SUARA MERDEKA
 
INDEKS SEMARANG Jumat, 09 Juli 2004

SEMARANG- Meski Bappedalda Kota Semarang telah mengeluarkan surat penghentian sementara, kegiatan reklamasi Pantai Marina masih terus berlanjut. Kepada Suara Merdeka, Kamis (8/7), sejumlah warga Tawang Mas mengatakan sebelumnya tidak tahu-menahu bahwa reklamasi terus berlanjut, sebab truk pengangkut padas tidak lewat di dekat kampung tersebut.

 

MENANGGAPI kritik tak harus dengan hati panas. Kritik justru bisa menjadi pemacu untuk meningkatkan kinerja, meski bukan berarti bisa dilontarkan secara asal-asalan. Rubrik Piye Jal melalui SMS di halaman Suara Merdeka, misalnya, akan lebih lebih berarti dan dapat ditindaklanjuti bila objek yang menjadi sasaran kritik disebutkan secara jelas.

SEMARANG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang akan menggunakan hasil penghitungan manual dalam penyusunan hasil perolehan suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2004. Anggota KPU Kota Semarang Henry Wahyono menuturkan, langkah ini sama seperti yang dipakai KPU Kota dalam penghitungan suara Pemilu Legislatif pada 5 April lalu.

SEMARANG- Bertujuan meningkatkan kegiatan olah raga wisata bermotor, Pemprov Jateng menyelenggarakan Rally Wisata yang akan digelar 24-25 Juli mendatang. Rute acara yang dikoordinatori Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Jateng tersebut meliputi lokasi objek wisata dan bangunan bersejarah di Semarang dan sekitar.

SEMARANG- Kendati donasi internasional ditunda hingga Januari 2005, penarikan terhadap penumpang tujuan luar negeri di Bandara A Yani masih diberlakukan. Hingga Kamis (8/7), petugas di lapangan mengaku belum menerima pemberitahuan atau keputusan apa pun dari Pemkot Semarang tentang penundaan penarikan pungutan Rp 10.000 tersebut.

SEMARANG- Warga Kampung Pucung, Kelurahan Pudakpayung Kecamatan Banyumanik mendesak Pemprov Jateng tidak memberikan izin kepada PT Wahyu Multiprakosa untuk melakukan pengeboran sumur air bawah tanah (ABT).

SEMARANG- Supriyanto alias Supri (29), warga Jl Kaba Dalam RT 3 RW 13 Kelurahan Tandang, Tembalang, Rabu (7/7) malam tewas setelah dianiaya tiga saudara iparnya. Korban dibunuh karena dianggap sering menganiaya istrinya, Sri Sapto Handayani (22), yang merupakan saudara kandung para pelaku.

 

LELAKI tua itu duduk terpekur di kursi ruang tunggu kantor polisi. Tubuh kecilnya yang terbalut kain sarung dan baju koko warna putih serta peci hitam beberapa kali beringsut, menahan angin dingin yang datang menerpa menjelang tengah malam itu.

SEMARANG- Warga Kelurahan Tegalsari kembali mempertanyakan masalah kebisingan dan genangan air di wilayahnya. Hal itu terkait dengan pembangunan Taman Ria Raden Saleh di Jl Sriwijaya. Direktur PT SMART Munir selaku investor mengatakan, operasional taman ria akan dimulai September nanti. Pembangunan taman itu sendiri, menurutnya, saat ini sudah mencapai 50% lebih. Rencananya ada 17 jenis permainan, salah satunya adalah jet coaster.

GAJAHMUNGKUR- Kawanan perampok bersenjata pistol dan golok Kamis (8/7) dinihari beraksi di rumah seorang pengusaha di Jl Karangbendo IV/3A, Kelurahan Karangrejo, Gajahmungkur. Pelaku yang diperkirakan berjumlah tiga hingga empat orang mengancam dua pembantu di rumah itu dan membawa kabur sejumlah barang berharga. Kerugian diperkirakan Rp 10 juta.

TUJUH atau delapan bulan yang lalu, nelayan Tambaklorok Kelurahan Tanjungmas Seamarang memandang keong macan sebagai hasil laut biasa. Layaknya jenis siput-siputan laut lainnya, pengolahan hewan bercangkang itu hanya mereka lakukan ala kadarnya. Dagingnya direbus, dijemur, lalu disetor kepada para pengepul dengan harga relatif murah, Rp 5.000/ kilogram.

SEMARANG UTARA -Rebutan lahan parkir yang mengakibatkan sebuah rumah rusak dan dua orang luka-luka menjadi perhatian Kepala Kelurahan Tanjungmas, Muhammad Lestari. Karena itu, dia berupaya melakukan pendekataan terhadap pihak yang terlibat agar menyelesaikan soal itu secara kekeluargaan.

 

SEMARANG KPU dan Panwas Pemilu Jateng diimbau bekerja secara maksimal, lebih profesional, independen dan berpijak pada aturan yang telah digariskan, arif dan bijaksana menyelesaikan permasalahan pemilu 2004.

BALAI KOTA- Para pengusaha di Kota Semarang diminta peduli terhadap dunia pendidikan. Wali Kota H Sukawi Sutarip SH SE menjelaskan, kepedulian para pengusaha tersebut agar sejalan dengan langkah Pemkot yang terus berusaha memperbaiki kualitas pendidikan di Kota Semarang.

SEMARANG-Calon siswa belum banyak yang melirik sekolah yang dianggap oleh sebagian masyarakat sebagai sekolah yang menampung limpahan sekolah negeri, hingga hari ke-3 Penerimaan Siswa Baru (PSB) untuk tingkat SD, SMP, dan SMA, Kamis (8/7).

SEMARANG - Enam puluh persen guru Bahasa Jawa di Jawa Tengah kurang memenuhi standar. Salah satu penyebabnya adalah latar belakang pendidikan mereka yang tidak sesuai. Dalam menyampaikan pelajaran, para guru yang kurang memenuhi standar itu hanya memberikan apa yang dimiliki tanpa bisa mengembangkan kemampuannya secara optimal.

SEJAK tahun 1970, Mundori (54) menekuni dunia fotografi. Pengalaman kerjanya diawali 1970 hingga 1990 di studio Enggal Jaya Semarang. Dia pun masih ingat sejumlah nama wartawan Suara Merdeka yang dikenalnya sewaktu bekerja di tempat itu. Kala itu mencetak foto hitam putih.

SEMARANG - Hukum dapat digunakan sebagai instrumen untuk memaksakan kepentingan pihak yang kuat kepada pihak yang lemah. Hal itu bisa terjadi, karena di dalam masyarakat (di tingkat nasional ataupun global) terjadi hubungan yang sebenarnya tidak pernah seimbang, tidak pasti dan tidak teratur.

UNGARAN-Musim kemarau yang diperkirakan jatuh pada Juli atau Agustus ini diprediksikan mengancam sedikitnya 47 desa di 17 kecamatan di Kabupaten Semarang. Dari 17 kecamatan itu, hanya Banyubiru yang diperkirakan terbebas dari ancaman kekeringan.

GROBOGAN - Perda No 16/2003 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pelantikan, Pemberhentian Sementara, dan Pemberhentian Kepala Desa (Kades) memang sudah disahkan oleh DPRD Grobogan dalam rapat paripurna beberapa waktu lalu.

 

KENDAL- Setelah sempat hilang sekitar tiga jam, karena terseret ombak Laut Jawa di wilayah Desa Sendang Sikucing, Rowosari, Kendal, Rabu (7/7) sekitar pukul 18.30 Eko Budi Santoso (17) akhirnya ditemukan tetapi telah meninggal.

UNGARAN-Dari jumlah 11.844 siswa lulusan SMP di Kabupaten Semarang tahun ajaran 2003/2004 ini diprediksi hanya 52% atau 6.179 siswa yang melanjutkan ke jenjang sekolah menengah di daerahnya. Sisanya, 48% atau 5.665 siswa bersekolah di luar daerah atau bekerja di perusahaan.

GROBOGAN - Dari 930.536 pemilih Pilpres yang terdaftar di Kabupaten Grobogan, sebanyak 227.579 di antaranya tidak menggunakan hak pilihnya alias tidak nyoblos. Banyaknya orang yang tidak nyoblos pada pilpres itu diduga karena kecewa dengan proses pemilu.

KENDAL- Soal gangguan data entry perolehan suara pilpres pada komputer milik tiga panitia pemilihan kecamatan (PPK), yaitu PPK Patebon, Cepiring, dan Kangkung yang diindikasi dilakukan hacker, KPU Kabupaten Kendal meminta Polres agar mengusut.

SALATIGA- Kapolres Salatiga AKBP Drs Wanto Sumardi SH sebagaimana dikemukakan Kasat Reskrim Polres Salatiga AKP Bambang Sutanto SH mengatakan, dalam pengusutan kasus rapor SMP Yohanes Haryanto (46) yang diduga palsu, ternyata ada upaya positif dari Haryanto untuk memenuhi panggilan polisi.

GROBOGAN - Bupati Grobogan H Agus Supriyanto SE mengatakan, perbaikan Jalan Purwodadi-Semarang hingga kini masih dalam proses lelang. Meski demikian, karena perbaikan jalan tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat, teknis pelelangannya ada di pusat.

 

SALATIGA- Dari total sekitar 121.000 pemilih di Kota Salatiga yang terdaftar, 21.689 orang di antaranya tidak menyampaikan aspirasinya atau golongan putih (golput). Adapun yang menggunakan haknya 99.311 orang.

KETIKA pendaftaran sekolah tiba, saat itulah musim panen bagi usaha cetak foto kilat. Rezeki Sri Sukoco (45) pun melimpah. Paling tidak, pemilik kios cetak foto kilat yang berada di Jalan Moh Yamin Salatiga itu tak henti-hentinya kebanjiran order pesanan.

SEMINAR bertopik ''Freedom of Life'' pada 16 Juli digelar di Hotel Graha Santika. Acara yang diadakan B&E Communications itu menampilkan A Louis Sastrawijaya, pakar pelatihan SDM. Dia akan membeberkan kunci pembuka potensi diri dan membebaskan dari rasa ketidakmampuan.

GROBOGAN - PDAM Grobogan belum lama ini merazia penggunaan pompa air di perumahan Ayodia Lejok, Purwodadi dan sekitarnya. Sebab, banyak pengaduan dari pelanggan di tempat lain yang distribusi airnya tak lancar diduga karena tersedot.

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA