logo SUARA MERDEKA
Line
Sabtu, 17 Desember 2005 NASIONAL
Line

''Bang Thoyib'' Lagu Tersohor

  • Gita KDI Mimpi Dapat Bintang

JAKARTA - Lagu ''Bang Thoyib'' yang dipopulerkan Ade Irma menjadi lagu dangdut paling populer sepanjang tahun 2005 berdasarkan hasil poling pemirsa TPI. Lagu ciptaan Sandy Sulung dan Biing itu semalam meraih gelar Lagu Dangdut Tersohor dan Album Terlaris versi Anugerah Dangdut Pemirsa TPI (ADPTPI) 2005.

Para penggemar dangdut memberi dukungan terbanyak kepada Ikke Nurjanah. Penyanyi yang terkenal lewat tembang ''Di Sun Sing Suwe'' itu pun meraih gelar Penyanyi Dangdut Wanita Tersohor versi ADPTPI 2005.

Adapun gelar Penyanyi Dangdut Pria Tesohor diraih Rhoma Irama. Rupanya ketenaran penyanyi melayu yang beberapa kali didera gosip tersebut masih melekat di benak pemirsa. Buktinya, pemirsa memilih pengarang lagu "Begadang" itu sebagai penyanyi pria tersohor.

"Hari ini musik dangdut butuh apresiasi dari stasiun televisi dan para penggemar dangdut di seluruh lapisan masyarakat. Tak penting siapa yang berhak menyandang penyanyi tersohor, yang ada adalah musik dangdut tersohor," tukas Ike usai menerima Piala Seruling Emas dari atas panggung.

Sementara itu, Gita KDI meraih gelar Pendatang Baru Tersohor. Juara Kontes Dangdut TPI (KDI) 2 itu mengalahkan rekan-rekan sesama alumnus KDI, yakni Maya, Siti, Aan dan Adi.

Puncak acara ADPTPI 2005 yang digelar di Jakarta International Exhibition Center (Jitec), Mangga Dua Square, Jakarta, itu berlangsung meriah.

Acara dipadati seniman dan pencinta dangdut. Mereka tampak begitu antusias menunggu siapa saja yang bakal dinobatkan sebagai artis penyanyi dangdut tersohor tahun ini. TPI menggelar Anugerah Dangdut sejak 1997. Selama penilaian dilakukan dewan juri. Namun, tahun ini penilaian didasarkan dukungan pemirsa lewat poling SMS.

Para nominator hampir semua hadir, kecuali Alam yang tengah show keluar kota. Demikian pula dengan artis-artis dangdut lainnya. Tampak di antaranya Reynold Panggabean, Cici Paramida, Fazal Dath, dan Ozzy Syahputra.

Tidak Menyangka

Suasana makin meriah ketika nama-nama peraih penghargaan mulai diumumkan. Dimulai dengan Penyanyi Dangdut Pendatang Baru Tersohor yang dibacakan oleh Sultan Djorghi dan Nina Shaqi. Untuk kategori ini dimenangkan oleh Gita KDI, juara pertama KDI 2 yang kemarin tampil sangat cantik dan anggun dalam balutan busana berwarna biru.

Gita mengaku sangat mensyukuri penghargaan yang diterimanya itu.

''Terus terang kemarin memang sempat mimpi dapat bintang, sehari sebelum berangkat dari Garut ke Jakarta. Waktu tidur Gita mimpi dapat bintang. Tapi nggak begitu dipikirin, soalnya ya itu tadi, takutnya kalau terlalu dipikirin malah jadi senewan,'' ungkap Gita.

Lagu ''Bang Thoyib'' ciptaan Sandy Sulung dan Biing meraih dua penghargaan, Lagu Tersohor dan Album Terlaris. ''Benar-benar tidak menyangka, soalnya saingannya kan Totok Aryo, Edy Ristan yang semuanya sangat canggih membuat lagu. Ini di luar perkiraan kami,'' tutur Sandy Sulung.

Lagu ''Bang Thoyib'' yang dinyanyikan Ade Irma diciptakan keduanya berasal dari inspirasi keadaan sekitar mereka. ''Di sekitar kita banyak orang yang tidak pulang ke rumah karena satu dan lain hal. Mungkin sebenarnya nggak pulang sehari, dua hari atau seminggu, tapi saya plintir jadi 2-3 lebaran. Kalau musiknya dapat inspirasi dari lagu At Thoyibah, kita rubah jadi lebih ngerap dan buat jadi baru,'' tambah Biing.

Setelah jadi lagu itu kemudian diserahkan kepada Ade Irma untuk menyanyikannya. ''Kebetulan Ade Irma memang suka lagu yang kearab-araban. Apalagi sebelumnya lagu Kumbang-Kumbang yang juga populer dinyanyikan oleh dia,'' ungkapnya.

Sementara itu grup musik dangdut Soneta pimpinan Rhoma Irama memperoleh penghargaan Lifetime Achievement. (tn, fzm-43)


Berita Utama | Ekonomi | Internasional | Olahraga
Semarang | Sala | Pantura | Muria | Kedu & DIY | Banyumas
Budaya | Wacana
  Cybernews | Berita Kemarin

Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA