Nasional
Jumat, 08 September 2006 : 16.40 WIB
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pemerintah Singapura Cekal Delegasi INFID
Jakarta, CyberNews. International NGO Forum on Indonesia Develepoment (INFID) membatalkan 2 acara seminar untuk menyambut pertemuan tahunan IMF/World Bank di Singapura 14-20 September.

Langkah ini terpaksa dilakukan menyusul keputusan Pemerintah Singapura mengeluarkan keputusan cekal dan pelarangan masuknya delapan delegasi resmi INFID dalam pertemuan IMF/World Bank ke wilayah Singapura.

Selain itu, Polda Kepulauan Riau juga telah mengeluarkan larangan terhadap penyelenggaraan International/National Journalist Workshop pada 12-13 September dan International People’s Forum pada 15-17 September di Batam yang dikoordinasikan oleh INFID.

Atas keputusan cekal oleh Pemerintah Singapura dengan alasan keamanan dan hukum itu, dua sesi acara yang dikoordinasikan INFID dan telah menjadi agenda resmi pertemuan IMF/World Bank pada, yakni Seminar on Illegitimated Debt pada 18 September dan Deconstructing Recontruction: A Civil Society-World Bank Debate on The Logic of and Experience in IFI-led Post-Conflict and Post-Disaster Reconstuction Programmes pada 19 September di Suntec Singapore International Convention and Exhibition Center terancam batal.

"Perlu kami sampaikan, INFID adalah civil society organization yang memiliki akreditasi resmi dari IMF/World Bank dan lembaga-lembaga keuangan internasional lainnya untuk mengikuti pertemuan-pertemuan resmi yang mereka selenggarakan dan INFID tak memiliki track record buruk terkait hukum dan keamanan nasional dan internasional," tegas International NGO Forum on Indonesia Develepoment (INFID) dalam siaran persnya, Jumat (8/9).

Atas keputusan tersebut, IMF/World Bank dan berbagai organisasi nonpemerintah internasional juga telah melakukan berbagai upaya dan dukungan resmi kepada INFID terkait dengan keputusan Pemerintah Singapura itu.( mh habieb shaleh/Cn08 )

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA All rights reserved. No reproduction or republication without written permission