SUARA MERDEKA
 
INDEKS NASIONAL Jumat, 25 Agustus 2006

PURWOKERTO - Moro Grosir, pusat belanja terbesar di Kota Purwokerto, Kamis sore kemarin terbakar. Percikan api diduga berasal dari ruang personalia, bagian retur dan gudang kosong di lantai bawah.

SEMARANG - Dampak penangkapan salah seorang dosen Fakultas Teknologi Informatika (FTI) Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang, Agung Setyadi SKom (35), ternyata membuat website www.unisbank.ac.id milik perguruan tinggi swasta (PTS) itu diserang ratusan hacker.

DUA nama Agung tiba-tiba menghiasi media massa karena diduga terkait jaringan teroris. Agung Setyadi, dosen Fakultas Teknik Informatika Unisbank dan Muhammad Agung Prabowo, mahasiswa teknik elektro sebuah universitas di Semarang. Bagaimana sosok keduanya? Berikut catatan wartawan Suara Merdeka dalam dua seri.

WINA - Seorang gadis Austria yang disekap selama delapan tahun telah ditemukan kembali oleh polisi di daerah pinggiran Wina Rabu malam waktu setempat. Saat ditemukan, gadis itu dalam keadaan bingung karena tak tahu harus pergi ke mana. Wajahnya terlihat sangat pucat. Namun polisi, Kamis kemarin, memastikan kondisi kesehatan gadis itu cukup baik. 

MEMASUKI usia yang kedelapan, Moro Grosir tertimpa musibah kebakaran. Kejadian ini sangat memukul karyawan dan pemegang saham PT Bamas Satria Perkasa, perusahaan yang mendirikan Moro. Padahal sebentar lagi akan memasuki bulan Puasa dan Idul Fitri. Biasanya saat itu, swalayan panen raya.

PEKALONGAN - Empat wartawan kemarin hadir sebagai saksi dalam sidang kasus penyebarluasan foto seronok yang diduga bergambar pasangan Bupati-Wakil Bupati Pekalongan Dra Hj Siti Qomariyah MA-Ir H Wahyudi Pontjo Nugroho MT di Pengadilan Negeri Pekalongan.

BANGKOK - Upaya untuk menyingkirkan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra tampaknya terus dilakukan. Terutama menjelang pemilihan umum 15 Oktober mendatang, saat Thaksin diperkirakan menang. Polisi Thailand, Kamis kemarin, menggagalkan persekongkolan pengeboman yang tampaknya ditujukan pada PM Thailand itu.

SEMARANG - Ribuan petani yang tergabung dalam Organisasi Tani Jateng (Ortaja) menggeruduk kantor Perum Perhutani Unit I di Jl Pahlawan, Kamis (24/8).

DI antara massa petani yang menyesaki pelataran Gedung Berlian di Jl Pahlawan, Kamis (24/8) siang, Tahri (43) duduk menyendiri. Dia yang mengenakan kemeja batik dan bertopi caping hanya diam memandangi rekan-rekannya di depan panggung mimbar bebas.

SIDOARJO - Tak hanya gardu induk PT PLN yang mesti diselamatkan dari kemungkinan terkena luberan semburan lumpur panas PT Lapindo Brantas. Tower-tower transmisi tegangan tinggi juga mesti ditinggikan dan dibentengi dengan tanggul. Tujuannya, agar tak mengganggu arus listrik di banyak daerah.

SEMARANG - Kantor Wilayah (Kanwil) Depag Jateng menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Mardarasah Ibtidaiyah (MI) se-Jateng. Kegiatan itu berlangsung 25-28 Agustus di Kabupaten Demak. Porseni MI terakhir diselenggarakan di Banyumas pada tahun 1997.

JAKARTA - Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membatalkan wewenang Komisi Yudisial (KY) untuk mengawasi hakim, dinilai akan memberi peluang bagi mafia peradilan. Sebab KY tidak lagi memiliki wewenang mengawasi hakim.

JAKARTA - Tim Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Timtas Tipikor) Kamis kemarin melimpahkan empat tersangka kasus dugaan korupsi pengalihan hak guna bangunan (HGB) tanah Hotel Hilton ke penuntutan.

MEMANG benar bahwa sekitar bulan Februari, Juli, dan September 2005, saya menawarkan kepada para peserta pengajian, bagi yang mau dan mempunyai waktu luang serta tak ada halangan, bersama-sama menambah kajian di samping pengajian yang sudah ada.

SOLO- Departemen Perhubungan akan menyiapkan pemasangan alat CCTV dan sarana telekomunikasi di jalur pantai utara (pantura) dan selatan, menjelang Lebaran tahun ini. Pemasangan alat tersebut dimaksudkan untuk memantau arus lalu lintas mudik dan balik selama Lebaran.

JAKARTA - Pihak Ditjen Pemasyarakatan akan mempelajari lebih lanjut atas keluar masuknya alat elektronika ke dalam sel tahanan. Hal itu diungkapkan Kepala Sub Direktorat Registrasi Ditjen Pemasyarakatan Agus Toyib, di Jakarta, Kamis (24/8).

Tanya : Bapak Gubernur, dalam rangka meningkatkan investasi, Jawa Tengah telah melakukan rencana dan langkah-langkah yang konkret.

DEMAK - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) segera membayar dana simpanan nasabah BPR Mranggen Mitra Niaga (MMN) setelah proses verifikasi data yang dimulai Kamis (24/8) sudah diselesaikan. Masa verifikasi berlangsung selama 90 hari akan dibagi dalam beberapa tahap.

SEMARANG - Penetapan Perda No 10/2006 tentang Perubahan APBD 2006 sudah sesuai dengan mekanisme perundang-undangan. Hal itu disampaikan oleh anggota Komisi A DPRD Jawa Tengah Abdul Fikri Faqih dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Pudjo Rahayu Rizan dalam siaran pers yang dikirim ke redaksi Suara Merdeka, semalam.

BANDUNG - Panglima TNI Marsekal TNI Djoko Suyanto meminta agar keberangkatan putra Presiden, Lettu Inf Agus Harimurti Yudhoyono, sebagai bagian dari pasukan perdamaian Indonesia ke Lebanon, tidak diributkan. Pasalnya, keberangkatan itu sudah menjadi bagian dari tugasnya sebagai prajurit.

''BIARLAH Rahsia'', lagu ciptaan Melly Goeslaw yang liriknya ditulis Siti Nurhaliza dalam beberapa waktu terakhir, menjadi lagu kesukaan diva negeri jiran tersebut. Lagu itu seolah menjadi bagian cerita dirinya tentang teka-teki siapa pendamping hidupnya.

SEMARANG - Semarang menjadi tuan rumah Kongres Nasional Ikatan Ahli Patologi Indonesia (IAPI) ke-15, yang akan digelar selama tiga hari mulai Jumat (25/8) ini di Hotel Patra. Kongres dilaksanakan bekerja sama dengan bagian patologi anatomi Fakultas Kedokteran Undip dan RSUP Dr Kariadi, diikuti oleh dokter-dokter spesialis patologi seluruh Indonesia.

APA yang membuat maestro balet Indonesia Farida Oetoyo turun gunung setelah lima tahun tidak menghasilkan sebuah karya pun? "Karena anak," ujarnya di Gedung Kesenian Jakarta, kemarin. Penari balet kelahiran Solo itu menyatakan mau berkarya lagi asal yang membuat komposisi musik tari tersebut anaknya sendiri, Aksan Sjuman.

PENYANYI lagu campursari, Didi Kempot (40), sepertinya suka mengadopsi lagu-lagu penyanyi lain. Tembang "Sewu Kutho", "Ono Opo Awakmu", dan "Sing Penak" pernah dipopulerkan orang lain dan dialihbahasakan ke dalam bahasa Jawa dengan irama keroncong dangdut (congdut).

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA