SUARA MERDEKA
 
INDEKS INTERNASIONAL Selasa, 02 Agustus 2005

KHARTOUM - Sudan dilanda kerusuhan setelah warga mendengar kabar Wakil Presiden John Garang meninggal dalam kecelakaan helikopter. Mantan pemimpin pemberontak itu bersama penumpang lainnya tewas dalam penerbangan pulang dari Uganda.

DORASAN - Semenanjung Korea, yang dibagi dua oleh Zona Demiliterisasi selama lebih dari setengah abad, bakal tersambung kembali dengan rel kereta api dari Korsel ke Korut. Kedua negara Korea itu akhir pekan lalu menyetujui untuk membuka jalan dan rel kereta api yang dapat menghubungkan mereka.

MANILA - Amerika Serikat akan menentang revolusi people power untuk menggulingkan Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo. Mantan charge d'affaires Kedubes AS untuk Filipina Josepgh Mussomeli mengatakan hal itu, Senin kemarin.

TEHERAN - Perselisihan nuklir antara Iran dan Uni Eropa makin meruncing. Iran Senin kemarin memberitahu Badan Energi Atom Internasional PBB (IAEA) bahwa pihaknya akan membongkar segel-segel pada peralatan reaktor nuklir konversi uranium di Isfahan untuk bisa melanjutkan proses bahan bakar uranium.

BEIJING - China mengusulkan rancangan deklarasi baru dalam perundingan enam negara, Senin kemarin. Akhir pekan lalu, keenam negara itu gagal menyepakati isi pernyataan bersama mereka. Jika berhasil disepakati, deklarasi tersebut akan menetapkan prinsip-prinsip dasar untuk menyelesaikan krisis nuklir Korut.

BEIJING - Korban serangan penyakit akibat bakteri babi di China terus bertambah. Hingga Senin kemarin, 17 orang lagi terinfeksi serangan penyakit ganas ini. Pemerintah China bertekad akan menghukum aparat pemerintahan yang memalsukan atau menunda laporan perihal wabah flu babi ini. Sebanyak 198 orang telah positif terinfeksi bakteri ini.

TAIPEI - Sebagai upaya memperkuat diri menghadapi pertarungan dengan China, Taiwan akan membentuk sebuah aliansi nonpemerintahan dengan 24 negara bulan ini. Tujuan utamanya adalah untuk memperoleh lebih banyak pengakuan internasional atas pencapaian pemeritahannya di bidang demokrasi.

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA