SUARA MERDEKA
 
INDEKS SEMARANG Kamis, 29 April 2004

BALAI KOTA- Wali Kota H Sukawi Sutarip, Rabu (28/4) mengangkat Arief Moelia Edhi sebagai YMT Kepala Dinas Perhubungan Kota, menggantikan Andi Agus Wandono yang selanjutnya menjadi staf ahli Wali Kota.

BALAI KOTA- Pencopotan Kepala Dinas Perhubungan Andi Agus Wandono SH mengundang pertanyaan dari para pegawai di instansi itu. Saat prosesi berlangsung di lantai 8 Gedung Moch Ichsan, beberapa personel berseragam biru-biru itu berkumpul di halaman depan Balai Kota.

SEMARANG- Aparat Polres Semarang Barat menggerebek arena judi dadu kopyok di sebuah rumah di Jl Argorejo III, kompleks lokalisasi Sunan Kuning.

SUARA aktivis perempuan ini boleh dikatakan lantang dalam hal menolak segala bentuk kekerasan terhadap perempuan. Sebagai Ketua Pusat Studi Gender Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang, Dra Hj Fathimah Usman MSi dituntut peka terhadap persoalan-persoalan perempuan.

SEMARANG - Dua hari menjelang pembukaan Pekan Raya Semarang 2004 yang akan dilaksanakan Jumat (30/4), sejumlah fasilitas pameran sudah mulai tampak wujudnya. Sejumlah tenda berbentuk kerucut dan tenda-tenda mirip los pasar tampak berdiri memenuhi Lapangan Garnisun Semarang.

SEMARANG- Guna menyukseskan pelaksanaan Pekan Raya Semarang di Lapangan Garnisun Kalisari, 30 April-23 Mei 2004, aparat Satuan Lalu Lintas Polwiltabes Semarang akan melakukan pengaturan dan mengalihkan rute arus lalintas. Sebab, kegiatan itu diperkirakan akan mengganggu arus lalin di Jalan Dr Sutomo.

BALAI KOTA - Anggota Pansus RDTRK Ahmad Yusuf Sujianto mengingatkan, untuk menangani bangunan dan lahan yang mangkrak, Pemkot jangan hanya memprioritaskan bangunan dan lahan milik swasta. ''Banyak bangunan dan lahan milik Pemkot yang sebenarnya juga mangkrak dan dianggurkan. Jadi, tidak hanya milik swasta saja. Ini harus diperhatikan,'' tegas dia, Rabu (28/4).

WAJAH baru anggota DPRD Kota Semarang ini mengusung kepercayaan yang diberikan oleh pengurus ranting dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Demokrat Semarang Barat. Selain itu, pria ini juga mengusung amanah dari pemilih Partai Demokrat di Daerah Pemilihan Semarang 1 (Semarang Barat dan Semarang Selatan).

SEMARANG- Masa bakti anggota DPRD Provinsi, kota/kab di Jawa Tengah tidak lama lagi akan berakhir. Lazimnya saat masa tugas berakhir, biasanya diikuti dengan pemberian dana purnabakti anggota Dewan.

TEMBALANG- Warga Perumnas Sendangmulyo Kecamatan Tembalang, Kamis (28/4) kembali resah setelah sisi selatan bukit perumahan itu kembali dikepras penambang liar. Bahkan, pita segel yang Senin (26/4) dipasang Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang juga dirusak.

SEMARANG - Seorang pemuda nekat mencuri lantaran kekurangan uang untuk biaya menikah. Pelaku, Tomi Herwinda Tamtama (27) warga Jl Rejosari V membawa kabur sebuah handphone yang sedang ditinggalkan pemiliknya di lapangan tenis Undip Jl Imam Barjo.

 

SEMARANG- Pernyataan anggota Dewan mengenai peredaran uang hasil perjudian di Semarang mencapai Rp 4 miliar per malam, mendapat tanggapan dari Himpunan Masyarakat Pekerja dan Penganggur (HMPP) Jateng.

 

BALAI KOTA- Panitia Khusus Rencana Detail Tata Ruang Kota (Pansus RDTRK) DPRD Kota Semarang kemarin mempertanyakan kelanjutan pembangunan Agrowisata Sodong di Kecamatan Mijen. Sebab, pengembangan agrowisata itu merupakan program yang sudah direncanakan selama tahun 2000 sampai 2010.

SEMARANG- Pembuatan fondasi landasan pacu Bandara A Yani Semarang dimulai 5 Mei mendatang, melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Satu satuan setingkat kompi (SSK) atau sama dengan 122 orang personel personel akan dilibatkan dalam proyek tersebut. Waktu penggarapan sekitar dua bulan.

 

SEMARANG- Savita Happy Kartika, bocah berusia lima tahun yang menjadi siswi TK Besar Semarang International School Reseption berhasil keluar sebagai juara umum dalam pemilihan Putra-putri Nusantara V di Atrium Java Supermal Semarang, baru-baru ini.

SEMARANG- Kalangan aktivis perempuan mendesak Pemerintah segera merevisi UU Perkawinan nomor 1/1974 serta peraturan lain seperti Peraturan Pemerintah No 10 (PP 10) dan Kompilasi Hukum Islam.

SEMARANG-Penyakit Overactive Bladder (OAB) atau lebih dikenal dengan beser menimpa 50% wanita usia produktif dan akan meningkat di usia lanjut. Penyakit ini akan menurunkan kualitas hidup seseorang, karena tidak bisa bergaul dengan leluasa.

SEMARANG- Kebijakan pembangunan di segala bidang dan tingkatan semestinya mengikutsertakan semua potensi masyarakat. Namun kenyataannya proses dan tahapan pembangunan saat ini kurang mengikutsertakan perempuan. 

SEMARANG- Penelitian tentang penggunaan ampas kelapa sebagai bahan dasar kecap secara fragmentasi dinyatakan sebagai pemenang I Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) bidang IPA tingkat Universitas Negeri Semarang (Unnes).

SEMARANG-Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (Stikubank) melepas 465 wisudawan terdiri atas program Diploma Tiga (D III), program Strata Satu (S 1) dan program studi Magister Manajemen (MM) dalam rapat senat terbuka di Gedung D IX STIE Stikubank, Jl Kendeng V, Bendan Ngisor, Senin (26/4).

 

SEMARANG- Perbaikan jembatan bailey yang terhenti sejak sebulan lalu, hingga Rabu (15/4) kemarin belum ada tanda-tanda akan dimulai kembali. Sebagian papan lantai jembatan -di ujung sebelah utara jembatan- yang dibongkar belum juga dipasang. Akibatnya jembatan itu tidak dapat dilewati kendaraan beroda empat.

SEMARANG- Aparat Polwiltabes terus menggencarkan operasi terhadap jaringan pengedar narkoba di wilayah Semarang dan sekitarnya. Setelah menahan belasan pengguna dan pengedar dalam kurun waktu dua pekan terakhir, polisi mengkap tiga orang pengedar narkoba.

UNGARAN- Setelah dilakukan pembahasan di tingkat komisi dan fraksi, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Semarang tahun 2003 hari ini akan dibahas dalam rapat paripurna di Gedung Serbaguna Kompleks DPRD Kabupaten Semarang.

WELERI- Karena mengaku sebagai anggota polisi dan memperdayai seorang wanita, Sri Haryanto (26) warga Desa Trosobo RT 7 RW 3 Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali ditangkap jajaran Polsek Weleri, Polres Kendal.

 

BINAR percaya diri menatap hari depan, ter sirat di wajah sejumlah wanita muda saat mengunjungi beberapa usaha salon kecantikan dan jahit busana. Senyum dan canda kecil menghias bibir, manakala mereka bertemu dengan pemilik maupun pekerja di tempat usaha tersebut.

GROBOGAN - Pemerintah Kabupaten Grobogan berencana mendirikan Universitas Ki Ageng Selo. Perguruan tinggi tersebut akan dibangun di atas tanah seluas 5 hektare dan pengelolaannya di bawah Yayasan Grobogan Bersemi. Hal itu ditegaskan Bupati Grobogan H Agus Supriyanto SE, kemarin.

SALATIGA- Satlantas Polres Salatiga selama dua hari mulai Kamis hingga Jumat (29-30 April) akan menegur dan menilang setiap pengemudi yang tak menggunakan sabuk keselamatan. Untuk itu, polisi akan melibatkan 100-an mahasiswa se-Salatiga.

KENDAL- Aksi penjambretan terjadi Rabu (27/4) pukul 09.00 dengan korban Komsatun (19) warga Dukuh Krajan RT 3 RW 4 Desa Sumbersari Kecamatan Ngampel, Kendal. Dia kehilangan seuntai kalung emas seberat empat gram.

DEMAK- Sebanyak 105 pelajar SMU se-Kabupaten Demak, kemarin mengikuti Olimpiade MIPA dan Sains di SMU 1 Demak. Mereka terbagi dalam lima bidang mata pelajaran, yaitu Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, dan Komputer.

SEMARANG- Penemuan sesosok kerangka manusia di tepi Sungai Dolok, Desa Larung, Sayung, Demak, yang ternyata jenazah Ahmad Sahrul (13), pelajar MTs Futuhiyah Mranggen membuat polisi bekerja keras untuk mengungkap kasus itu.

GROBOGAN- Tunggakan kredit lunak Pemberdayaan Ekonomi Rakyat (PER) Bidang Peterna-kan di Kabupaten Grobogan 2001 hingga kini Rp 800 juta. Total jumlah dana bantuan yang disalurkan pemerintah adalah Rp 2,04 miliar.

UNGARAN - Komite Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/kota dinilai masih kurang dalam melakukan koordinasi dengan pemkab/pemkot berkaitan dengan persiapan dan pelaksanaan pemilu 5 April lalu. Selain itu, lembaga pemilu tersebut juga dinilai kurang transparan dalam soal anggaran.

SEMARANG-Ditemukannya kerangka yang diyakini sebagai Ahmad Sahrul (13), sangat memukul hati Muhammad Sukron (58), warga Jl Pancakarya Blok 71, Semarang Timur. Selain korban adalah anak laki-laki satu-satunya dari empat saudara lainnya, Ahmad Sahrul, juga dikenal sebagai anak yang penurut.

DEMAK- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Demak akan menetapkan nama calon anggota legislatif (caleg) hasil pemilu pada 5-6 Mei. ''Penetapan itu dilakukan melalui rapat pleno KPUD yang dihadiri saksi dan pengawas pemilu,'' kata Divisi Kampanye dan Pemungutan Suara KPUD Jeni Fariadhie ST, kemarin.

 

GROBOGAN - Meski Majelis Hakim Pengadilan Negeri Purwodadi, Grobogan sudah menjatuhkan vonis terhadap caleg PPP Qomarudin S (51), KPU D Grobogan belum bisa mencoret terhukum sebagai caleg sebelum ada keputusan hukum yang mengikat.

KALIWUNGU- Aksi unjuk rasa kembali dilakukan oleh ratusan karyawan PT Texmaco Perkasa Engineering (PT TPE) Kaliwungu, Kendal, Rabu (28/4). Lebih kurang 150 karyawan anak perusahaan PT Texmaco Grup itu mendatangi kantor manajemen menanyakan kepastian gaji .

 

UNGARAN-Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkungan Setda Kabupaten Semarang hingga kini masih menunggu pembayaran gaji ke-13. Sebab, hingga kemarin, belum ada kejelasan kapan gaji tambahan itu akan dibayarkan.''Saya pesimistis akan terima gaji ke-13, sebab sampai kini belum ada kejelasan. Padahal, di daerah lain sudah dibayarkan,'' kata seorang PNS di lingkungan Setda Kabupaten Semarang, kemarin.

SEMARANG- Mabes TNI AD membuka kesempatan kepada pemuda Indonesia, untuk dididik menjadi calon bintara PK TNI AD pria/ wanita 2004. Syarat yang harus dipenuhi, WNI, pria atau wanita, lulus SMU/SMA dan sederajat, usia minimal 18 tahun dan maksimal 22 tahun pada 25 September 2004. Selain itu, NEM lulusan sampai tahun 2002 minimal 4, sedangkan lulusan 2003 dan 2004 nilai ujian nasional rata-rata minimal 6,

DEMAK- Tim Lomba Desa Tingkat Kabupaten Demak, kemarin melakukan penilaian di Desa Klitih, Kecamatan Karangtengah. Kegiatan itu dibuka Camat Karangtengah Partono BA di balai desa setempat. Ketua Tim Lomba Desa Kabupaten yang diwakili Soetrisno mengemukakan, pihaknya kini sudah menilai sembilan desa di Demak, yaitu Kedungori (Dempet), Doreng (Wonosalam), Sarimulyo (Kebonagung), Ngegot (Mijen), Tugu Lor (Karanganyar), Mulyorejo (Demak), Pundenarum (Karangawen), Banjarjo (Guntur), dan Klitih (Karangtengah).

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA