logo SUARA MERDEKA
Line
Sabtu, 06 Agustus 2005 SALA
Line

Tiga Pasang Cabup Belum Penuhi Syarat

  • KPUD Umumkan Hasil Verifikasi

KLATEN - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Klaten mengumumkan hasil verifikasi persyaratan administrasi dan faktual pasangan calon, kemarin. Semua masih harus melengkapi beberapa persyaratan.

''Masih ada beberapa kelengkapan persyaratan yang kurang baik persyaratan dari partai politik yang mengajukan maupun masing-masing pasangan calon,'' ungkap dokter M Maimun, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pencalonan KPUD Klaten, kemarin.

Pokja Pencalonan mengadakan perumusan hasil verifikasi mulai Kamis lalu pukul 22.00 hingga kemarin pukul 03.00. Semua partai politik dan pasangan calon mendapat kesempatan melengkapi persyaratan selama tujuh hari.

''Hasil verifikasi telah kami sampaikan kepada PAN, Golkar, dan PDI-P. Mereka bisa melengkapi persyaratan sebelum verifikasi tahap kedua atau mengajukan calon pengganti,'' tutur Maimun.

Dari tiga pasangan calon, baru H Otto Saksono-H Anton Suwarto yang diajukan PAN yang sudah melengkapi semua persyaratan kecuali surat pemeriksaan kemampuan jasmani dan rohani.

Pasangan calon Partai Golkar Sunarno SE-Samiadji SE MM belum melampirkan tiga persyaratan. Selain surat dokter, belum terlampir surat keterangan tak pernah melakukan perbuatan tercela dari kepolisian, surat keterangan pemeriksaan bebas narkoba dari tim dokter, dan surat keterangan tidak mempunyai tunggakan pajak.

Ralat Nama

Sementara itu, pasangan calon dari PDI-P dokter H Warsito MM-H Wuryadi masing-masing belum memenuhi enam hingga tujuh persyaratan. Antara lain surat keterangan tak mempunyai tanggungan utang dan surat keterangan dari Pengadilan Negeri (PN) Klaten belum sesuai dengan ketentuan formatnya.

Dalam hasil verifikasi juga tercantum ralat nama pada ijazah Warsito dan Wuryadi. Ijazah SD, SMP, dan SMA Warsito tertulis nama Warsita sedangkan untuk mendaftar ke KUPD dan nama pada ijazah S1 tertulis Warsito. ''Kami sudah memverifikasi faktual ke SD, SMP, dan SMA Warsito. Ternyata dalam buku induk tertulis nama Warsito. Jadi, hanya perlu surat pernyataan dari sekolah sebagai ralat ketidaksamaan nama.''

Surat keterangan pengganti ijazah SMA Wuryadi, lanjut dia, belum sesuai. Selain itu, ada perbedaan nama pada ijazah SD dan SMP-nya. Namun, setelah KPUD memverifikasi faktual ternyata tidak ada masalah pada nama tersebut.

Dalam pengumuman hasil verifikasi, hanya Partai Golkar yang sudah melengkapi semua persyaratan partai politik. PDI-P belum memasukkan naskah visi misi dan program pasangan calon, SK penyaringan pasangan calon dilengkapi berita acara penjaringan calon serta surat pernyataan tidak akan menarik pasangan calon.

PAN belum melengkapi lima persyaratan partai politik, yaitu belum mendaftarkan tim kampanye, formulir pencalonan, pernyataan tak akan menarik pasangan calon, surat pencalonan dengan lampiran SK pengesahan partai, dan SK penyaringan pasangan calon dengan kelengkapan berita acara penjaringan calon. (F5-27j)


Berita Utama | Ekonomi | Internasional | Olahraga
Semarang | Sala | Pantura | Muria | Kedu & DIY | Banyumas
Budaya | Wacana
  Cybernews | Berita Kemarin

Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA