logo SUARA MERDEKA
Line
Minggu, 10 April 2005 SEMARANG
Line

Soendoro Peroleh Suara Terbanyak Cawali PDI-P

SEMARANG - Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) PDI-P Kota Semarang dengan agenda pemilihan empat besar bakal calon wali kota yang diajukan ke DPP memunculkan Soendoro pada urutan pertama dan Muchatif Adisubrata kedua.

Selanjutnya, PDI-P tinggal memiliki waktu 1 x 24 jam untuk mendaftarkan pasangan calon yang direkomendasi DPP ke KPU Kota Semarang.

Rakercabsus ini digelar Sabtu (9/4) di Kantor DPD PDI-P Jateng, Jl Jenderal Soedirman. Sebanyak 177 ranting, 16 pengurus anak cabang, dan pengurus DPC mengikuti rakercabsus yang dipimpin DPD ini.

Pemilihan empat besar ini dilakukan secara tertutup. Setiap pengurus partai yang hadir memiliki hak pilih satu nama.

Enam bakal calon wali kota dari PDI-P yang mendaftar tahap pertama dan tahap kedua mengikuti prosesi itu. Mereka adalah Ismangoen N, A Satori, dan Moegiono (pendaftar tahap kesatu). Kemudian Soendoro, Muchatif Adisubrata, dan Kolonel Sumardi (pendaftar tahap kedua).

Sebanyak 520 kader PDI-P melakukan pemungutan suara untuk memilih keenam bakal calon wali kota tersebut. Adapun urutan perolehan suara, Soendoro mendapat 281 suara, Muchatif Adisubrata (119 suara), Moegiono (85 suara), Ismangoen N (19 suara), Satori (4 suara), dan Sumardi tidak memeroleh suara sama sekali, sedangkan 12 suara dinyatakan rusak.

Tiga kerusakan suara itu di antaranya menuliskan nama Soediro (cawali Partai Demokrat) dan satu rusak lantaran menulis nama Sukawi Sutarip (cawali PAN, PPP, PKB).

Ketua DPC PDI-P Kota Sriyono SSos seusai kegiatan menjelaskan, rakercabsus ini hanya memilih empat besar calon wali kota yang memperoleh suara terbanyak, sedangkan calon wakil wali kota ditentukan dalam rapat antara DPC dan DPD PDI-P.

''Keempat nama yang meraih empat besar langsung dikirim ke DPD. Selanjutnya, DPD akan mengambil dua nama calon wali kota untuk dikirim ke DPP bersama calon wakil supaya mendapat rekomendasi,'' kata Sriyono.

Soendoro yang meraih suara terbanyak mengejutkan sejumlah pihak. Pasalnya, Soendoro sendiri merupakan kader Partai Golkar. Di tubuh DPD I Partai Golkar Jateng, dia menjadi Dewan Penasihat partai berlambang pohon beringin itu.(G17-91n)


Berita Utama | Bincang - Bincang | Semarang | Karikatur | Olahraga
Cybernews | Berita Kemarin

Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA