SUARA MERDEKA
 
INDEKS MURIA Selasa, 09 Agustus 2005

PATI - Sebanyak 29 kepala desa (kades) di Kecamatan Juwana, Pati, kemarin mendatangi Kantor DPRD. Pasalnya, tak satu pun desa tersebut mendapatkan alokasi bantuan pengurangan subsidi BBM untuk infrastruktur pedesaan sebesar Rp 250 juta/desa.

 

KUDUS - Sebanyak 71 pasien diare sejak awal Juli dirawat di RSUD Kudus. Hingga akhir Juli, dari jumlah tersebut, sebanyak 56 orang berasal dari Kudus. Kepala Sub-Bagian Humas RSUD Kudus, Suvivah, mengungkapkan bahwa mayoritas penderita diare adalah anak-anak.

TETAP konsisten dan konsekuen dengan program-program kegiatan sosial kemasyarakatan untuk daerah asal adalah landasan berpijak sebuah komunitas masyarakat asal Pati yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek). Komunitas tersebut mereka namakan Eks-Pelajar Pati (Eks-PP) di Jakarta angkatan 1973-1983.

KUDUS - Asosiasi Badan Perwakilan Desa Seluruh Indonesia (Abpedsi) Kudus menolak tuntutan Persaudaraan Kepala Desa (Persada) untuk memperpanjang masa kerja kepala desa (kades) selama dua tahun (SM, 5/8). Pasalnya, akan menimbulkan kerancuan sejumlah ketentuan yang telah ada sebelumnya.

 

JEPARA- ''Saya tidak pernah mengira bisa mendapat hadiah mobil. Tabungan saya tinggal Rp 28.000, karena sudah saya ambil Rp 10 juta untuk membeli tanah,'' ucap Ny Sholechah (27), warga Desa Bulungan, Kecamatan Pecangaan, Jepara, belum lama ini.

REMBANG- Guna meringankan beban petani dalam menghadapi musim paceklik, Pemkab akan mengembangkan tanaman jarak (Ricinus comunis). Pemilihan tanaman tersebut berdasarkan hasil uji kelayakan pada sebagian besar lahan kering.

REMBANG - Pelajar di tingkat sekolah menengah atas (SMA/SMK/MA) di Kota Rembang ditengarai paling banyak melanggar aturan lalu lintas. ''Setiap kali kami menggelar operasi tertib lalu lintas, banyak pelajar yang terjaring,'' kata Kasat Lantas Polres Rembang, AKP Anom Karibianto, kemarin.

 

NAMA Sutiyo (51) tidak bisa dilepaskan dari Radio Suara Kudus 88 FM. Sejak September 2003, dia memimpin radio ''pelat merah'' tersebut. Dengan mengedepankan sikap disiplin, dia memimpin 22 pegawai yang mayoritas adalah generasi muda.

REMBANG - Sebanyak 11 ketua kelompok nelayan dan satu kelompok bakul ikan yang tergabung dalam Forum Peduli KUD (FPK) Saroyo Mino menduga pengurus KUD Saroyo Mino Rembang menyalahgunakan dana dan wewenangnya.

 

PULUHAN mata hanya bisa terbelalak ketika bongkahan ''batu'' dilontarkan ke arah ''perangkat'' yang duduk manis di kursi empuknya. Sejurus kemudian, puluhan ''bala dupak'' terlihat berjumpalitan dan saling menunjukan kepiawaiannya dalam beradu pukul dengan lawannya.

KUDUS - Setelah mengantongi izin dari Gubernur Jateng, Kejari Kudus mulai hari ini hingga Kamis (11/8), akan memanggil lima anggota DPRD periode 1999-2004 yang kini masih menjadi wakil rakyat. Mereka dimintai keterangannya sebagai saksi kasus korupsi anggaran senilai Rp 22,9 miliar.

JEPARA - Untuk memperjuangankan nasib para buruh Jepara, salah satu cara yang harus ditempuh adalah memperkuat organisasi. Namun, upaya pembentukan serikat buruh mebel yang kuat dan memiliki nilai tawar yang tinggi tak mudah, sebab para pemilik perusahaan dan Dinas Tenaga Kerja kurang memberikan respons positif.

BLORA - Ketua DPRD Blora HM Warsit SPd memastikan, pelantikan Bupati Ir H Basuki Widodo dan Wakil Bupati Drs RM Yudhi Sancoyo MM akan dilaksanakan Kamis (11/8). ''Saya sudah mendapatkan informasi, pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih akan dilaksanakan Kamis,'' tandas Warsit di sela-sela sosialisasi rancangan peraturan daerah (ranperda) pembentukan PT Blora Patragas di Gedung DPRD kemarin.

BLORA - ''Tidak masalah, mobil dan rumah dinas biar begitu saja. Saya ingin memberi contoh perlunya menerapkan hidup sederhana,'' ungkap Bupati Blora (terpilih) Ir Basuki Widodo kepada Suara Merdeka, kemarin. Dia mengatakan hal itu berkaitan dengan tidak adanya fasilitas baru untuk menjabat Bupati Blora periode 2005-2010 (SM, 8/8).

PATI - Kapolsek Gembong Pati AKP Nunuk Suryati dipraperadilankan ke Pengadilan Negeri (PN) Pati oleh tujuh tersangka yang merusak tanaman singkong milik Parwi warga Pohgading Gembong. Dalam putusan sela, Senin (8/8), hakim Parulian SH, menolak eksepsi termohon (kapolsek). Dengan demikian, sidang lanjutan yang dijadwalkan berlangsung lagi hari ini akan memeriksa bukti-bukti.

GEMERLAP cahaya merah menyinari ruangan Kelenteng Ling Bio, sebelah tenggara Masjid Al-Aqsha Menara, Kudus Kulon. Azan menggema dari menara setinggi 17 meter yersebut yang konon dibawa dari Arab Saudi. Pak Kaji dan Bu Kaji berdagang suvenir dan oleh-oleh jenang Kudus di area masjid. Di Lokasi yang sama, Koh dan Cik membuka tokonya dengan menjual sembako.

KUDUS - Dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan Ke-60 RI, Pemkab Kudus menggelar Lomba Mewarnai Tingkat TK se-Kudus, Minggu (7/8) di Taman Budaya Raden Mas Panji Sosrokartono. Menurut Ketua Pelaksana Lomba, Giyono SSen, juara putra diraih Daffa Majid Rama Dhany asal TK At Birul Walidain dan juara putri Vania Gunawan dari PG Clarista. (tik-54h)

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA