SUARA MERDEKA
 
INDEKS EKONOMI Sabtu, 25 Juni 2005

JAKARTA-Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Telkom Tbk kemarin menetapkan Arwin Rasyid sebagai Direktur Utama periode 2005-2010 menggantikan Kristiono. RUPS yang berlangsung di Gedung PT Telkom Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan itu dihadiri oleh direksi, komisaris perseroan, serta pemegang saham publik.

DI kalangan bankir Arwin Rasyid mudah dikenali. Penampilannya yang rapi dengan rambut perak, selalu bertutur runtut, menguasai data, siap menjawab pertanyaan apa saja, dan membuat akrab dengan siapa saja. Lelaki kelahiran Roma, Italia 22 Januari 1957 itu telah menjelajahi berbagai posisi di beberapa bank.

JAKARTA-Iuran tabungan perumahan (Taperum) bagi pegawai negeri sipil (PNS) sudah saatnya diubah tidak lagi berdasarkan nilai nominal, melainkan menjadi persentase dari gaji pokok untuk mengantisipasi kenaikan harga rumah.

 

JAKARTA-Mata uang dunia yang melemah dan harga minyak dunia yang melonjak hingga 60 dolar AS/barel membuat rupiah ikut tertekan. Kurs rupiah di pasar spot antarbank Jakarta kemarin ditutup melemah 5 poin menjadi Rp 9.650/dolar AS dibandingkan dengan Kamis lalu yang berada di level Rp 9.655/dolar AS.

 

NEW YORK-Saham-saham di bursa saham Wall Street rontok setelah harga minyak kembali mencapai rekor tertinggi dan menembus level 60 dolar AS/barel. Harga minyak dunia jenis light pada perdagangan di New York kemarin menembus level 60,05 dolar AS/barel.

JAKARTA-Pemberian bonus bagi karyawan, direksi, dan komisaris PT PLN (Persero) merupakan usulan Menteri Negera BUMN waktu itu, yakni Laksamana Sukardi. Pembagian jasa produksi tersebut ada dalam Keputusan Menteri No 117 Pasal 35.

PUTRAJAYA-Islamic Development Bank (IDB) menyetujui pembentukan lembaga kerja sama pendanaan perdagangan internasional untuk meningkatkan kerja sama dagang antarnegara Islam.

JAKARTA-Pemerintah melalui Departemen Pekerjaan Umum tidak berhak menaikkan tarif tol karena bertentangan dengan amanat UU No 38/2004 tentang Jalan.

SEMARANG-Peningkatan status Bandara A Yani menjadi bandara internasional akan memberikan pengaruh positif pada angkutan kereta api (KA). Permintaan atas moda angkutan itu diperkirakan meningkat, terutama dari kota-kota lain di sekitar Semarang.

JAKARTA-Pemerintah tengah mengkaji kewajiban Pertamina melayani kebutuhan BBM kepada masyarakat atau Public Service Obligation (PSO) dan membuka peluang bagi pihak lain untuk melakukan hal itu.

JAKARTA-Departemen Keuangan akan menghapus pajak pertambahan nilai (PPN) atas pembelian avtur bagi maskapai penerbangan asing. ''Saya sudah ditelepon oleh Dirjen Pajak yang menyebutkan sedang melakukan perubahan peraturan pemerintah,'' kata Menteri Perhubungan Hatta Radjasa kemarin.

JAKARTA-Indonesia menjajaki kredit ekspor ke beberapa negara untuk memperluas kapasitas pabrik baja yang dikelola PT Krakatau Steel menyusul peningkatan permintaan seiring dengan rencana ekspansi pemerintah membangun infrastruktur di dalam negeri.

YOGYAKARTA-Nokia, produsen telepon seluler (ponsel) yang berbasis di Finlandia kemarin meluncurkan produk terbarunya, yakni ponsel CDMA Nokia 6235 dan 2116. Hasan Aula, Country Manager Nokia Indonesia mengatakan Nokia 6235 adalah ponsel berkamera yang menampilkan gaya klasik dilengkapi fitur menarik,

AC atau penyejuk ruangan terbaru sekaligus menjadi produk unggulan LG adalah berdesain gambar kakbah dan kaligrafi. Selain menyejukkan ruangan, perangkat elektronik itu berfungsi sebagai pemanis interior rumah.(H10-27)

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA