SUARA MERDEKA
 
INDEKS SALA Senin, 17 Mei 2004

KOTA- Sampai sekarang belum diketahui secara pasti sikap pedagang atas rencana pengembangan Pasar Klewer. Beragam sikap dari mereka bermunculan, tetapi tidak ada seorang pun yang bisa dianggap mewakili aspirasi seluruh pedagang.

 

SOLO- Petugas Polresta Surakarta membongkar komplotan penipu berkedok pencari harta karun. Dua dari empat anggota kawanan itu, Taufiqurohman (40) dan Shofuan (36), mengaku warga Jawa Timur, dibekuk di Surabaya.

SOLO- Jajaran Polresta Surakarta semakin gencar melancarkan Operasi Pekat (penyakit masyarakat). Bila Selasa lalu sasarannya para wanita tunasusila (WTS), semalam target operasi ditujukan kepada para preman serta pejudi yang beroperasi di kawasan sekitar Terminal Bus Induk Tirtonadi, Gilingan.

SULIT rasanya membayangkan bagaimana hidup bertetangga dalam satu bangunan besar bernama rumah susun, seperti di Kota Solo yang belum masuk kategori metropolis. Rumah susun? Kata itu bukan hal awam bagi sebagian besar masyarakat Solo.

SOLO- Toko kelontong Wignyo, yang berlokasi di depan Hotel Agas Jl dr Muwardi, Badran, Laweyan, Solo, Sabtu malam lalu, terbakar. Kobaran api menghanguskan seluruh dagangan, namun api tidak sampai menjalar ke arah dua bangunan ruko lain, yang berada di sebelah utara.

 

BANJARSARI - Kasus perampokan yang menimpa Ny Darni (50) di Jalan S Parman, Banjarsari, Solo, tampaknya masih belum menemukan titik terang, siapa di balik kasus yang sempat menghebohkan di seputar Stasiun Balapan Solo, sepekan lalu itu belum diketahui.

KEDATANGAN serombongan karyawan Bank Indonesia (BI) Cabang Solo ke SMP Dharma Pancasila Kelurahan Mojosongo, kemarin, seperti melengkapi kebahagiaan segenap para karyawan, siswa, dan orang tua wali murid sekolah tersebut.

JONGKE - Pasar Oleh-oleh makanan khas Solo yang terletak di kawasan Jongke, Kecamatan Leweyan kini berubah isi. Tak hanya telepon selular yang menjejali satu-dua kios. Kalau merujuk ke beberapa spanduk yang terpasang di beberapa tempat jualan itu, tercantum dagangan jam, sepatu dan tas, bahkan layanan kredit.

KOTA- Generasi Muda Nahdlatul Ulama (GMNU) Solo mengimbau semua elemen dalam partisipan NU agar tidak menghujat dan menyalahkan, apalagi memolitisir majunya seorang figur dalam bursa pemilihan presiden (pilpres) 5 Juli mendatang.

 

KARANGANYAR-Bupati Hj Rina Iriani SR Spd Mhum meminta masyarakat Desa Khoripan, Kecamatan Matesih menghentikan penambangan pasir dan batu liar di wilayah itu. Jika tidak dihentikan, selain Pemkab, masyarakat sendiri yang akan menanggung akibatnya.

 

KLATEN - Lagi-lagi nama Kapolres Klaten dicatut dan dijadikan alat oleh orang tak bertanggung jawab untuk mendapatkan uang secara gampang. Korban Suyatna (52) warga Dukuh Kahuman, Desa Kalitengah, Kecamatan Wedi, yang mengaku kehilangan Rp 4 juta. Menurut keterangan yang dihimpun, awalnya, ada telepon ke rumah korban yang diterima oleh kerabatnya, Jumat (14/5) pukul 11.30.

SRAGEN-Sudah wajar jika seseorang lupa sesuatu. Tetapi bagaimana jika orang lupa lokasi parkir motornya? Gara-gara lupa lokasi parkir motornya, Yamaha Vega AD-4279-WN, Darmini alias Menik (30) warga RT 5 RW 16 Kampung Tegalsari, Sragen sempat bersitegang dengan Suharno dan Sarono, penjaga parkir RSI Amal Sehat, Sragen. Darmini menyatakan motornya hilang.

SRAGEN-Pertemuan penting kubu PDI-P dan PC Nahdlatul Ulama (PCNU) yang digelar di Sragen tidak menghasilkan keputusan penting. Juga tidak ada ajakan atau imbauan agar kaum nahdliyyin memilih pasangan capres Megawati dan cawapres KH Hasyim Muzadi.

KLATEN - Katib Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Klaten HM Jazuli A Kasmani menyesalkan fungsionaris NU yang melakukan aksi dukung-mendukung salah satu calon wakil presiden dari NU. Aksi dukung-mendukung itu menurut dia tidak sesuai dengan Khittah NU 1926.

 

SRAGEN-Badan Amil Zakat (BAZ) Sragen kini memiliki lembaga keuangan syariah, yang dibentuk untuk mengelola keuangan. Badan dengan label Lembaga Ekonomi Syariah Badan Amil Zakat (LEZ-BAZ) itu belum lama ini diresmikan oleh Bupati H Untung Wiyono di halaman Gedung KNPI.

BOYOLALI - DPD PAN Boyolali tidak mau ketinggalan membentuk tim sukses untuk memenangkan duet Amien Rais dan Siswono Yudohusodo. Tim sukses tersebut diberi nama tim kemenangan Amien-Siswono. ''Koordinator tim akan ditunjuk oleh DPP sehingga tidak akan diisi dari daerah atau kader PAN Boyolali,'' kata Ketua DPD Drs Thontowi Jauhari SH, kemarin.

SUKOHARJO- Penolakan sejumlah kalangan terhadap capres dari militer mendapatkan kritikan. Hal itu menunjukkan adanya ketakutan semata, dan bukan atas dasar kebutuhan.

WONOGIRI- Kesehatan, ungkap Wakil Bupati dr Y Sumarmo, bukan berarti segala-galanya. ''Tapi segalanya tanpa kesehatan tak berarti apa-apa,'' tegasnya, Minggu (16/5), saat membuka senam massal Yamaha Mio di alun-alun dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Ke-263 Wonogiri.

KLATEN - Warga Klaten kembali dikejutkan oleh aksi perampokan Suzuki Carry di Ceper. Korban tak hanya diambil mobilnya, melainkan juga dibawa dengan mobil dan diturunkan di ring road utara Yogyakarta.

MESKI pelajaran menyanyi diberikan sejak di Taman Kanak-kanak (TK) dan dilanjutkan pada jenjang pendidikan berikutnya, namun ketika ada siswa berbakat, sekolah umumnya tidak lagi memiliki ruang untuk mengekspresikan kemahiran tersebut.

PEMKAB Sukoharjo meminta para PNS agar bersabar menunggu pencairan gaji ke-13. Bahkan para PNS diberi ancar-ancar, gaji tersebut akan cair Juni mendatang sebab menunggu dana turun dari Pemerintah Pusat.

SEBAGAI wujud pengabdian kepada masyarakat, Jurusan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat tentang teknologi pangan di tiga kelompok PKK, Jumat pekan lalu (14/5).

MEMPERINGATI HUT Ke-2, Mahasiswa Pecinta Alam (MPA) Oryzasativa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta (STIES) akan mengadakan pendakian ke Gunung Merbabu, 29-30 Mei. Wakil Ketua II MPA Wawan Setyo Wahyudi melalui Humas STIES Hariyo Seno mengatakan, MPA juga mengadakan serangkaian kegiatan lain yaitu donor darah (2/6), sarasehan (5/6), dan bakti sosial pembuatan tandon (bak air) di Pos Bali Roto-Ngagrong, Boyolali.(G13-42s)

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA