bahan pustaka pada thesis Doktoral mengenai hukum dan pemerintahan serta masyarakat di Indonesia. (11)

--- Jeferson Kameo PhD, dosen Fakultas Hukum UKSW Salatiga, alumnus The School of Law Faculty of Law and Financial Studies, University of Glasgow, Skotlandia.

Kenyataan itu juga tampak dari dijadikannya koran ini sebagai referensi oleh ilmuwan dalam melakukan kajian keilmuan tentang berbagai aspek dari komunitas.


HexWeb XT DEMO from HexMac International

Berita Utama | Ekonomi | Internasional | Olahraga
Semarang | Sala | Pantura | Muria | Kedu & DIY | Banyumas
Budaya | Wacana | Ragam
Cybernews | Berita Kemarin

Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA