SUARA MERDEKA
 
INDEKS NASIONAL Selasa, 30 Nopember 2004

BOYOLALI- Mayoritas Pengurus Wilayah NU yang menyampaikan pemandangan umum atas laporan pertanggungjawaban (LPj) PBNU di bawah kepemimpinan KH Hasyim Muzadi menyatakan menerima LPj tersebut. Tak hanya itu, mereka juga mendukung pencalonan kembali Hasyim Muzadi sebagai Ketua Umum dan KHMA Sahal Mahfudh sebagai Rois Aam PBNU 2004-2009.

 

VIENTIANE - Para pemimpin dari 10 negara Asia Tenggara dan tiga Asia Timurlaut, Senin kemarin, menyatakan tekad mereka untuk mengubah kekuatan ekonomi yang sedang berkembang menjadi pengaruh politik dengan mengadakan pengelompokan baru tingkat KTT.

PERSAINGAN dua kubu kandidat ketua umum PBNU makin menguat. Segala jurus telah dikeluarkan untuk menyusun strategi kemenangan. Seribu satu cara telah dilakukan untuk menjaring basis dukungan. Mengerasnya pertarungan kedua kubu tidak lepas dari persepsi mereka atas kekuatan masing-masing.

PURWOKERTO-Meskipun kasus tewasnya Ani Najibah (20), mahasiswa Unsoed Purwokerto belum terungkap, polisi mulai mengendus latar belakang pembunuhan tersebut. Hal itu berdasarkan hasil autopsi yang menyebutkan bahwa di dalam perut korban terdapat janin berumur sekitar dua bulan. Kondisi itulah yang dipakai dasar polisi untuk mengungkap kasus tersebut lebih lanjut.

JENAZAH Ani Najibah, Senin kemarin, sekitar pukul 09.00, dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Desa Marga Ayu, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal.

ANI Najibah (20) di mata teman-teman dekatnya dikenal sebagai cewek yang humoris, namun tampak pendiam. Hanya dengan teman-teman dekatnya dia bisa bercanda bebas, terbuka, dan berbagi cerita.

 

SALAH satu aktris top Hollywood, Julia Roberts, melahirkan bayi kembar dampit (lelaki dan perempuan) di sebuah RS Los Angeles, Minggu waktu setempat. Majalah People, mengutip suatu sumber yang tidak disebutkan identitasnya, mengatakan Roberts (37) melahirkan sekitar pukul 03.00 waktu AS bagian barat (18.00 WIB).

SEMARANG- Berkas pemeriksaan Mardijo dan Asrofi sudah 95% selesai. Mantan Ketua DPRD Jateng dan mantan Ketua Panitia Rumah Tangga itu dalam waktu dekat ini segera dilimpahkan ke pengadilan untuk disidangkan. Demikian dikatakan Asisten Pidana Khusus Kejati Jateng Slamet Wahyudi SH, kemarin, di ruang kerjanya, kepada wartawan.

SEMARANG- Ratusan petani yang mengaku akan terkena dampak pembangunan Taman Nasional Merbabu-Merapi (TNMM) akan mendatangi DPR dan Departemen Kehutanan RI untuk menyatakan penolakan. Mereka akan mendatangi institusi tersebut Selasa (30/11) ini. Sore kemarin mereka yang berangkat dengan dua bus dan sebuah mobil telah sampai di Jakarta.

 

BOYOLALI - Mudir Aam Jam'iyyah Ahlith Thoriqoh AlMuktabaroh An-Nahdliyyah KH MS Lutfil Hakim Muslih BcHk, Senin (29/11) kemarin pukul 14.50 meninggal dunia. Kabar meninggalnya Gus Kim, panggilan akrab pengasuh Pondok Pesantren Futuhiyyah, Suburan Mranggen Demak itu, mengagetkan sebagian peserta Muktamar Ke-31 NU di Asrama Haji Donohudan.

 

SEMARANG - Munculnya kasus penyalinan puluhan lembar jawaban ujian seleksi CPNS di Jateng menimbulkan kecurigaan. Sekjen Masyarakat Antikorupsi (MAK's) Jateng Boyamin memandang, salinan jawaban itu rawan untuk KKN.

SEMARANG-Anggota Komisi A DPRD Jateng menyoroti anggaran yang diajukan Biro Umum Setda Jateng dalam RAPBD Jateng 2005. Sejumlah pos anggaran tersebut belum bisa disetujui dalam rapat Komisi A, Senin (29/11).

SEMARANG - Masih banyaknya kritikan terhadap perilaku aparat kepolisian di lapangan akhir-akhir ini diakui Wakil Kepala (Waka) Polri Komjen Adang Daradjatun sebagai cermin kultur polisi yang belum bagus. Karena itu, pihaknya akan terus bertekad mengupayakan perbaikan kultur secara optimal.

BOYOLALI - Menteri Agama RI Muhammad M Basyuni mengharamkan dirinya menunaikan ibadah haji saat bertugas pada musim haji mendatang. Alasan dia, perhatian sepenuhnya akan terpusat pada aktivitas berhaji dan mengabaikan jamaah haji pada umumnya.

 

JAKARTA- Ketua DPP Partai Golkar Slamet Effendy Yusuf meminta kalangan DPD II Partai Golkar Jawa Tengah untuk menghindari pesan sponsor. Artinya, jangan sampai orang mencalonkan diri hanya karena pesan sponsor, misalnya dari calon ketua umum yang akan bersaing dalam munas nanti.

MESKI objek wisata pantai sering menelan korban jiwa, ternyata masih banyak orang yang senang berkunjung ke tempat semacam itu. Terbukti tempat semacam itu selalu ramai dikunjungi orang, apalagi saat liburan seperti Lebaran.

JAKARTA - Penyidik Mabes Polri kemarin memeriksa 10 saksi lagi, terkait kasus kematian Munir, pejuang hak asasi manusia yang meninggal di atas pesawat Garuda GA 974 pada 7 September lalu. Saat itu aktivis asal Malang itu dalam penerbangan Jakarta-Belanda. Pemeriksaan 10 saksi itu dilakukan di kantor Garuda Airline, Senin (29/11).

JAKARTA - Polresta Makassar Timur mengamankan seorang pria yang mirip Dr Azahari, buronan terkait peledakan bom di sejumlah tempat di Tanah Air. Pria yang mengaku bernama Koesnan ini ditangkap oleh Tim Reserse Mobil (Resmob) Minggu kemarin (28/11), setelah ada laporan warga yang mengatakan ada lelaki yang mirip dengan Dr Azahari, dan gerak-geriknya mencurigakan.

JAKARTA- Rapat kerja perdana Komisi III DPR RI dengan Kejakgung berlangsung menarik. Tampak dalam raker yang dipimpin Ketua Komisi III Augustin Teras Narang tersebut, jajaran Kejaksaan Agung kewalahan untuk memberikan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan para anggota komisi tersebut.

JAKARTA - Polres Kotim (Kota Waringin Timur), Kalimantan Tengah, kemarin (29/11), mengamankan 109 senjata api (senpi) rakitan dari wilayah hukumnya. Hal itu untuk mencegah hal yang tak diinginkan khususnya di Sampit, Kotim.

SEMARANG- Pemprov Jateng menjalin kerja sama Sister Province dengan Provinsi Chungcheongbuk-Do Republik Korea. Nota kesepahaman kerja sama tersebut ditandatangani Minggu (28/11) di Wisma Perdamaian oleh Gubernur H Mardiyanto dan Lee Won Jong, Gubernur Provinsi Chungcheongbuk-Do, disaksikan sejumlah pejabat dan pengusaha dua pihak, serta tokoh masyarakat.

 

JAKARTA- Terdakwa pembobolan Rp 1,7 triliun Bank BNI Cabang Kebayoran Baru, Andrian Herling Waworuntu, menyatakan, dalam kasus itu dirinya hanya sebagai target. "Terus terang saja saya merasa dijadikan target dalam kasus ini," kata Andrian Waworuntu kepada wartawan usai sidang kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, kemarin.

BOYOLALI-Rois Aam PBNU KH MA Sahal Mahfudh mempertegas sikapnya mengenai hubungan NU dengan politik. Setelah menyampaikan pidato pembukaan yang meminta NU menyapih politik, hari Senin (29/11) kemarin Kiai Sahal kembali menandaskan bahwa semua elite politik hendaknya secara ikhlas tak masuk ke dalam struktur kepengurusan NU.

 

BOYOLALI-Keinginan Rois Aam PBNU KH MA Sahal Mahfudh menyapih PKB mendapat reaksi keras dari Ketua Umum Dewan Syuro DPP PKB KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Namun Pengamat politik UI Arbi Sanit menilai wajar karena partai itu sudah menjadi terbuka. Gus Dur menilai keinginan menyapih PKB dari NU, karena kekalahan orang-orang NU dalam bersaing berebut posisi pengurus, baik di daerah maupun pusat.

BOYOLALI-Perseteruan poros Langitan versus poros Lirboyo pada Muktamar Ke-31 NU di Asrama Haji Donohudan Boyolali kemungkinan besar berakhir happy ending. Sebab, kultur NU selama ini menunjukkan bahwa konflik antarkomponen di NU tak pernah berlangsung lama.

BOYOLALI - Kabar turunnya restu ibunda Gus Mus, Nyai Ma'rufah Bisri, disambut baik oleh KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Dengan restu itu diharapkan Gus Mus benar-benar akan bersedia dipilih menjadi Ketua Umum Tanfidziyah PBNU pada Muktamar Ke-31 NU di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

 

BOYOLALI- Di tengah ketegangan persaingan kandidat pada Muktamar Ke-31 NU di Asrama Haji Donohudan Boyolali kemarin, Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi mencoba mendinginkan suasana. Pada laporan pertanggungjawaban (LPj) pengurus PBNU periode 1999-2004 yang sempat diprediksi berlangsung tegang, pengasuh Pondok Al Hikam Malang itu malah menyuguhkan joke yang membuat ger-geran muktamirin.

BREBES - Nahdlatul Ulama (NU) hendaknya tidak dijadikan halte atau tempat pemberhentian orang-orang yang haus kekuasaan yang hanya menjadikan organisasi ini sebagai batu loncatan untuk meraih kekuasaan. ''NU harus diisi oleh tokoh yang mempunyai visi pencerdasan dan pemberdayaan umat. Selama ini, NU dijadikan kendaraan politik.

BANYUMAS - Tebing setinggi 20 meter di atas jalan raya Ajibarang-Wangon, tepatnya di Dusun Kepetek, Desa Windunegara, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Senin (29/11) pukul 15.30 longsor. Seorang wanita pedagang warung makan di bawah tebing, tertimbun.

''AKU tak rela''. Begitulah mungkin, jeritan KH Hasib Wahab saat mendengar isu kepengurusan Nahdlatul Ulama (NU) akan dikembalikan kepada keluarga pendiri. Bukan apa-apa, ketidakrelaan itu muncul karena dia menilai pandangan-pandangan tersebut teramat sempit.

ADA-ADA saja ulah masyarakat Solo. Begitu berjumpa dengan mantan presiden Gus Dur di Warung Soto Ledokan, Kartasura, pemilik warung langsung menghampiri. ''Gus, niki kula gadhah anak kalih nembe mbobot. Nyuwun dipun paringi asma benjing menawi nglahiraken (Gus ini saya punya dua anak sedang hamil, minta diberi nama kalau melahirkan),'' kata dia.

SAMPAI saat ini pandangan umat Islam tentang ziarah ke makam para wali, terutama ulama besar yang termasuk dalam kelompok Walisongo, masih terbelah dua. Sebagian menganggapnya tidak masalah, bahkan bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah yang telah menciptakan wali-wali penyebar ajaran Islam di Jawa.

KERAJAAN Demak memang menjadi pusat penyebaran Islam di Jawa. Tapi dari sembilan wali yang dikenal sebagai Walisongo, hanya seorang yang dimakamkan di kabupaten ini: Sunan Kalijaga. Selebihnya terpencar di berbagai daerah.

LIMA dari sembilan wali dimakamkan di Jatim. Mereka adalah Sunan Ampel (Surabaya), Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri (Gresik), Sunan Bonang (Tuban), dan Sunan Drajat (Lamongan). Di antara para wali, Malik Ibrahim-lah yang tertua sehingga dianggap sebagai pelopor penyebaran Islam di Jawa.

DEMAK memang identik dengan Kota Wali, karena di daerah inilah pernah berdiri Kerajaan Demak, yang merupakan kerajaan Islam pertama di Jawa. Demak juga menjadi pusat penyebaran Islam di pulau ini, melalui syiar gencar-simpatik yang dilakukan para wali yang dikenal sebagai Walisongo.

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA