SUARA MERDEKA
 
INDEKS MURIA Selasa, 02 Agustus 2005

REMBANG - Sejumlah pemilik ternak ayam di wilayah Kecamatan Gunem dan Bulu, Kabupaten Rembang, kini panik. Sebab, beberapa hari terakhir ini ayam peliharaan mereka mati secara bergantian.

REMBANG - Rumah milik Komsiah (55) di Desa Dorokandang, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Senin pagi kemarin terbakar. Kabakaran itu diduga akibat obat nyamuk. Saat itu, pemilik rumah sedang berbelanja ke pasar. Kerugian ditaksir Rp 20 juta.

 

NAMA HM As'ad, dalam Munas III Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan dan Minuman (FSP RTMM), 28-30 Juli lalu di Hotel Griptha Kudus, cukup populer. Selain sebagai ketua panitia, dia akhirnya terpilih secara aklamasi menjadi orang nomor satu di organisasi buruh, yang mayoritas pekerja rokok kretek tersebut.

Empat hari, 19-22 Juli, DPRD Blora melakukan studi banding ke Indramayu, Jabar, dan Provinsi Jambi. Hal itu untuk menyempurnakan peraturan daerah (perda) tentang pembentukan perusahaan bidang minyak dan gas (migas), PT Blora Patra Gas. Berikut catatan wartawan Suara Merdeka, Urip Daryanto terhadap kegiatan studi banding tersebut.

REMBANG - Untuk mengatasi kelangkaan minyak tanah di Kabupaten Rembang, DPRD dan Pemkab mulai kemarin memperketat jalur distribusi oleh agen ke pangkalan-pangkalan. Ketua Komisi B DPRD Ahmad Cholili mengatakan, setelah ada pengawasan, agen dan pangkalan yang terbukti menyelewengkan minyak tanah subsidi rumah tangga

JEPARA- Gerakan hemat energi dan hemat dalam segala bidang yang sedang digalakkan pemerintah, hendaknya mendapat dukungan banyak pihak. Para mahasiswa yang sedang menjalani kuliah kerja nyata (KKN), diharapkan pula ikut menyebarluaskan informasi itu kepada masyarakat.

 

KUDUS - Karena cintanya ditolak keluarga sang pacar, Mohammad Nurul Islam (32), nekat menenggak racun tikus untuk mengakhiri hidupnya. Begitu nenggak racun di Terminal Induk Kudus, dia tak sadarkan diri. Warga yang memberikan pertolongan, segera melarikan korban ke RSUD Kudus.

KUDUS - Malang benar nasib Imam Faridli (11), siswa kelas IV MI Negeri 4 Bahrul Ulum, Ngembal Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Dia tewas terlindas truk yang sedang melintas di Jalan Lingkar Tenggara Km 1, saat dia dan adiknya berangkat ke sekolah, kemarin.

JEPARA- Ny Endah Maria (41), warga Desa Jambu, Kecamatan Mlonggo, Jepara, divonis 10 bulan penjara dan membayar denda Rp 750.000, karena terbukti membawa dan menyimpan lima butir ekstasi.

BLORA - Pemerintah Kabupaten Blora membentuk tim penanganan korban tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak. Tim itu terdiri atas unsur pemerintah dan sejumlah aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM).

KUDUS - Gubernur Jateng diminta segera mengeluarkan surat izin untuk memanggil kesebelas saksi terkait dengan proses penyidikan dugaan korupsi APBD senilai Rp 22,9 miliar.

JEPARA- Sulistyono SSos (34) dan Syamsul Hadi (35) yang membobol BPR-BKK Keling senilai Rp 1,938 miliar dengan membuat kredit fiktif, kemarin masing-masing dijatuhi hukuman empat tahun penjara dan didenda Rp 200 juta subsider tiga bulan, oleh Majelis Hakim di Pengadilan Negeri (PN) Jepara.

BLORA - Beberapa hari terakhir ini harga jagung di pasaran cenderung turun. Penurunan diduga akibat panen jagung secara bersamaan, sehingga stoknya melimpah. Di tingkat pedagang, harga jagung dijual berkisar Rp 1.000-Rp 1.100/kg. Padahal sebelumnya rata-rata Rp 1.300/kg.

KUDUS- Setelah sebelumnya menyampaikan pernyataan sikap pada sejumlah media, terkait pengusutan kasus dugaan korupsi anggaran DPRD TA 2002-2004 yang dinilai lamban, Komite Aksi Mahasiswa dan Rakyat (Kamerat) kini menyerukan kepada warga Kudus untuk melakukan aksi keprihatinan.

REMBANG - Ratusan batang tanaman turus jalan rusak dan sebagian di antaranya tumbuh tanpa daun (meranggas) karena ulah para pemilik ternak yang kurang peduli terhadap lingkungan. Keterangan yang berhasil dihimpun menyebutkan, banyak peternak hewan pemakan dedaunan yang kebingungan karena pada musim kemarau

PATI- Distributor dan pengecer pupuk urea bersubsidi yang nakal, pada musim tanam (MT) I tahun 2005/2006 distop tak boleh masuk ke wilayah Kabupaten Pati. Sebab, hal itu untuk melindungi petani agar terhindar dari kesulitan ketika akan mendapatkan pupuk tersebut.

KELIHATANNYA sepele, Gubernur H Mardiyanto membuka Lomba Memancing Bupati Jepara Cup II dan Lomba Foto Wisata Karimunjawa. Namun, di balik kegiatan yang terselenggara atas kerja sama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara dan Harian Umum Suara Merdeka, 23-24 Juli lalu membawa harapan besar, yaitu perkembangan kegiataan dan kunjungan wisata di Karimunjawa.

REMBANG - Anang Sanyoto (17), warga Punjulharjo, Kecamatan Kota Rembang setahun ini menderita tumor ganas di bibirnya. Untuk operasi yang biayanya sekitar Rp 10 juta, dia mengaku tak punya dana. Meski memiliki kartu JPKM, ujar dia kemarin, pihak rumah sakit tidak menerimanya. (moe-54j)

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA