SUARA MERDEKA
 
INDEKS SALA Selasa, 30 Nopember 2004

KOTA - Merasa masih terpinggirkan dan belum mendapat perhatian yang seimbang dari Pemkot Surakarta, kalangan buruh di Solo siap memunculkan seorang figur calon wali kota periode 2005-2009.

KARANGANYAR- Delapan belas anggota DPRD periode 1999-2004 yang kini kembali menjabat mulai diperiksa. Pemeriksaan itu berkait dengan dugaan korupsi APBD senilai Rp 16 miliar.

KOTA- Dua pejabat di lingkungan Pemkot Kota Surakarta dan satu mantan anggota DPRD Kota Surakarta, kemarin diperiksa di Markas Denpom IV/4 dalam kasus dugaan korupsi APBD 2003. Mereka yang menjalani pemeriksaan adalah Drs Soenarto Isstianto, Drs Anung Indro Susanto, dan Wijoyo Kusumo.

KENTINGAN - Tim dari Jabatan Perchidmatan Awam (JPA) dan Malaysian Medical Council (MMC) Kerajaan Malaysia mengunjungi UNS, kemarin. Tim yang dipimpin pejabat MMC, Prof Dr Lokman Saim itu meninjau berbagai kesiapan Fakultas Kedokteran (FK) dan kelayakannya sebagai tempat belajar mahasiswa Malaysia.

 

KOTA - Pompy Suradimansyah (31), gembong perampok nasabah bank yang lebih dikenal dengan panggilan Embing, sekarang ini bagai ditelan bumi. Penjahat asal Surabaya yang dicari karena memiliki dua tunggakan kasus perkara perampokan berat di Kota Solo itu, kini ditetapkan sebagai buron kelas wahid bagi aparat kepolisian.

SEPERTI telah tersiar di media, Adi Sarosa, Sekda Kabupaten Cilacap, mengundurkan diri dari jabatannya (SM, 05/10). Pengunduran diri tersebut dipicu desakan lurah dan kepala desa di Kabupaten Cilacap yang bergabung dalam Paguyuban Praja Wahyu Manunggal (PPWM).

 

BALAI KOTA- Pengurus Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Surakarta, kemarin secara resmi dibubarkan Wali kota Surakarta H Slamet Suryanto. Menurut Ketua KPU Drs Eko Sulistyo, mereka tidak secara otomatis terlibat dalam panitia pemilihan kepala daerah (pilkada).

KOTA - Kerusakan talud yang beberapa waktu terakhir meluas, akhirnya mendapat perhatian dari Wali Kota Surakarta, H Slamet Suryanto. Siang kemarin orang nomor satu di Pemkot itu memimpin beberapa dinas terkait untuk melakukan inspeksi mendadak ke beberapa sungai yang taludnya nyaris ambrol.

KENTINGAN - Setidaknya sebelas penderita AIDS/HIV (Acquired Immuno Deviciency Syndrome/Human Immunodeviciency Virus) sekarang sudah terdata di Solo. Namun menurut Ketua Pusat Pelayanan Informasi AIDS UNS Prof Dr dr Ahmad Guntur Hermawam SpPD, jumlah riil pengidap virus penyebab penurunan kekebalan tubuh tersebut di Solo lebih besar dari data itu.

KOTA- Kurangnya jumlah perempuan dan minimnya keterlibatan mereka dalam pengambilan keputusan di suatu parpol, mengakibatkan tidak banyak perempuan dapat diajukan sebagai kandidat dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada).

SUKOHARJO- Suasana Kantor Reskrim Mapolres Sukoharjo kemarin tampak berbeda. Beberapa karyawan Pemkab berseragam Korpri tampak duduk di bangku ruang tunggu dengan gelisah.

SUKOHARJO- Meskipun musim penghujan sudah datang, bahaya kebakaran tetap harus diwaspadai. Buktinya, penggergajian kayu PT Langgeng Mulya milik Warso Slamet (60) di Waringinrejo, Desa Cemani, Grogol terbakar dan mengakibatkan 120 kubik kayu jati hangus.

KLATEN- Ada saja cara orang untuk menipu. Mereka bisa menghalalkan segala cara untuk mengelabui calon korbannya, termasuk dengan menyamar. Celakanya, panyamaran tersebut merugikan kalangan tertentu. Para penipu itu tak hanya menyamar sebagai polisi atau tentara, tapi ada juga yang mengaku sebagai kiai.

SRAGEN - Kasus pencurian sepeda motor di Sragen cukup menonjol. Dalam sepekan, lima buah motor dilaporkan hilang disikat maling. Pencurian terakhir menimpa Maman (32), petugas mantri Perhutani, warga Banyuurip, Kecamatan Jenar, dan Mulyono (60) warga Ngijo, Desa Kedungwaduk, Karangmalang.

BOYOLALI - Calon dari Fraksi PDI-P Kabupaten Boyolali, Saptoto akhirnya terpilih sebagai Ketua DPRD periode 2004-2009. Bandahara DPC PDI-P itu meraih 24 suara; sedangkan Bambang Sutoyo calon dari Fraksi Partai Golkar 20 suara, dan Adha Nur Mujtahid SE dari FAN mendapat satu suara.

KARANGANYAR - Sekitar 7.000 warga Karanganyar, Sabtu (27/11) malam lalu berbondong-bondong memenuhi Masjid Agung Kabupaten Karanganyar untuk mengikuti doa dan zikir akbar bersama. Acara yang dipimpin langsung oleh Ustad KH Arifin Ilham dari Jakarta itu, merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-87 Pemkab Karanganyar.

BOYOLALI - Setelah tiga hari bertahan di luar pagar, sebagian pedagang oprokan (belum mempunyai surat izin dasaran tetap) Pasar Sunggingan, Boyolali, Senin kemarin sudah bisa masuk ke pasar darurat. Mereka membangun dasaran dengan biaya sendiri.

SRAGEN - Tujuh tahun mengelola Rumah Sakit Islam (RSI) RSI Amal Sehat di Jl Veteran Sragen, H Untung Wiyono mengaku belum pernah memetik keuntungan. Sebab saat didirikan, rumah sakit bukan bertujuan profit oriented atau mengejar keuntungan, tapi lebih banyak untuk fungsi sosial kemasyarakatan.

WONOGIRI - Muncul pertanyaan bernada negatif, menyangkut proyek di forum pelatihan operasi dan pemeliharaan Program Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Daerah (P2MPD) Kabupaten Wonogiri, Senin (29/11), yang berlangsung di aula pertemuan lantai tiga Kantor Bappeda Kabupaten Wonogiri.

KLATEN - Sungguh kaget hati Ny Yatini Wulandari (30), warga Desa Bakalan, Kecamatan Ceper, Klaten. Baru saja pulang dari bepergian, di tengah jalan dia dicegat empat lelaki tak dikenal yang memberitahu bahwa rumahnya dimasuki pencuri. Sesampainya di rumah, ternyata rumahnya benar-benar telah dibobol pencuri.

WONOGIRI - Hangatnya perbincangan tentang kemungkinan duet kandidat H Begug Poernomosidi SH dengan dr Y Sumarmo dalam pencalonan bupati dan wakil bupati Wonogiri periode 2005-2010, ditanggapi dingin oleh Wakil Ketua DPC PDI-P , Ir Joko Purnomo.

SOLO - Menyambut penyelenggaraan Festival Keraton Nusantara (FKN) IV/2006, seharusnya Pemkot Surakarta dan Pemprov bersama-sama berbenah mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk ajang pesta budaya itu secara dini.

SAIKROMO (75) dan Sutami (60) duduk ngapurancang di lantai beralaskan permadani hijau, di Masjid Agung Karanganyar, kemarin. Sambil mencuri pandang, warga Petak, Desa Blorong, Kecamatan Jumantono, itu sesekali melirik orang-orang di sekelilingnya. Mulutnya terkunci; sedangkan kedua pasang telinga mereka menyimak panggilan pembawa acara, sembari hatinya berdebar.

BERBAGAI persoalan dan rencana pembangunan di lingkungan Banyuanyar Indah, Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Solo, Sabtu (27/11) malam lalu dibahas warga dalam rapat rutin bulanan. "Meski setiap bulan kami sudah iuran untuk membangun jalan di lingkungan ini, rasanya kami perlu mencari sumber dana lain guna mempercepat realisasinya," kata Ketua Paguyuban, Agus Haryanto.

PIMPINAN Daerah Muhammadiyah Solo mengadakan halalbihalal, Minggu lalu, di Balai Muhammadiyah. Acara tersebut dihadiri seluruh pimpinan daerah, termasuk majelis, pimpinan cabang, organisasi otonom, seperti Aisyiyah, Pemudah Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, IMM, IRM, dan Tapak Suci. Menurut Ketua Pimpinan Daerah, Drs H Subari, di samping saling memaafkan, acara itu juga bertujuan mempererat silaturahmi. (sri-17i)

SUKOHARJO - Wagimin (29), warga Ngenden, Kelurahan Banaran, Kota Sukoharjo, dimassa. Warga marah, setelah memergoki Wagimin mencuri sepeda dan jaket di Masjid Sahid, Univet Bantara, Minggu lalu. Aksi tersangka diketahui korban Hendrik Sulistyo, seusai shalat dhuhur di masjid tersebut. Langsung korban berteriak minta tolong, dan warga segera melakukan pengejaran. Tersangka ditangkap dan dihajar massa di areal pesawahan.(G10-20a)

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA