logo SUARA MERDEKA
Line
Senin, 03 Oktober 2005 NASIONAL
Line

''Andai Saja Para Guru Melek Multimedia''


TI DAN PENDIDIKAN : Koordinator Umum Infokomputer.com Romi Satria Wahono memaparkan, persoalan teknologi informasi (TI) dan pendidikan dalam workshop ''Multimedia for Teachers'' di Aula Suara Merdeka, Jl Kaligawe Km 5, Sabtu (1/10). (57t) - SM/Achiar MP

KEJENUHAN merupakan musuh besar bagi para siswa, yang nyaris sulit dilawan. Suasana kelas yang tidak kondusif pada jam-jam terakhir pelajaran, pasti akan menjadi tembok besar bagi kemampuan daya tangkap siswa pada materi pelajaran yang sedang diajarkan para guru.

Terlebih lagi, mereka harus menyerap materi pelajaran yang padat berjejal-jejal. Lebih celakanya lagi disampaikan oleh guru yang tidak kreatif, dan cuma mengandalkan ceramah sebagai metode pembelajaran serta galak. Komplet sudah ''derita'' yang ditanggung para siswa tersebut.

Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FWPP) Jateng yang dimotori konseptor pendidikan Wahyudi CHA, mencoba menguraikan persoalan klise pembelajaran di kelas itu. Sabtu (1/10), FWPP bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nasima, PT Telkom, dan Suara Merdeka, menggelar workshop ''Multimedia for Teachers''. Tak tanggung-tanggung, sekitar 150 guru berbagai jenjang dari berbagai daerah di Jateng mengikuti pelatihan di Aula Suara Merdeka Jl Kaligawe itu.

''Targetnya sih sederhana saja, bagaimana para guru kita bisa melek multimedia. Paling tidak, jika mereka menguasainya, proses pembelajaran bisa berlangsung lebih menarik,'' tutur Wahyudi.

Sejumlah pembicara yang berkompeten mengenai multimedia diundang untuk membuka wawasan para pendidik. Koordinator Umum Ilmukomputer.com Romi Satria Wahono kebagian materi umum ''Teknologi Informasi dalam Pendidikan'', disusul Pemenang Guru Kreatif Tingkat Nasional 2004 Abdul Karim yang memaparkan sisi aplikatif multimedia dalam pembuatan materi ajar. Pada bagian akhir, Marketing Manager Telkom UCC IV Ir Lementina MM menyingkap kemungkinan bagi para guru untuk menyuplik materi ajar dari jagat cyber.

''Andai saja para guru melek multimedia, kemungkinan pembelajaran yang menarik akan lebih terbuka. Sebab, mereka bisa berkreasi dengan peranti multimedia itu,'' imbuh Wahyudi.

Sebagai stimulan, FWPP akan mengirimkan CD pembelajaran yang memanfaatkan kelebihan multimedia, sebagai hasil workshop itu. Diharapkan, para guru bisa mengembangkan pengetahuan dan kompetensi multimedia yang diperolehnya, untuk menciptakan suasana kelas yang menarik bagi siswa.

Sinambung

Gagasan dasar FWPP sinambung benar dengan Ilmukomputer.com, yang digawangi Romi Satria dkk. Romi, yang alumnus Department of Computer Science Saitama University Japan itu, telah lama menyebarkan ''virus'' melek multimedia lewat situs Ilmukomputer.com. Situs itu memberikan solusi pendidikan nonformal gratis dalam bidang ilmu komputer dan teknologi informasi.

''Misi utama dan ikrar Infokomputer.com adalah turut mengambil bagian dalam mencerdaskan anak bangsa, terutama dalam disiplin ilmu komputer dan TI. Dalam situs itu, tersedia materi gratis dengan lisensi open content dalam format PDF yang siap di-download,'' jelasnya.

Lantas, para guru pun berdialog seru tentang multimedia dan pemanfaatannya untuk pendidikan. Kepada Romi, mereka banyak bertanya soal perkembangan TI, pemanfaatannya dalam berbagai bidang, TI untuk pendidikan, serta aplikasinya.(Achiar M Permana-34t)


Berita Utama | Ekonomi | Internasional | Olahraga
Semarang | Sala | Pantura | Muria | Kedu & DIY | Banyumas
Budaya | Wacana | Ragam
Cybernews | Berita Kemarin

Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA