SUARA MERDEKA
 
INDEKS EKONOMI Selasa, 30 Nopember 2004

JAKARTA-Kredit perbankan naik menjadi Rp 513 triliun pada September 2004 atau meningkat 17,2% dari akhir 2003 yang menandakan pertumbuhan ekspansi. Demikian dikemukakan oleh Imam Budi Sarjito, Chief Economist Bank BNI dalam seminar bertema Prospek Ekonomi dan Politik Indonesia 2005 di Jakarta, kemarin.

GROBOGAN-Tahapan di Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Purwodadi mencapai Rp 147 miliar. Nilai tabungan itu paling tinggi dibandingkan dengan KCU Solo II dan Salatiga. Demikian dikemukakan oleh Pemimpin KCU BCA Purwodadi Daniel Darmawan di sela-sela penarikan undian ''Gebyar Hadiah Tahapan BCA'' periode Juli-Oktober 2004, kemarin.

KENDAL-Untuk memberdayakan usaha kecil dan menengah (UKM) di daerah Perusahaan Daerah (PD) Bank Pasar Kendal menurunkan suku bunga kredit UKM dan kredit multiguna (PNS dan swasta) menjadi 1 %/bulan. Kebijakan itu mulai berlaku efektif Desember ini.

 

JAKARTA-Keminiman sentimen positif di dalam negeri dan masa tugas Gubernur Bank Sentral AS Alan Greenspan yang telah berakhir membuat posisi rupiah kurang menguntungkan. Petang kemarin rupiah ditutup terkoreksi 50 poin ke posisi Rp 9.010/dolar AS.

SEMARANG-Tahun ini jumlah pengguna internet diperkirakan naik 50% dari tahun lalu menjadi 12 juta orang. Di wilayah Jateng hingga akhir 2004 diperkirakan akan mencapai 35.000 orang.

TAK terbantah lagi, Indonesia sangat kaya potensi kebaharian. Dari segi wilayah memiliki laut Nusantara seluas 3,7 juta km2, laut teritorial 0,8 juta km2, pantai sepanjang 81 ribu km, dan pulau berjumlah 17.508.

SEJALAN dengan pengembangan konsep Program Pengembangan Kecamatan (PPK) fase II mulai 2003 Unit Pengelola Keuangan (UPK) menghadapi masalah komples baik internal maupun eksternal.

 

JAKARTA- Menteri Keuangan Jusuf Anwar mengatakan upaya pengurangan subsidi bahan bakar minyak (BBM) dengan menaikkan harga BBM di dalam negeri sebaiknya dilakukan pada awal tahun 2005 agar bisa meringankan beban anggaran negara.

SEMARANG- Sejumlah mal dan pertokoan mulai ancang-ancang akhir tahun ini untuk mempersiapkan segala kebutuhan menyambut Natal dan Tahun Baru.

JAKARTA- Komposisi direksi baru PT Garuda Indonesia berpeluang dikaji ulang menyusul konsep baru kepemimpinan di Kementerian BUMN yang juga menyertakan pertimbangan departemen teknis.

JAKARTA- Pemerintah melalui Kementerian Negara Perumahan Rakyat memastikan Gerakan Nasional Sejuta Rumah (GNSR) akan tetap dilanjutkan untuk jangka waktu lima tahun, sebab gerakan tersebut merupakan cara tepat dalam menyediakan kebutuhan rumah (papan) bagi masyarakat menengah ke bawah.

SEMARANG- Rencana kenaikan tarif jasa bongkar muat di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) sebesar 10% pada 2005 dinilai memberatkan pelaku usaha di sektor usaha tersebut. Sebab, kondisi pelaku usaha di wilayah ini belum memungkinkan untuk mengikuti kenaikan tersebut.

SEMARANG- Sukses tidaknya suatu perusahaan dalam menjalankan usahanya tidak terlepas dari budaya perusahaan (corporate culture) yang dimilikinya. Budaya perusahaan adalah bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA