SUARA MERDEKA
 
INDEKS SALA Selasa, 02 Agustus 2005

SUKOHARJO - Calon bupati (cabup) terpilih Kabupaten Sukoharjo, Bambang Riyanto, yang telah dinyatakan sebagai tersangka dalam kasus dugaan money politics, untuk kali kedua tidak memenuhi panggilan polisi.

SUKOHARJO - Bupati Sukoharjo terpilih, Bambang Riyanto SH, dan wakilnya, Muhammad Toha, dimungkinkan tidak bisa dilantik dalam waktu dekat. Sebab, jadwal pelantikan belum diagendakan dalam rapat Panitia Musyawarah (Panmus) DPRD Sukoharjo.

KOTA- Korban hipnotis di Kota Bengawan terus berjatuhan. Setelah Ny Sri Mulyani, mantan dosen UNS kehilangan uang tunai Rp 32 juta dan cincin (Suara Merdeka, 30/7), giliran Masyhuri (67), pensiunan PNS warga Jl Cepaka, Jetis, Sukoharjo kehilangan uang Rp 4,95 juta.  Dia dihipnotis orang tak dikenal, setelah mengambil uang pinjaman di Bank Tabungan Pensiun Negara (BTPN) di Jl Slamet Riyadi, Kerten, Solo.

BALAI KOTA- Sejumlah perwakilan warga penghuni bekas makam Begalon, meminta tarif sewa rumah susun sederhana sewa (rusunawa) diturunkan antara Rp 20.000 dan Rp 25.000. Harga itu, menurut Ketua II Paguyuban Rusunawa, Joned, sesuai dengan kesepakatan antara Pemkot dan warga, sebelum pembangunan di lahan yang berlokasi di RT 5 RW 3 Kampung Begalon, Kelurahan Panularan tersebut dimulai.

KOTA- Sinyalemen tentang punahnya sebagian bangunan kuno bersejarah di Kota Solo, terus bergulir. Anggota Solo Heritage Society (SHS) Ir Kusumastuti MURP mengemukakan, mestinya kota itu mempunyai distrik khusus dalam program konservasi yang tercakup lewat program-program pembangunan. Program tersebut didukung perencanaan khusus untuk konservasi bangunan kuno dan tempat-tempat bersejarah.

KOTA- Sinyalemen tentang punahnya sebagian bangunan kuno bersejarah di Kota Solo, terus bergulir. Anggota Solo Heritage Society (SHS) Ir Kusumastuti MURP mengemukakan, mestinya kota itu mempunyai distrik khusus dalam program konservasi yang tercakup lewat program-program pembangunan. Program tersebut didukung perencanaan khusus untuk konservasi bangunan kuno dan tempat-tempat bersejarah.

KARANGASEM- Banyaknya pengavelingan liar di Solo mendapat reaksi tegas dari sejumlah anggota DPRD. Mereka mendesak Pemkot segera mencari solusi, agar persoalan tersebut tidak berkepanjangan.

SAAT ini di berbagai daerah pascapilkada marak dengan aksi protes atas hasil pilkada, di mana protes-protes yang ada, terkadang menjurus ke penggunaan kekuatan fisik.

KENTINGAN- Jangan heran. Tak berapa lama lagi, rapor siswa akan dikirim ke para orang tua via layanan pesan singkat (short message service/SMS). Setiap bulan, lagi. Pengirimnya Pusat Komputer UNS Solo. Paling tidak, sistem itu sudah disetujui di SMA 7 Solo. "Pihak SMA 7 sudah mengumpulkan orang tua siswa, mulai kelas I-III. Mereka menyatakan setuju diterapkannya model ini.

SOLO - PT La Dewindo di Jalan Jayawijaya 188 A, Clolo Kadipiro, Solo hingga kemarin belum juga beraktivitas normal. Tak terlihat adanya aksivitas berarti karena pihak manajemen pabrik garmen itu meliburkan diri selama sepekan terhitung mulai Senin (1/8) atau dua hari sejak perusahaan tersebut memutuskan hubungan kerja (PHK) para karyawannya yang terlibat aksi unjuk rasa.

KARANGANYAR - Permohonan kasasi yang diajukan terpidana Totok Leksmono Dibroto ditolak Mahkamah Agung. Terpidana tersebut kini menjabat sebagai anggota Komisi A DPRD Karanganyar.

KLATEN- Pembangunan kompleks gedung Pemda II senilai Rp 4 miliar, tak mungkin ditunda lagi. Sebab, proyeknya sudah dilelang dan surat perintah kerja (SPK)-nya telah ditandatangani. Bila sampai ditunda, dikhawatirkan akan terjadi masalah.

KARANGANYAR - Pemkab Karanganyar memperketat seleksi permohonan alih fungsi lahan persawahan yang diajukan masyarakat. Seluruh permohonan yang masuk, diseleksi secara ketat oleh tim yang terdiri atas beberapa instansi.

KLATEN - Aparat Polres Klaten menyita ratusan liter ciu dalam operasi penyakit masyarakat (pekat) yang digelar sepekan terakhir. Minuman tersebut ditempatkan dalam sembilan jerigen besar dan dua jerigen kecil.

KLATEN - Kabar mengenai keberadaan Ketua DPC PKB Klaten Drs Bambang Suprobodan Sekjen Achid yang menghilang sejak malam batas waktu pendaftaran calon bupati dan wakil bupati ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), sejak Jumat (29/7) sampai saat ini belum jelas.

RATUSAN penduduk Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, menolak simulasi meletusnya Gunung Merapi. Mereka menilai Gunung Merapi masih aman, belum ada tanda-tanda membahayakan. Selain itu mereka masih mempercayai mitos atau hal-hal yang kurang rasional. Misalnya, sebelum ''Kiai Petruk'' atau orang yang menjaga gunung membisiki warga, tidak akan mungkin terjadi bencana alam.

KLATEN- Pasangan calon bupati dan wakil bupati dari DPD Partai Golkar (PG) Klaten, yakni Sunarno SE dan Samiadji SE MM, secara resmi dideklarasikan di Gedung RSPD Klaten, Minggu (31/7) malam. Acara deklarasi sekaligus untuk konsolidasi partai pascakonvensi.

WONOGIRI - Kekacauan yang terjadi dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) sebagaimana muncul di berbagai daerah berawal dari ketidakkonsistenan penyelenggara dan pengawas.

BOYOLALI - Proses pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah melalui pilkada langsung merupakan tonggak sejarah bagi Kabupaten Boyolali dalam menyelenggarakan dan menegakan demokrasi yang sehat.

BOYOLALI - Seusai upacara pelantikan, puluhan anggota Forum Komunikasi Pemuda Boyolali (FKPB) mendatangi kompleks sekretariat daerah (Setda) untuk menyampaikan petisi kepada Bupati H Sri Moeljanto dan Wakil Bupati Seno Samodro.

WONOGIRI - Pemkab Wonogiri akan mengadakan acara gelar potensi daerah (GPD) 2005 untuk menyambut HUT Ke-60 Kemerdekaan RI.

KARANGASEM - Komisi III DPRD Surakarta mempertanyakan realisasi bagi hasil pajak antara Pemkot Surakarta dan Pemprov Jateng. Hingga Agustus, Pemkot baru menerima bagi hasil satu kali, yaitu Rp 7,94 miliar.

PT Indosat akan meresmikan Griya Indosat Sukoharjo, yang rencananya dilaksanakan Selasa (2/8) pukul 10.00 di Jl Raya Solo Baru AC-4. "Ini merupakan upaya mendekati pelanggan di wilayah Sukoharjo," kata PR Indosat Solo, Ezra Kiswara.(an-42s)

WONOGIRI - Purnomo (20), pemuda asal Desa Ploso, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri tewas secara mengenaskan ketika motor yag dia kendarai menabrak beton pembatas jalan di tikungan Sidokriyo, Desa Kerjolor, Kecamatan Ngadirojo.

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA