logo SUARA MERDEKA
Line
Sabtu, 06 Agustus 2005 NASIONAL
Line

Karier dan Cinta si Raja Dangdut (2- Habis)

"Angel Istri yang Kelima Papa"


Veronica Ricca Rahim

KARIER sang Raja Dangdut memang meluncur ke puncak tangga popularitasnya. Meski sempat menerima berbagai ejekan karena memadukan dangdut dengan rock, pada akhirnya lagu melayu gaya Rhoma Irama itu menjadi arus tersendiri. Ia bahkan mendapat julukan sebagai sang revolusioner dunia dangdut Indonesia. Meskipun ia kemudian memantapkan diri menjadi Voice of Moslem, kehidupan pribadinya ternyata dipenuhi dengan kontroversi seputar wanita-wanita yang berada di sekelilingnya.

Rhoma mencanangkan semboyan Voice of Moslem pada 13 Oktober 1973. Hal inilah yang kemudian menjadi agen pembaharu musik melayu, yaitu memadukan unsur musik rock dalam musik melayu serta melakukan improvisasi atas syair, lirik, kostum, dan penampilan di atas panggung.

Pergaulan Rhoma bukan hanya terbatas dengan seniman dangdut atau melayu. Ia juga bergaul luas dengan pemusik pop dan rock. Pergaulannya dengan pemusik pop dan rock juga yang mempertemukan dirinya dengan pemimpin band perempuan Beach Girls, Veronica Agustina Timbuleng. Pernikahan Rhoma dan Veronica yang dilakukan pada 1972 itu menghasilkan tiga anak, yaitu Debbie Veramasari, Fikri Zulfikar, dan Romy Syahrial.

Arus industri musik juga membawa Rhoma dan Vero bertrio dengan Debbie, mengikuti sukses Chicha dengan lagu "Heli" dan Yoan dengan "Si Kodok" pada 1976.

Namun pernikahannya dengan Vero itu hanya bertahan selama 13 tahun. Mereka akhirnya bercerai pada Mei 1985, setelah setahun sebelumnya Rhoma menikahi Ricca Rachim, partnernya dalam beberapa film seperti Melodi Cinta, Badai di Awal Bahagia, Camellia, Cinta Segitiga, Melodi Cinta, Pengabdian, Pengorbanan, dan Satria Bergitar.

Semula Vero berusaha untuk bisa memahami sang suami yang ingin berpoligami. Ketika itu, pernikahannya dengan Ricca Rahim juga Rhoma sembunyikan dari publik, sebagaimana ia menyembunyikan perkawinannya dengan Angel Lelga. Ketika akhirnya Vero menggugat cerai, barulah Rhoma diketahui telah menikahi Ricca Rahim. Saat itu Rhoma berkilah, jangan melihat seseorang dari penampilan luarnya, tetapi lihatlah lebih dalam. Pendek kata, ia memuji Ricca sebagai wanita yang saleh. Dia pun merasa tak salah menjatuhkan pilihan kepadanya.

Hingga kini Ricca masih setia mendampingi Rhoma, meskipun dari rahimnya tak lahir seorang anak pun. Petualangan Rhoma dengan wanita tidak berhenti hanya sampai di situ. Masih ada sederet nama yang disebut-sebut sebagai istrinya. Salah satunya adalah Ayu Soraya. Pedangdut senior ini selalu menolak setiap kali disebut sebagai istri ketiga Rhoma.

Setelah Ayu Soraya, pada tahun 2000 muncul gosip santer seputar hubungan sang Raja Dangdut dengan seorang wanita dari Solo. Wanita bernama Gita itu dikabarkan telah memberi Rhoma seorang anak laki-laki. Ketika itu, Gita disebut baru berumur 19 tahun. Sebuah tabloid memuat foto Gita bersama putranya. Sang Raja Dangdut seperti biasa menolak mengakui ada wanita lain di hatinya.

Meski Rhoma tidak pernah mengaku berapa dan siapa saja istrinya, anaknya Debby mengungkapkan bahwa ayahnya memiliki lima orang istri. "Yang pertama ya mama saya, terus ada mama Ricca. Ada ketiga, keempat, terus Angel ini istri yang kelima," kata Debby meski tak mau menyebut siapa istri ketiga dan keempat sang ayah.

Bisik-bisik di antara wartawan menyebutkan, Rhoma juga memiliki seorang istri berdarah Arab dan telah mempunyai anak yang sudah remaja. Bisik-bisik itu juga menyebut, tak lama lagi anak itu akan muncul ke publik. Meski demikian, tak ada kepastian muncul sebagai seorang seniman meneruskan jejak sang ayah sebagai musisi, penyanyi, pemain sinetron atau akan menjadi sosok yang lain. Namun yang jelas, setelah Debby menyanyi sejak bocah, kini Ficky meneruskan jejak sang ayah sebagai musisi. Meskipun aliran musik yang digelutinya berbeda, yakni rock.

Angel Lelga

Kabar heboh terakhir adalah hubungannya dengan wanita bernama Lely Anggraeni yang kemudian merubah nama menjadi Angel Lelga (setelah menjadi selebriti). Angel dan Rhoma dipertemukan ketika mereka bermain dalam sinetron produksi Diwangkara Film, Ibnu Sabil.

Ketika itu Rhoma tengah mencari lawan main untuk sinetron tersebut. Ketika itu, kru sudah mengajukan enam calon pemain tetapi selalu ditolak Rhoma. Awak Ibnu Sabil yang tak ingin terlalu lama menunggu jadwal pengambilan gambar, berinisiatif menawarkan Angel Lelga. Lantaran postur tubuh Angel cukup tinggi (170 cm) dianggap terlalu tinggi ketimbang Rhoma, Angel pun ditolak.

Namun, sutradara Ibnu Sabil, Mathias Harun tak patah arang. Dia meminta penulis skenario bernegosiasi dengan Rhoma. Akhirnya Rhoma bersedia mempertimbangkan Angel sebagai lawan main. Rhoma meminta Angel datang ke kediamannya di bilangan Mampang, Jakarta Selatan. Sikap Rhoma pun meluntur. Ia kemudian menerima Angel sebagai lawan main sebagai wanita penghibur yang memeluk Islam. Ternyata, Angel kemudian tidak hanya mampu meluluhkan hati Rhoma sebagai pemain utama, tetapi juga meluluhkan hatinya sebagai seorang lelaki.

Pada saat sinetron Ibnu Sabil tengah diproduksi, Rhoma kepergok tengah berada di apartemen Angel pada tengah malam. Saat itu Pangki Suwito, suami Yatti Octavia bersama sejumlah kru infotainment memergokinya. Rhoma mengklarifikasi dengan menyatakan kedatangannya ke apartemen Angel sekadar mengambil skrip sinetron yang tertinggal. Namun, bisik-bisik yang menyebut Rhoma telah menikahi Angel semakin santer terdengar.

Sampai kemudian, Angel tersangkut perkara kriminal. Ia dituduh mencuri perhiasan senilai puluhan juta rupiah milik seorang wanita bernama Hilda. Sang Raja Dangdut kembali tersangkut kasus ini. Ia turut dimintai keterangan oleh polisi karena dianggap tahu darimana asal perhiasan yang dimiliki Angel ketika itu. Mulailah terkuak dari mulutnya, bahwa Angel telah menjadi wanita halal baginya. Meski ia masih tak juga mau berterus terang telah menikahi Angel.

Untuk kali kedua, akhir Juli lalu, Rhoma kepergok ada di rumah Angel di Cibubur. Rhoma dan Angel terekam kamera tengah cekcok hebat. Angel sempat memukul dada kanan Rhoma yang diperkirakan menjadi penyebab sakitnya sang Raja Dangdut itu hingga harus dirawat di rumah sakit.

Ketika dirawat itulah, Rhoma akhirnya mengaku telah menikah Angel secara siri, tetapi kemudian menceraikannya. Tak ada yang bisa menjawab apakah Angel Lelga diceraikan karena tersangkut perkara kriminal tempo hari atau karena menuntut sang suami memberikan status perkawinan yang jelas. (tresnawati-14m)


Berita Utama | Ekonomi | Internasional | Olahraga
Semarang | Sala | Pantura | Muria | Kedu & DIY | Banyumas
Budaya | Wacana
  Cybernews | Berita Kemarin

Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA