SUARA MERDEKA
 
INDEKS MURIA Senin, 19 Desember 2005

REMBANG - Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Rembang menyatakan, pada 2006 akan mengajukan anggaran tak kurang dari Rp 8,7 miliar untuk memperbaiki 637 ruang kelas SD yang rusak berat dan terancam roboh.

KUDUS- Pengelolaan Benda Cagar Budaya (BCB) yang ditemukan pada pegunungan Patiayam di sekitar Dukuh Karangsuda, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus oleh Pemkab Kudus dinilai DPRD lambat dan terkesan tidak serius.

SELANGKAH demi selangkah, kaki Sarto menyusuri gang demi gang di beberapa ruas jalan di Blora. Pria berusia 45 tahun itu hendak menjual tungku hasil karyanya kepada warga. ''Tungku Bu, tungku hemat BBM...,'' teriaknya serius, kemarin.

PATI - Operasi terhadap penyakit masyarakat (pekat) yang digelar Polres Pati, Sabtu malam (17/12) lalu di hotel-hotel dan tempat karaoke, diduga bocor.

BAGI Angga, dunia modeling dan seni sudah menjadi panggilan hatinya. Meski sejak SD sampai SMA prestasi studinya senantiasa tetap masuk 10 besar, namun tidak lantas pemilik nama asli Ayu Widi Lestari Murdianggono -putri pasangan Margono dan Endang Murdiningsih- itu takabur.

KUDUS - Meski berkesan lambat untuk menyikapi kegelisahan petani di Kota Kretek mengenai rencana pemerintah mengimpor beras, Pemkab Kudus akhirnya mengambil sikap tegas yakni menolak hal itu (kebijakan impor).

KUDUS - Kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) beberapa bulan lalu ternyata secara perlahan memukul semua usaha jasa penggilingan padi.

JEPARA - Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Sosial (Kesbanglinsos) Kabupaten Jepara menyiapkan 25.000 karung plastik untuk mengantisipasi bahaya banjir. Instansi itu juga menyiapkan lima regu tim search and rescue (SAR) gabungan.

JEPARA - Beberapa elemen masyarakat Jepara yang bergabung dalam Solidaritas Masyarakat Antikorupsi (Simak), kembali menyoroti penanganan kasus korupsi APBD 2004 oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Jepara.

KUDUS - Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kudus yang diketuai Kapolres, AKBP EB Mandala, Sabtu (18/19) malam menggelar operasi di Lobby Cafe dan Net Cafe. Operasi dipimpin oleh Kaur Binops Satreskrim, Iptu Sunarto.

KUDUS - Dua kelompok terbang (kloter) dari enam kloter jamaah calon haji (calhaj) asal Kudus, Minggu (18/12) pagi berangkat dari pendapa kabupaten menuju Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

PERGAULAN remaja, belakangan ini menunjukkan keprihatinan sehubungan dengan maraknya ''kecelakaan'' mental dan fisik yang dialami remaja pada umumnya.

HIDUP di era globalisasi seperti sekarang, sangat memerlukan kepandaian kita dalam memilah-milah segala sesuatu yang disodorkan oleh lingkungan. Manusia memang tak bisa hidup tanpa manusia lain. Oleh karena itu, hal yang paling penting bagi manusia ialah interaksi.

BLORA - Mengantisipasi bertambahnya penderita penyakit demam berdarah dengue (DBD) berdasarkan siklus lima tahunan, Dinas Kesehatan (Dinkes) melibatkan pula beberapa organisasi kewanitaan. Di antaranya fatayat dan muslimat NU, serta Aisiyah Muhammadiyah.

REMBANG - Bupati Rembang, H Moch Salim mengatakan, pada 2006 mendatang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang berusaha membangun listrik tenaga surya bagi 27 dusun. Alasannya, ke 27 dusun tersebut hingga saat ini belum terjangkau jaringan listrik.

PATI - Partai Koalisi Bumi Mina Tani (BMT), Kamis (22/12), akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan. Pesertanya adalah enam pendaftar bakal calon bupati dan tujuh calon wabup periode 2006-2011.

BLORA- Bagori (36), warga Desa Greneng, Kecamatan Japah, Blora, baru-baru ini ditangkap petugas Polisi Hutan (Polhut) Perum Perhutani KPH Blora. Sebab, dia dituduh membawa kayu jati ilegal.

MERASA di wilayah kerjanya terdapat kompleks pelacuran Lorong Indah (LI) yang kian hari terus berkembang, wajar jika Kepala Puskesmas Kecamatan Margorejo, Pati,

TIDAK selamanya ilmu pengetahuan harus dikembangkan melalui perguruan tinggi. Asal memiliki kreativitas dan keuletan yang terasah, ilmu pengetahuan juga bisa dikembangkan dari sebuah dusun kecil yang jauh dari hiruk-pikuk dan hinggar-binggar lingkungan akademis.

BLORA - Jaringan pipa PDAM dari Waduk Bentolo di Desa Tinapan, Kecamatan Todanan, Blora, direncanakan mulai beroperasi pada tahun depan. Pengoperasian proyek yang menelan biaya lebih dari Rp 1 miliar itu,

BLORA - Menjelang berakhirnya masa jabatan 150 kepala desa (Kades) di Blora pada awal 2006, disikapi kejaksaan negeri (Kejari) dengan memberi perhatian lebih. Hal itu dilakukan, berkait dengan laporan masyarakat tentang tindak pidana yang diduga dilakukan oleh oknum kades.

JARUM jam sudah menunjukkan pukul 23.15 ketika seraut wajah yang masih menyisakan rona kantuk menyembul keluar. Dia terbangun karena seseorang mengetuk daun pintu rumahnya. Laki-laki separo baya bersarung itu pun seperti tahu apa yang harus dia lakukan, sesuatu yang mungkin sama bergunanya dengan pertolongan seorang dokter kepada pasiennya pada malam buta.

REMBANG - Dinas Tenaga Kerja Kesejahteraan Sosial dan Transmigrasi (Disnakersostrans) Rembang yang dibantu polisi dan Satpol PP, Jumat (16/12), dapat menjaring tak kurang dari sembilan pekerja seks komersial (PSK). Mereka kerap kali beroperasi di wilayah Kecamatan Sarang.

REMBANG - Sejumlah sekretaris desa (sekdes/carik) yang telah lanjut usia mempertanyakan kemungkinan bagi mereka untuk diangkat menjadi pegawai negeri sipil. Sekdes yang rata-rata berusia lebih dari 50 tahun itu mengatakan sangat tidak adil jika mereka yang telah mengabdi puluhan tahun tersebut kemudian tidak diangkat menjadi PNS.

PATI - Untuk mengeruk kali pada musim hujan seperti sekarang, bukanlah pekerjaan mudah. Sebab, banyak kendala yang dihadapi operator alat berat terutama jika kali tersebut sudah banjir. Dengan demikian, untuk membawa alat berat ke lokasi akan memakan waktu tersendiri.

PATI - Meski sudah musim hujan, volume air Waduk Seloromo di Desa/Kecamatan Gembong, Pati, dan Waduk Gunungrowo, di Desa Sitiluhur, kecamatan setempat, masih tetap minim. Padahal, hujan terus mengguyur sejak beberapa hari lalu.

REMBANG - Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kesejahteraan Sosial, dalam seminggu kemarin mengadakan kegiatan sarasehan nilai-nilai pahlawan di tujuh kecamatan. Rencananya, sarasehan tersebut akan terus digulirkan di 14 kecamatan di Kabupaten Rembang. Kabid Kesejahteraan Sosial, H Soehadi, mengatakan, tujuan dari sarasehan itu adalah untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai dan semangat perjuangan kepada generasi muda di Rembang.(moe-17a)

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA