SUARA MERDEKA
 
INDEKS SEMARANG Kamis, 30 Desember 2004

TUGU-Teror bom seperti tak henti-hentinya mengguncang ketenangan warga Semarang. Selang sehari setelah kejadian di SMP 4 Jl Tambak Dalam, ancaman serupa kembali terulang.

SEPERTI tahun-tahun sebelumnya, situasi keamanan di wilayah Semarang dan sekitarnya sepanjang tahun 2004 relatif masih kondusif. Peristiwa kriminalitas yang terjadi tetap didominasi jenis kejahatan konvensional seperti pencurian, penganiayaan, perampokan, dan pembunuhan.

PEDURUNGAN - Harjito (27), warga Jl Klapa Sawit, Perumahan Plamongan Indah ditangkap aparat Unit Reskrim Polsek Pedurungan, Selasa (28/12). Dia diduga ikut mengedarkan sabu-sabu bersama dua orang kawannya yang kini masih buron.

SEMARANG- Sebagian besar kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Semarang mengusulkan H Zuber Syafawi SAg dan Hasan Toha Putra sebagai calon wali kota mendatang.

SEMARANG-Calon wali kota Semarang periode 2005-2010, Sukawi Sutarip menjadi nominator utama calon yang akan diusung Partai Amanat Nasional (PAN). Sekretaris DPD PAN Kota Semarang Junaidi SH kemarin sore menuturkan, yang bersangkutan sudah mendaftar resmi kepada PAN baru-baru ini.

SEMARANG-Wali Kota Semarang Sukawi Sutarip optimistis peraturan yang melarang pemerintah daerah melakukan pinjaman kepada pihak ketiga bakal dicabut pada 2005. Larangan itu dikeluarkan Menteri Keuangan RI. Apabila larangan itu dicabut, lima proyek besar yang tertunda pada 2004 dikerjakan pada 2005.

MRANGGEN- Tanggul Kali Dolok di Dukuh Brawah, Desa Tamansari, Mranggen, Demak, Selasa malam (28/12) pukul 19.00 longsor akibat tergerus luapan banjir kiriman dari kawasan hilir. Sebanyak 14 rumah warga dilanda banjir setinggi 25-30 sentimeter, hingga dua rumah di antaranya miring.

JANGAN pernah mengira ada salju di Hotel Ciputra. Penginapan jaringan Swiss-Belhotel itu memang berjejal warna putih, tapi tentu saja bukan butiran keping-keping salju. Sesuai dengan temanya, yakni putih, perayaan Natal dan Tahun Baru 2005 di hotel berbintang ini dipenuhi dengan dekorasi dan kostum warna serupa.

SEMARANG-Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan pemerintah kota Semarang diperkirakan kembali mendapat gaji ke-13 pada 2005 mendatang. Pasalnya, anggaran untuk kesejahteraan aparatur dari pemerintah pusat sebesar Rp 21,4 miliar sudah turun. Menurut Soedarto, Kabid Pembangunan I Bappeda Kota Semarang pada 2004, alokasi dana untuk itu lebih besar mencapai Rp 23 miliar lebih.

SEMARANG - Berbagai cara dilakukan sebagai bentuk solidaritas ataupun keprihatinan atas terjadinya bencana. Termasuk di antaranya melakukan shalat gaib untuk para korban tsunami di NAD dan Sumatera, serta menggelar ruwatan setelah musibah/bencana terjadi beruntun di Indonesia.

SEMARANG-Pemerintah sebaiknya mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perpu) untuk menyikapi tuntutan judicial review atas UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

GAYAMSARI - Musim hujan bagi warga Kampung Tambakrejo Pondok, Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari nyaris identik dengan penderitaan. Musim hujan selalu membuat sebagian wilayah itu tergenang. Bahkan tak jarang genangan itu baru surut setelah beberapa hari.

BALAI KOTA-Pemerintah Kota Semarang mengusulkan anggaran sedikitnya Rp 2 miliar untuk pengadaan dan pemeliharaan komputer di lingkungan Pemkot pada tahun anggaran 2005.

SEMARANG- Reklame di jembatan antarmal nantinya jangan asal tempel, agar tidak merusak estetika, bentuk dan ukuran harus seragam, sehingga menarik dan memungkinkan menjadi aksesoris dinding.

SEMARANG - Kerja sama antara Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Semarang dan PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas tentang pemanfaatan air PDAM akan dilaksanakan mulai Januari 2005.

SEMARANG - Kebijakan pemerintah dalam dunia pendidikan selama ini dirasakan lebih merugikan sekolah swasta. Hal itu dikemukakan Ketua Paguyuban Kepala Sekolah Swasta (PKSS) Kota Semarang Drs Kustiyono, Rabu (29/12).

SEMARANG - Politeknik Negeri Semarang (Polines) membuka lowongan direktur periode 2005-2009. Lowongan itu terbuka bagi sivitas akademika Polines maupun dari luar yang memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.

SEMARANG - Bencana alam tsunami serta gempa yang terjadi di Provinsi NAD dan Sumatra Utara, menelan ribuan korban jiwa pada 26 Desember.

PAGI itu, menyadari memiliki tugas tambahannya sebagai guru piket, seorang guru bergegas memasuki ruang kelas. Tujuannya sangat mulia: menyampaikan tugas yang dititipkan seorang guru yang berhalangan masuk kepada para siswa yang menjadi ampuannya.

SALATIGA- Ngatmin (75) warga RT 19/ RW 6 Dusun Rekesan, Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, meninggal dunia akibat serangan jantung setelah mendengar kabar gembira kedua putranya diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

SEMARANG - Banyak peristiwa unjuk rasa yang tidak beretika. Misalnya, unjuk rasa disertai dengan kekerasan, seperti melempari petugas menggunakan batu atau objek lain, termasuk membakar ban bekas. Sesuai dengan namanya, unjuk rasa seharusnya hanya dilakukan untuk menyampaikan sikap, pandangan, atau pun usulan.

UNGARAN- Exis't Model, Jl Ngempon Raya 16 Karangjati Ungaran, akan memperagakan busana koleksi Denim Cafe dan busana Pesta 42 koleksi jeans cantik pada 31 Desember 2004 mulai pukul 20.00 di Hotel Graha Santika. Acara ini dikemas dalam tajuk New Year in & Western Night Party.

Pemberian beasiswa merupakan salah satu jalan untuk mengatasi drop-out di sekolah akibat persoalan keuangan. Dilihat dari niat baik yang melatarinya, penyelenggaraan beasiswa sungguh patut memperoleh acungan jempol. Persoalannya, dalam banyak kasus, penyaluran beasiswa acap menyisakan masalah.

SEDIKITNYA 28 orang yang diduga terkait dengan penyaluran beasiswa fiktif telah diperiksa aparat Kejaksaan Negeri (Kejari) Semarang. Dari jumlah tersebut, 21 di antaranya adalah kepala sekolah dan 7 orang pejabat di Dinas Pendidikan Kota Semarang, termasuk Kepala Dinas Drs Sri Santoso dan wakilnya, Drs Heru Supriyono MPd.

SEKOLAH gratis. Itulah mimpi Wali Kota H Sukawi Sutarip selama memimpin Kota Semarang sejak 2000. Alasan dia bercita-cita seperti itu, agar semua anak-anak usia sekolah di Ibu Kota Jateng ini mampu menikmati pendidikan secara layak.

UNGARAN- Delapan anggota Polwiltabes Semarang dijatuhi hukuman karena melanggar disiplin kepolisian. Mereka dijatuhi sanksi dalam sidang kode etik Polri di gedung eks Mapolwil Semarang, Ungaran, Rabu (29/12).

KENDAL- Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesba nglinmas) Pemkab Kendal Drs Soepardjan mengimbau kepada masyarakat, khususnya para nelayan di sepanjang pantai utara wilayah Kendal agar mewaspadai terhadap terjadinya cuaca ekstrim. Sesuai prediksi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), cuaca tersebut akan terjadi pada Januari-Februari.

UNGARAN -Prosesi kirab pusaka milik Kabupaten Semarang yang mengambil start di pendapa rumah dinas bupati kemarin, dikejutkan oleh adanya ancaman bom. Seorang ajudan bupati mengaku mendapat ancaman bom dari penelpon gelap. ''Penelpon mengatakan rumah dinas bupati sudah dipasang bom dan akan meledak pada pukul 09.30,'' kata Aris, ajudan tersebut.

GROBOGAN - Kepala Kantor Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Drs Eddy Haryoto MM mengungkapkan, selama 2001-2004 kantornya sudah mengeluarkan dana Pemberdayaan Ekonomi Rakyat (PER) sekitar Rp 3,2 miliar.

SALATIGA- Puluhan anggota Satpol PP Pemkot Salatiga, Selasa (28/12) pagi, merazia puluhan pedagang kaki lima (PKL) yang masih berada di badan jalan. Petugas mengamankan barang dagangan beserta perlengkapannya berupa tenda.

DEMAK- Panitia Gebyar malam Tahun Baru 2005 Demak, akan menyumbangkan dana untuk membantu korban gempa Tsunami di Aceh melalui kegiatan ''Dompet Peduli Aceh Gebyar Tahun Baru 2005'', di Alun-alun Demak, Jumat malam (31/12). Ketua Panitia Drs Eddie Djatmiko MM menjelaskan pada malam tahun baru itu akan dimeriahkan pula parade band antar SLTA se-Demak

GROBOGAN - Beberapa calon kaur pembangunan, jagabaya dan kaur kesra (modin) Desa Curut, Kecamatan Penawangan, Grobogan yang dinyatakan tidak lulus tes penerimaan perangkat desa mendatangi Kantor Kepala Desa setempat, kemarin.

UNGARAN - Nasib 108 calon Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang terjaring petugas Polres Semarang di Hotel Merrisa Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang daerah yang hendak menuju Bandungan-Red) Sabtu (25/12), memprihatinkan.

SEHUBUNGAN dengan keberangkatan KH Said Almasyhad ke Tanah Suci pada 9 Januari 2005, maka pengajian rutin ahad pagi yang semula dijadwalkan pada hari itu, dimajukan pada Sabtu, 8 Januari, mulai pukul 08.00-selesai. Informasi dapat menghubungi 024-70120232/08122906817. (D2-73)

DEMAK- Sekda Drs H Tafta Zani MM mewakili Bupati, Senin (27/12) menyerahkan tali asih bagi 117 PNS purna tugas dan janda duda PNS, di pendapa. Pada kesempatan itu, sekda secara simbolis menyerahkan uang masing-masing Rp 400 ribu kepada dua perwakilan. Yaitu, mantan Kabag Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Drs H Tasliman dan Suwignyo mewakili janda/duda PNS. (F2-84 )

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA