SUARA MERDEKA
 
INDEKS WACANA Sabtu, 25 Juni 2005

- Banyak calon wali kota/bupati dalam kampanyenya menjanjikan sekolah gratis bagi masyarakat. Sekolah gratis itu setidaknya mulai SD sampai SMP. Sementara itu bagi kalangan lain, wacana pendidikan gratis seakan-akan menjadi sesuatu yang menarik untuk terus diperbincangkan. Seakan-akan itulah sesuatu yang harus dicapai dan hanya dengan itulah pemerintah bisa melaksanakan amanat konstitusi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

- Pemerintah mulai menghadapi masalah-masalah yang cukup pelik terutama dalam menjaga kestabilan ekonomi, di samping upaya penanganan komoditas strategis seperti bahan bakar minyak (BBM). Begitulah yang selalu dihadapi pemerintah di negara mana pun, hampir tak akan pernah bisa tidur nyenyak karena masalah demi masalah datang. Bila tidak berhati-hati, keadaan bisa bertambah buruk sehingga penanganannya pun semakin sulit.

 

NAPZA akronim dari narkotika, alkohol, psikotropika dan zat-zat adiktif lainnya. Istilah ini dikembangkan oleh Prof.Dr.dr.H.Dadang Hawari Psikiater, pakar kedokteran jiwa yang menggeluti permasalahan napza, dan memimpin yayasan penanganan AIDS. Istilah napza sebagai pengganti narkoba, yang menurutnya dalam istilah narkoba tidak termasuk alkohol atau minuman keras.

BARU-BARU ini di Waduk Ir H Juanda Jatiluhur, Jabar, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mencanangkan dimulainya Revitalisasi Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (RPPK) 2005-2025. Untuk tahap awal ditetapkan enam provinsi sebagai percontohan, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Jambi, Gorontalo, dan Sulawesi Selatan.

Tanggal 4 Juni 2005 sekitar pukul 17.30 saya bersama teman parkir motor di gedung parkiran Motor Baru Mal Ciputra Semarang. Kebetulan yang membawa motor teman saya. Seperti biasa, sebelum parkir saya menyiapkan seribuan. Setelah sampai di pintu masuk, seorang petugas parkir melambaikan tangan tanda parkir penuh dan menyuruh saya parkir di sebelahnya.

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA