SUARA MERDEKA
 
INDEKS SEMARANG Sabtu, 25 Juni 2005

SEMARANG - Dua hari menjelang pemilihan wali kota dan wakil wali kota Semarang, banyak warga yang belum menerima kartu pemilih. Hal ini cukup meresahkan warga yang sudah berhak menggunakan hak pilihnya pada pencoblosan Minggu (26/6) besok.

 

SEMARANG- Ratusan warga Kampung Jayenggaten, Kelurahan Kembangsari, Semarang Tengah, Jumat (24/6) kemarin kembali berunjuk rasa menuntut penghentian proyek Hotel Gumaya.

SEMARANG- Sehari setelah terkena angin ribut, warga di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang mulai memperbaiki rumahnya. Sebagian besar rumah yang rusak telah diperbaiki secara bergotong-royong.

BANJIR dan rob, seolah sudah menjadi "sahabat" bagi warga Kota Semarang. Hujan deras beberapa jam saja, kawasan pusat kota seperti Simpanglima, Tugu Muda, bahkan Balai Kota Semarang tak luput dari genangan air.

SEMARANG- Panwas Pilkada, KPU Kota dan Satpol PP Kota Semarang kemarin mencopoti atribut kampanye yang masih terpasang pada hari kedua masa tenang sebelum pilkada. Dua tim dikerahkan untuk melepas berbagai atribut kampanye seperti spanduk, stiker, poster, pamlet, dan baliho.

SEMARANG- Kerusakan parah di penggal Jalan Raden Patah akibat genangan limpahan air rob dan banjir air hujan, mendesak untuk diperbaiki. Sebab, jalan itu merupakan jalur utama menuju pusat kota dari timur.

SEMARANG - Ratusan anggota kepolisian di jajaran Polwiltabes Semarang kemarin petang mulai diterjunkan ke TPS-TPS. Mereka akan bertugas mengamankan tempat pemungutan suara itu hingga hari pencoblosan, Minggu (26/6).

 

BAU menyengat langsung menusuk hidung tatkala melintas di ruangan berukuran 1,5 x 2 meter. Di ruangan kecil yang pengap itu tampak seorang pria paruh baya sedang bersimpuh. Di sampingnya terlihat bekas sisa-sisa kotoran manusia.

SEMARANG-Persiapan pelaksanaan penghitungan cepat (quick count) Pilkada Kota Semarang sudah hampir final. Jumat (24/6) kemarin, persiapan di Hotel Graha Santika memasuki tahap pemasangan instalasi kabel microlink dan perangkat lainnya oleh PT Telkom. Microlink itu merupakan fasilitas untuk penyelenggaraan on air.

SEMARANG-Mulai tahun pelajaran 2005/2006 setiap siswa SD akan mendapat bantuan operasional sekolah (BOS) sebesar Rp 245.000 per tahun. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Jateng Drs Suwilan Wisnu Yuwono MM mengungkapkan hal itu, Jumat (24/6).

SEMARANG-Pelarangan siswa yang mengalami kehamilan tidak dikehendaki (KTD) untuk mengikuti ujian nasional (UN) tingkat SMP dan SMA dalam penilaian Koordinator Jaringan Perempuan dan Anak (JPPA) Jateng Dr Agnes Widanti Soebijanto SH CN telah melanggar hak asasi perempuan.

 

SIAPA bilang kotoran sapi, sampah, dan jerami padi hanya menjadi sampah bau busuk yang membuat jijik setiap mata yang memandang? Meski ada yang sudah memanfaatkan sebagai kompos atau pupuk kandang, Bagi Sri Wahyuti mahasiswa Teknik Kimia Universitas 17 Agustus 1945 Semarang (Untag).

SEMARANG-Semakin ketatnya persaingan antarperguruan tinggi, hendaknya tidak membuat Perguruan Tinggi Swasta (PTS) merasa rendah diri. Justru sebaliknya, PTS bisa menjadikan persaingan itu menjadi momentum untuk memacu diri mencapai kualitas terbaik.

KENYAMANAN dan keamanan mengendarai mobil tentu menjadi dambaan setiap orang ketika bepergian, baik di dalam maupun luar kota. Namun hal itu dapat berubah menjadi mimpi buruk ketika ban mobil tiba-tiba bocor.

 

Alquran bagi umat Islam bukan sekedar kitab suci, namun juga dimuliakan. Bahkan, bila ayat-ayatnya dilantunkan akan mendatangkan pahala bagi yang membaca maupun yang mendengarkannya. Bila seseorang mampu menghafal 30 juz ayat Alquran, tentu menjadi kebanggaan tersendiri.

KENDAL - Setelah mengalami penundaan satu kali, sidang gugatan terhadap Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kendal kemarin akhirnya digelar di Pengadilan Negeri (PN) Kendal. Dalam sidang perkara perdata itu, KPUD digugat Saryono pengurus DPC Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI).

UNGARAN - Direktur PDAM Kabupaten Semarang Drs Ali Fozasa MM yang terpilih melalui fit and proper test beberapa waktu lalu, menyatakan siap mundur jika dalam dua tahun menjabat tidak mampu memberikan hasil positif bagi badan usaha milik daerah itu.

UNGARAN - Kuota atau jatah minyak tanah di Kabupaten Semarang kemarin masih stabil meski Pertamina berencana untuk menurunkan kuota bahan bakar itu di daerah-daerah pada bulan ini. Kuota minyak tanah di kabupaten ini tetap 125 kilo liter per hari kerja.

GROBOGAN - Sebanyak tujuh partai politik (parpol) mendeklarasikan Koalisi Pembaharuan Grobogan (KPG). Acara yang diikuti ratusan orang itu diselenggarakan di GOR Simpanglima, Purwodadi, Jumat (24/6).

KENDAL - Pasangan cabup-cawabup Drs H Thoha Masruk Abdillah dan Hj Ismawati MAg memiliki sumbangan dana kampanye terbesar. Besarnya sumbangan dana kampanye cabup-cawabup yang diusung PKB itu mencapai Rp 433.292.500.

SALATIGA - Kepala Bidang Bina Kesehatan DKK Salatiga dokter Farida Widayati menjelaskan, untuk meringankan beban biaya pengobatan Dina Kusumawati dan Nina Kusumawati (Dina dan Nina), bisa diusulkan agar mereka mendapat dana dari Jaring Pengaman Kesehatan Masyarakat Miskin (JPKMM). Apalagi kedua orang tuanya tergolong tidak mampu.

 

GROBOGAN - Wakil Sekretaris DPW PAN Jateng Rachmatullah berharap, aktor intelektual di balik kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) senilai Rp 1,7 miliar harus ditindak. "Sebab, kami tidak yakin seorang kepala dinas dan pimpinan proyek berani bertindak demikian tanpa adanya back up aktor intelekual yang memiliki legitimasi dan kekuatan yang kuat,"

SALATIGA - Pimpinan DPRD Kota Salatiga mendukung sepenuhnya pembentukan Pansus SPBU Tingkir II jika disepakati anggota legislatif lainnya. Namun dukungan itu akan dipenuhi jika ada temuan baru menyangkut persoalan SPBU Tingkir yang memiliki tunggakan pembayaran delivery order (DO) BBM kepada Pertamina Rp 10,3 miliar.

DEMAK- Sejumlah produk unggulan di Kota Wali, Demak, kemarin dipromosikan dalam Demak Ekspo 2005, di Alun-alun. Kegiatan tersebut digelar dari tanggal 24 Juni 2005.

REMBULAN Production Jl Abdurrahman Saleh 270-272 Semarang (024-7612337/ 0816658660), membuka kelas akhir pekan untuk presenter dan seni peran. Kelas reguler juga masih menerima pendaftaran, seperti presenter, seni peran, modeling, balet, modern dance, senam aerobik, dan fitnes. (H7-50a)

 

DEMAK - OSIS sebagai lembaga kesiswaan memiliki peran penting dalam melatih siswa agar mandiri dan bisa berorganisasi. Selain itu juga mampu membentuk kepribadian sehingga siswa tidak mudah terjerumus hal-hal negatif. Demikian penjelasan Kabag TU Dinas Pendidikan Demak Drs Bambang Mursito MPd.

NAMANYA juga promosi. Tentu produk yang dipamerkan pun merupakan produk pilihan yang berkualitas. Namun, jangan lantas berpikir sesuatu yang berkualitas harganya pasti mahal. "Yang seperti ini baru namanya Demak Expo. Harganya murah dan berkualitas baik," ujar Mufidah seorang pembeli sepatu di salah satu stan milik UKM Demak. (H1-56)

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA