logo SUARA MERDEKA
Line
Sabtu, 12 Juni 2004 OLAHRAGA
Line

Profil Negara Grup C

Italia

Ibu Kota: Roma

Bahasa Resmi: Italia

Mata Uang: Euro

Luas: 301.230 km2

Iklim: panas, dingin di bagian selatan

Batas: Swiss, Prancis, Austria, (utara), Laut Adriatik (tenggara), Laut Tengah (selatan dan barat daya).

Penduduk: 57.998.353 (2003)

NAMA Italia yang diterakan ke negara ini, berasal dari jaman Romawi Kuno. Kala itu, penduduk menyebut bagian selatan jazirah itu Italia, yang berarti daerah penggembalaan. Letaknya di Eropa Selatan, dengan sebagian besar wilayahnya menjorok masuk ke Laut Tengah.

Wilayah Italia bergunung-gunung. Pegunungan Alpen membentang dari timur ke barat di perbatasan utara, sedangkan rangkaian pegunungan Aponnina membentang ke arah selatan. Dataran rendah hanya meliputi seperempat total wilayah. Dua pertiga dari dataran rendah itu terletak di lembah Sungai Po, daerah pertanian tersubur. Di lembah sungai ini dibangun banyak industri berat.

Dua pulau besar yang juga merupakan wilayah Italia ialah Sardinia dan Sisilia. Secara keseluruhan Sisilia dan Sardinia lebih kering dan panas daripada Italia daratan. Suhu di kedua pulau ini 9-10 derajat celcius di musim dingin dan 26 derajat celcius di musim panas. Di daratan utama, suhunya 0-2 derajat celcius di musim dingin dan 22-24 derajat celcius di musim panas.

Sekalipun panjangnya 1.100 km, iklim di utara dan selatan tidak jauh berbeda, kecuali di musim dingin. Pegunungan Alpen menjadi tameng yang melindungi Italia Utara dari dingin yang menggigit di musim salju.

Curah hujan per tahun di utara sekitar 760 milimeter. Semakin ke selatan curah hujan semakin sedikit dan di Sisilia Selatan hanya sekitar 380 milimeter.

Antara penduduk daerah satu dengan yang lain hanya terdapat sedikit perbedaan antropologis. Penduduk bagian selatan umumnya lebih hitam dan pendek daripada penduduk utara. Meski kecil, perbedaan ini berpengaruh dalam pergaulan antarwilayah. Penduduk di utara Lombardia dan Piedmont masih tetap menganggap orang Sisilia atau Napoli sebagai "orang asing".

Pada tahun 2003 jumlah penduduknya 57.998.353. Sekitar 70 persen penduduk berdiam di kota. Empat kota terpadat di Italia adalah Roma, Milano, Napoli, dan Turino. Italia merupakan satu dari tujuh negara industri terpenting di dunia.

Bulgaria

Ibu Kota: Sofia

Bahasa Resmi: Bulgaria

Mata Uang: Lev

Luas Wilayah: 110.910 km2

Jumlah Penduduk: 7.537.929 (2003)

Iklim: sedang

Batas: Rumania (utara), Laut Hitam (timur), Yunani dan Turki (selatan)

Bulgaria adalah sebuah negara di jazirah Balkan, di sebelah utara Yunani dan Turki. Di utara, negeri ini berbatasan dengan Rumania dan di sebelah barat dengan Yugoslavia. Negeri ini menghadap ke Laut Hitam. Hampir seluruh wilayah Bulagria terdiri atas pegunungan, dengan dataran subur yang memisahkan gunung satu dengan yang lainnya.Dataran tinggi Danubian, yang meliputi hampir separo wilayah sebelah utara, merupakan daerah pertanian yang sangat subur di negeri ini.

Sama dengan Indonesia, Bulgaria adalah negara yang sedang berkembang. Ekonominya tergantung pada pabrik, pertambangan, sebagian pertanian, dan sumber lain. Sebagian besar kegiatan dikuasai pemerintah. Pabrik pertambangan dan produksi energi Bulgaria dapat menyerap sekitar 1/3 seluruh tenaga kerja. Pusat pusat industri terletak di Sofia, Dimitrovrad, Pulovdiv, Ruse dan Varna.

Bulgaria berpenduduk sekitar 7.537.929 jiwa (2003). Hampir 85 persennya orang Bulgaria asli. Mereka keturunan bangsa Slav yang tinggal di wilayah ini sejak abad ke-6. Orang Turki merupakan 8 persen dari jumlah penduduk negeri ini. Selebihnya adalah orang Amerika, Yunani, Gipsi, Maeladona, dan Rusia.

Sebelum kaum komunis berkuasa (1946), sebagian besar penduduk Bulgaria miskin dan tinggal di daerah pedesaan. Kini pemerintah memiliki semua industri penting, sehingga banyak orang desa pindah ke kota-kota untuk bekerja di pabrik.

Pemerintahan komunis selalu mengawasi praktik keagamaan. Walau demikian, sekitar 90 persen penduduk Bulgaria beragama Katolik Ortodoks Timur. Selebihnya beragama Islam, Protestan, dan Katolik Roma.

Denmark

Ibu Kota: Kopenhagen

Bahasa Resmi: Denmark

Mata Uang: Krone

Luas Wilayah: 43.094 km2

Jumlah Penduduk: 5.384.384 (2003)

Iklim: Ramuan iklim laut dan iklim benua. Suhu terdingin - 1 derajat celsius, terpanas 15 derajat celsius.

Batas: Swedia (timur laut), Jerman dan Polandia (selatan), dan Norwegia (barat laut)

Orang Indonesia umumnya mengenal Denmark dari percaturan olah raga bulu tangkis. Negara ini merupakan sebuah kerajaan kecil di Eropa Utara. Hampir seluruh wilayahnya dikelilingi air. Negara ini meliputi sebuah daratan semenanjung dan 482 pulau di sekitarnya. Greenland merupakan salah satu provinsinya, walaupun terletak 2.090 kilometer dari Denmark.

Sebagian besar penduduk Denmark tinggal di 100 pulau di sekitar daratan Semenanjung Jutland. Pulau lainnya kosong. Kopenhagen, kota terbesar di Denmark terletak di pulau terbesar, yaitu Sjelland. Hampir separo kegiatan industri negeri ini terletak di Kopenhagen. Hampir seperempat penduduk Denmark tinggal di Kopenhagen dan daerah-daerah pinggirannya. Ada tiga kota lain yang mempunyai penduduk lebih dari 100.000 orang, yaitu Arthus, Odense, dan Alburg.

Negara Denmark sangat kaya, dengan sedikit sumber alam. Standar hidupnya termasuk tertinggi di dunia. Industri mulai berkembang pesat sejak pertengahan tahun 1950, dan tahun 1960 sudah berlipat ganda. Ekspor barang-barang industri berlipat tiga kali. Pabrik-pabrik di Denmark menghasilkan barang berkualitas baik, seperti radio, televisi, mebel, dan barang-barang dari perak. Produk lain adalah mesin diesel, mesin pabrik, kapal, dan makanan yang meliputi keju, mentega, dan ham. Pertanian hampir meliputi 75 persen daratan. Hasil utamanya susu, telur, dan babi. Hampir seluruh tanamannya berupa makanan ternak. Enam puluh persen hasil pertanian Denmark diekspor.

Orang Denmark sangat erat hubungannya dengan bangsa Norwegia dan Swedia. Bahasanya juga mirip. Kelompok minoritasnya sekitar 30.000 orang keturunan Jerman. Mereka tinggal di daratan semenanjung, dekat perbatasan Jerman. Kebanyakan orang Denmark makan empat kali sehari. Hampir 97 persen orang Denmark beragama Protestan (Lutheran Evangeli).

Swedia

Ibu Kota: Stockholm

Bahasa Resmi: Swedia

Mata Uang: Krona

Luas Wilayah: 449.972 km2

Jumlah Penduduk: 8.878.085 (2003)

Iklim: musim dingin berkepanjangan dan musim panas yang singkat

Batas: Norwegia (barat dan barat laut), Finlandia (utara, timur laut, dan timur), Laut Baltik (timur dan selatan), Oresund, Kattegat, dan Skagerrak (selatan dan barat daya)

Negara keempat terbesar di Eropa setelah Uni Soviet , Prancis, dan Spanyol ini merupakan satu dari tiga negara di Semenanjung Skandinavia. Dua pulau di Laut Baltik, yaitu Gotland dan Oland, termasuk wilayah integral Swedia. Profil geografi yang mudah dikenal ialah banyaknya danau yang mencapai lebih dari 100.000 buah, pegunungan yang mengitari, serta fjord yang menjorok jauh ke dalam.

Wilayah negara ini dibagi atas lima daerah: Norrland (daerah utara), Svealand (daerah orang Svea), Gotaland (daerah orang Goth), daerah Skane, dan Kepulauan Baltik. Norrland merupakan wilayah terluas. Letaknya di bagian utara dan meliputi dua pertiga wilayah negara. Sebagian wilayah utara ini bergunung-gunung, dengan puncak tertinggi di seluruh negara, yaitu Gunung Kebnekaise (2.117 meter).

Pada abad ke-19 Swedia merupakan negara termiskin di Eropa sehingga 20 persen penduduknya bermigrasi ke Amerika Serikat. Namun pada tahun 1991, Swedia sudah menjadi negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di Eropa. Penduduk Swedia bersifat homogen, baik dari segi etnis budaya, agama, maupun bahasa. Laju pertumbuhan penduduk di Swedia termasuk yang terendah di dunia, hanya 0,1 persen. (Acik, M Syaefudin/Pusdok SM-77)1


Berita Utama | Ekonomi | Internasional | Olahraga
Semarang | Sala | Pantura | Muria | Kedu & DIY | Banyumas
Budaya | Wacana | Liputan Pemilu
  Cybernews | Berita Kemarin

Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA