SUARA MERDEKA
 
INDEKS NASIONAL Kamis, 29 April 2004

JAKARTA- Persaingan para calon presiden (capres) dari berbagai partai politik dalam mencari pendamping, calon wakil presiden (cawapres), semakin seru, mendekati detik-detik penyerahan nama capres dan cawapres ke KPU yang dipatok pada 1-7 Mei 2004. Megawati misalnya, begitu mengetahui Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi hampir pasti digaet Wiranto, dia buru-buru menggandeng Hamzah Haz.

HASIL Halakah Nasional Alim Ulama NU Se-Indonesia di Surabaya, 27 April, tampaknya menabuh genderang perang antara kubu NU-PKB pada satu sisi dan Gus Dur-Hasyim Muzadi pada sisi lain. Betapa tidak? Tiga keputusan penting halakah semakin membuat batas yang tegas antara kelompok pro Hasyim dan pro Gus Dur,.

PATTANI - Bentrokan antara pasukan keamanan Thailand dan gerilyawan muslim di Thailand selatan, Rabu kemarin, merenggut jiwa paling sedikit 127 orang. Bentrokan senjata tersebut tercatat yang paling banyak merenggut jiwa dalam sejarah kerusuhan di wilayah itu, kata para pejabat.

SOLO - Tampil penuh percaya diri tim Mahesa Jenar PSIS Semarang berhasil menahan tuan rumah Persijatim Solo FC tanpa gol (0-0). Dua tim sama-sama mempunyai peluang untuk menciptakan gol. Kesempatan tuan rumah lebih terbuka, namun penampilan Agus Murod yang cemerlang menggagalkan seluruh peluang-peluang yang didapat tim asuhan Erick Williams.

 

AMBON-Masyarakat di Kota Ambon mulai sulit untuk membeli sembako dalam dua hari belakangan ini karena terpengaruh oleh konflik yang kembali terjadi di kota ini pada Minggu (25/4). Banyak warga masyarakat mulai mengeluh dan mencari toko yang buka menjual bahan kebutuhan pokok untuk membeli keperluan sehari-hari.

Pro-kontra tentang standar nilai kelulusan Ujian Akhir Nasional (UAN) bagi SMP dan SMA sederajat yang dinaikkan dari 3,01 menjadi 4,01 terus bergulir. Meski Mendiknas sudah memperlunak aturan misalnya pemberlakuan ujian ulang, penolakan tetap berlanjut. Di tengah-tengah silang pendapat tersebut.

PURWOKERTO - Dapur Hotel Roda Mas di Jalan Martadireja Purwokerto, pukul 16.15 kemarin terbakar. Akibatnya, seorang karyawan, Yulianto Prasetyo (22), warga RT 1 RW 2, Desa Karanggedang, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, tewas terpanggang di dalam ruang tempat memasak itu.

 

 

JAKARTA- Setelah tertunda, tim penyidik Mabes Polri bisa memeriksa ustad Abu Bakar Ba'asyir sebagai tersangka kasus terorisme di LP Salemba, kemarin. Pemeriksaan yang dilakukan di aula LP tersebut ternyata tidak membawa hasil maksimal. Ba'asyir hanya mau menjawab pertanyaan yang bersifat pribadi. Bahkan, ustad Ba'asyir juga menolak menandatangani BAP.

SEMARANG- Kapolda Jateng Irjen Didi Widayadi mengusulkan perlunya melokalisasi perjudian sebagai salah satu solusi memberantas penyakit masyarakat satu ini. Lokalisasi diharapkan bisa menekan tersebarnya perjudian di tengah-tengah masyarakat, sekaligus memudahkan pengawasan.

SOLO- Setelah dirawat hampir satu bulan di Rumah Sakit Daerah (RSD) Dokter Moewardi Surakarta karena menderita sakit (depresi), Selasa (27/4) lalu Edi Sud sudah diperbolehkan pulang. Kini, setelah pulang dari RS, mantan pelawak yang juga pernah menjadi anggota MPR tersebut berada di rumah anaknya, Dewi Cahyani, yang tinggal di Jalan Dokter Wahidin 1 Solo.

BANYUMAS- Ahmad Tohari selaku pembayar pajak dan pemilih Pemilu 1999 dan 2004 ''menggugat'' anggota DPRD Banyumas melalui surat terbuka tiga halaman folio. Surat terbuka itu dikirim ke Presiden, Gubernur Jateng, Ketua DPRD Provinsi, Bupati Banyumas, para rektor, tokoh masyarakat, dan insan pers.

PERAN lembaga baru bernama Dewan Perwakilan Daerah (DPD) kembali menjadi perbincangan menarik. Setelah pemungutan suara pemilu legislatif disamb ung dengan selesainya penghitungan perolehan suara di sebagian besar daerah, tugas serta wewenang DPD yang sangat sempit justru semakin dipertanyakan.

NEW YORK - Elton John, bintang rock Inggris, menjadi juri tamu bulan ini dalam acara pencari bakat penyanyi AS, American Idol. Apa komentarnya tentang acara itu, yang di Indonesia saat ini ditayangkan sebuah TV swasta dengan nama Indonesian Idol.

SOLO- Untuk mengenang penyair besar Indonesia Chairil Anwar, Taman Budaya Jateng di Surakarta (TBS) mengadakan gelar kolosal tiga acara sastra. Pagi ini diselenggarakan diskusi sastra dengan tema ''Sastra; Proses Kreatif dan Sosialisasi'' dengan pembicara antara lain Afrizal Malna, Triyanto Triwikromo, dan Kusprihyanto.

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA