logo SUARA MERDEKA

 
Line
 FOKUS Jumat, 12 Maret 2004 
Line

  • Seputar Tugumuda

Syukuran Haji KBIH Muhammadiyah

JEMAAH haji kloter 52 SOC yang bergabung dalam KBIH Muhammadiyah akan membentuk majelis taklim sekaligus syukuran. Acara dilangsungkan Minggu (14/3), mulai pukul 08.30 di Aula RS Roemani. Kegiatan tersebut untuk melestarikan kemabruran haji. Pertemuan diisi pengajian Drs H Yusuf Suyono MA. Demikian penjelasan Ketua LBMHM H Soeratman HM. ''Bagi calon haji 2005, diharapkan pula segera membuka tabungan haji agar tidak kehabisan kuota.'' (tb-63s)

Pertemuan IKWI Jateng

PERTEMUAN dan arisan bulanan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Cabang Jateng periode Maret 2004 akan diselenggarakan, Sabtu (13/3), pukul 10.00 di Gedung Pers Jl Tri Lomba Juang 10 Semarang. Menurut Ketua Ny Hj Evi Sasongko Tedjo pertemuan ini membahas masalah organisasi dan pembagian door prize. (tb-63)

Hilangkan Penat setelah Kerja

EASTERN Garden by Martha Tilaar Spa di Jl Telaga Bodas 47 Candi, Semarang Selatan memberikan penawaran khusus selama Maret untuk menghilangkan penat dengan menikmati dua perawatan: aromatic massage, reflexology, atau exotic facial therapy hanya dengan satu harga. Manfaatkan penawaran khusus ini untuk perawatan setelah waktu kerja pukul 17.00-19.00 dengan layanan antar-jemput. Informasi hubungi 024-8502266.(C22-45c)

Pendaftaran Magister Komputer Udinus

hari ini (12/3) merupakan batas akhir pendaftaran angkatan IV program pascasarjana Teknik Informatika (Magister Komputer) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Informasi hubungi Jl Nakula I No 5 -11 telepon/faksimile 3573727. (C22-45c)

Rakerda PPGI di Hotel Horison

DEWAN Pimpinan Daerah Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (DPD PPGI) Provinsi Jateng mulai hari ini, Jumat (12/2), hingga Sabtu (13/2), menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah I dan Hari Ulang Tahun II di Hotel Horison. Rakerda diikuti semua dewan pimpinan cabang (DPC) se-Jawa Tengah. Para peserta diharap registrasi ke panitia telepon (024) 8453661. (G2-45j)

Program Kajian SQ Masih Dibuka

KAJIAN tentang pengembangan kecerdasan spiritual (SQ) dengan tema ''Mengenal Diri dan Menggapai Ilahi'' bersama Ustad Wahfiuddin, 13-14 Maret 2004, masih dibuka. Kegiatan yang diadakan di Hotel Grasia itu juga dilengkapi simulasi zikir untuk mencapai keseimbangan hidup, kenikmatan ibadah, dan menemukan solusi hidup. Keterangan di Toko AGC Jl Hayam Wuruk 10 telepon 8314489, Toni Jl Banteng Raya 5-A (6717880, hp 08122866430). (B7-63c)

AFI Dongkrak Peserta Cytara Singer

SEJAK Indosiar menayangkan acara Akademi Fantasi Indosiar (AFI), peserta kursus olah vokal di Cytara Singer Jl Satrio Wibowo II/17 Tlogosari telepon 6700832 bertambah. ''Rupanya pesona AFI ikut menyihir para orang tua untuk mengikutsertakan anaknya pada kursus olah vokal,'' kata direktur lembaga itu, Petrus Daliman SPd, baru-baru ini. Di sanggarnya, tercatat 124 anak ikut kursus olah vokal, terdiri atas anak usia 5-19 tahun.(C22-45c)

Musik Dua Kota di Jumat Cantik

JUMAT cantik yang digelar malam ini mulai pukul 21.00 di Ventura Cafe menampilkan musik dua kota, Fix Band (Semarang ) dan Candle Band (Yogya). Acara itu juga dimeriahkan musik dan dance rancangan Eno yang terinspirasi oleh sensualitas Agnes Monica. Tiket Rp 15.000 termasuk softdrink.(B14-45c)

Pendaftaran TKIT dan SD Islam Muhajirin

TK Islam Terpadu (TKIT) dan SD Islam Plus (SDIP) Muhajirin, Genuk Indah, menerima ''pemesanan tempat'' untuk pendaftaran siswa baru tahun pelajaran 2004-2005. Menurut Kepala TKIT dr Sunsufi Saugi, lembaganya memberikan keunggulan kompetitif yang merangsang anak berkreasi dan mandiri. Selain siswa TK dan SD, Bidang Pendidikan Yayasan Muhajirin juga mengelola play group dan TPQ. ''Khusus play group, ada program takhasus selama sebulan,'' katanya. Informasi lebih lanjut di sekretariat Jl Padi Utara Raya, E- 484-B Genuk Indah, atau telepon 6594532. (C10-63c)

Pengajian Qolbun Salim

MAJELIS Pengajian Interaktif Qolbun Salim akan mengadakan pengajian untuk umum (gratis) dengan pembicara KH Ust Yahya Wahid Dahlan Al Mutamakkin (pengasuh Pondok Pesantren Madinah Al Munawwarah/PPM). Acara diselenggarakan Jumat (12/3) di Hotel Patra pukul 19.30 dengan tema ''Menyucikan Jiwa''. (B7-63c)

Temu Alumni EU dan Peresmian SEC

SEMARANG Entrepreneur Community (SE) sebagai wadah komunitas alumni EU mengundang rekan-rekan di tiap angkatan untuk hadir dalam ''Temu Almuni EU & Peresmian SEC'', Sabtu (13/3), pukul 10.00 di Candi Resto Jl Sisingamangaraja 12. Ada dialog bisnis ''Membangun Bisnis Berbasis'' dengan pembicara Purdi E Chandra. Konfirmasi lebih lanjut, bisa menghubungi Siswo Nugroho di 0157603118. (D2-73k)

Belajar Sempoa di McD Pemuda

McDONALD'S Sri Ratu Pemuda menyelenggarakan belajar sempoa setiap Jumat, pukul 16.30 selama Maret-April dan gratis ntuk anggota McKids. Ada lomba mewarnai pada 30 Maret dan English Telling Story Competition pada 25 Maret bertema my hobby, my family, my holiday. Kategori peserta play group-TK, SD kelas I-III dan kelas IV-VI. (D2-73k)

Kuliah Perdana Semarang Entrepreneur

KULIAH perdana angkatan VII Semarang Entrepreneur, program bimbingan menjadi pengusaha dengan sistem mentoring selama 3 bulan akan dimulai Jumat (13/3) di Restoran Sari Raja, Jl Pandanaran 102. Informasi dan pendaftaran, hubungi Ito, telepon 8313080, hp 0817266195. (D2-73k)

Work-shop Pengisian SPT Tahunan

GG Consultant kembali mengadakan work-shop sehari tentang pengisian tiga SPT Tahunan. Kegiatan akan dilaksanakan 17 Maret di Hotel Dibya Puri, dengan pemandu tunggal Abdul Syukur SH MM. Untuk SPT ini terdapat perubahan pada harga pokok dan PPh 21. Peserta bisa membawa kasus masing-masing dengan kontribusi Rp 250.000 per orang. Peminat dapat menghubungi Yulius, Yudha dan Yoga, telepon (024) 3520673, 3520674. (B7-63)

  • Jajah Desa Milang Kori

Peringatan Hari Jadi Satpol PP

GROBOGAN - Hari Jadi ke-54 Satpol PP kemarin diperingati di Kabupaten Grobogan. Acara tersebut dilangsungkan di kantor Satpol PP Purwodadi. Hadir dalam acara yang berlangsung meriah tersebut Bupati H Agus Supriyanto SE dan Wakil Bupati Bambang Pudjiono SH. (H3-63)

Dokter Mundjirin Ketua Kagama

UNGARAN- Keluarga Besar Gadjah Mada (Kagama) Kabupaten Semarang menetapkan dr Mundjirin ES SpOG sebagai Ketua Kagama periode 2004-2009. Dia menggantikan ketua lama Ir Hardono Sadono MSc. Sebagai wakil ketua masing-masing Ir H Amir Mudhakir, Ir Haryati, dan Drs Anwar Hudaya MM. Sekretaris Ir Agus Purwokojati, bendahara dr Solthoni MPH. Kepengurusan dilengkapi ketua bidang Ir Slamet Wahyono (Organisasi), Ir Bambang Tri Wahono MM (Pengabdian masyarakat), Ir T Nadjib M MSi (Litbang ), dan Drs Nurdin MM (Usaha Kerja sama). (B7-63s)

Operasi Katarak Gratis 27 Maret

DEMAK - Rumah Sakit Umum Pelita Anugerah (RSUPA), Jl Raya Semarang-Purwodadi Km 11,5 Mranggen, Demak, bekerjasama dengan PERDAMI Jateng dan Eye Care Himalaya (ECH) akan mengadakan operasi katarak gratis, 27 Maret 2004. Kegiatan itu dalam rangka HUT pertama RSUPA yang jatuh pada Agustus 2004. Pada 13 Maret pukul 08.30 RSUPA menggandeng PMI Cabang Semarang menyelanggarakan donor darah. Pendonor akan mendapat pemeriksaan gratis untuk golongan darah, HIV, Hpatitis, HbSAg, Anti HCL, UDRL, dan kenang-kenangan. (B7-63)

  • Langgam Surakarta

Pendidikan Pemilih YKS

BOYOLALI - Yayasan Keluarga Sejahtera (YKS) Boyolali belum lama ini menyelenggarakan pendidikan pemilih perempuan sektor pedesaan. Kegiatan itu terselenggara atas kerja sama dengan Koalisi Perempuan Indonesia (KPI). Tujuan kegiatan adalah memberikan wawasan atau ilmu pengetahuan bidang politik. (shj-49g)

Selamatan Menandai Kampanye

BOYOLALI - Menandai awal kampanye Senin 11 Maret kemarin, KPU Boyolali Rabu malam menyelenggarakan selamatan di aula sekretariat lembaga tersebut. Hadir Bupati dr H Djaka Srijanta, Muspida, para pemimpin partai politik, dan elemen masyarakat lain. Dalam acara itu Ketua KPU Purwanto SH MSi melaporkan tentang kesiapan penyelenggaraan pemilu. Dia menyatakan kotak suara, bilik suara, dan perlengkapan lain sudah siap sehingga bisa diharapkan pemilu berlangsung lancar. (shj-49g)

Petani Tewas di Kali

WONOGIRI--Nasib nahas menimpa Ny Tumi (49). Wanita petani di Dusun Sesep Desa Gedong, Kecamatan Ngadirojo itu tewas setelah hanyut dan tenggelam di Kali Gedong yang bermuara di perairan Waduk Gajahmungkur. Tragedi tersebut disaksikan keponakannya, Ratih (9), yang ikut serta ke sawah untuk menyiangi rumput. Seusai menyiangi rumput, korban bermaksud mencuci kaki di Kali Gedong. Namun malang, dia terpeleset, hanyut, dan tenggelam sampai tewas. Ratih yang melihat kejadian itu langsung berteriak minta tolong. Warga pun berdatangan menolong, tapi Ny Tumi yang tenggelam ditemukan dalam keadaan tak bernyawa. (P27-49c)

Bus Malam ''Ismo'' Terguling

WONOGIRI- Bus malam ''Ismo'' AD-2802-BG jurusan Baturetno-Wonogiri-Jakarta dalam perjalanan pulang dari Jakarta menuju Baturetno, terguling di dekat jembatan selatan Gunung Pegat, Desa Bumiharjo, Kecamatan Nguntoronadi. Lokasi kecelakaan berada pada kilometer 15 jalan raya Wonogiri-Pacitan. Tak ada korban jiwa saat kecelakaan pada Kamis (11/3) pukul 06.30 itu. Sopir Hadi (51) asal Krisak, Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri dilaporkan selamat dan hanya lecet. Diduga bus itu melaju lurus saat memasuki jalan tikungan di Gunung Pegat, sehingga terguling ke jurang sisi kiri jalan. (P27-49c)

Bupati Lantik Kades Kadilangu

SUKOHARJO- Bupati Bambang Riyanto SH melantik Kepala Desa (atau yang di Sukoharjo biasa disebut lurah desa) Kadilangu, Kecamatan Baki, Umar Dhani di balai desa itu, kemarin. Dalam sambutannya, Bupati meminta pejabat yang baru bekerja maksimal demi kemajuan desa. Selain itu, menjalin koordinasi dengan pamong desa lain agar dapat meningkatkan kinerja. (G10-49c)

Kunjungan Presiden PKS

KARANGANYAR-Hari ini Presiden Partai Keadilan (PK) Sejahtera Hidayat Nur Wahid akan hadir dalam kampanye putaran pertama di alun-alun kabupaten dalam format ''Tablig Akbar Bersama Dr Hidayat Nur Wahid''. Ketua Bidang Urusan Publik DPD Sri Hartono SPd mengatakan, ''Ini sangat istimewa, mengingat agenda kampanye beliau yang meliputi wilayah di tingkat nasional sangat padat. Ini sangat berarti dalam memompa semangat para kader dan simpatisan partai.'' (G8-49c)

  • Ojo Lali

FTP Unisri Serahkan Tropi

RABU (10/3) lalu, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Slamet Riyadi menyerahkan trofi juara lomba majalah dinding tingkat SMU se-Eks Karesidenan Surakarta. Ada pun juara I diraih SMA Bhineka Karya Surakarta, disusul juara II SMA Widya Wacana Surakarta, dan juara III diraih SMA MAN I Surakarta. Trofi diserahkan di sela-sela seminar Peningkatan Kualitas SMA/SMK dengan program lifeskill Menghadapi Era Globalisasi di Auditorium Unisri.(G11-86)

Sosialisasi Pemilu

JAJARAN Bhayangkari Polsekta Jebres, Solo, kemarin mengikuti sosialisasi pemilu. Sosialisasi yang diadakan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) berlangsung atas inisiatif dari kalangan Bhayangkari sendiri. Bertindak sebagai pembicara, A Aryanto, Ketua PPK Jebres. (G11-86)

Warga Mojosongo Bersihkan Lingkungan

Masyarakat di wilayah Kecamatan Jebres, Minggu (7/3) pagi lalu bekerja bakti di lingkungan kampung masing-masing. Kerja bakti yang dilaksanakan serentak tersebut untuk menanggulangi penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Sejumlah lokasi yang terpantau Suara Merdeka, antara lain seperti yang dilakukan warga di sekitar kompleks Perumnas Mojosongo dan sepanjang jalan dari kantor kelurahan setempat hingga jembatan sebelum Rumah Sakit (RS) Dokter Oen Solo.

Di sekitar lokasi tersebut, mereka terlihat bahu-membahu membersihkan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Misalnya di selokan atau got-got yang airnya tak bisa mengalir karena tersumbat sampah.

Selain itu, warga juga membersihkan lingkungan rumah masing-masing. Mengumpulkan barang-barang bekas yang dipandang bisa memunculkan genangan air, seperti ban bekas dan kaleng, untuk kemudian dibakar dan sebagian lagi ditimbun. "Pokoknya, dalam memberantas sarang nyamuk ini, kami melakukan seperti apa yang diinstruksikan. Dengan 3M, yaitu menguras, menimbun, dan menutup (tempat air terbuka)," papar Heri Supardi, Ketua RT 5 RW 18, Kelurahan Mojosongo. (G19-86j)

Perlindungan Sosial Berkelanjutan

PEMKOT Surakarta bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Asian Development Bank (ADB) menggelar workshop tentang perlindungan sosial berkelanjutan selama dua hari mulai kemarin. Acara yang diselenggarakan di Balai Tawangarum, kompleks Balai Kota Surakarta itu dihadiri jajaran Muspida setempat.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Ir Masrin Hadi SSos mengutarakan perlunya sistem jaminan sosial yang lebih terjamin dan tertata. Adapun tujuan pelaksanan kegiatan ini, menurut dia, membangun pengertian dan prinsip dasar dari jaminan sosial. Workshop itu juga merupakan wujud kepedulian dalam menerapkan prinsip nguwongke uwong.(G18-86j)

  • Lintas Pantura

KPMDB Tingkatkan Mutu Mahasiswa

BREBES - Program lima tahun ke depan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Daerah Brebes (KPMDB) akan memfokuskan pemberdayaan dan peningkatan kualitas pelajar dan mahasiswa melalui program Beasiswa KPMDB se-Indonesia. "Peningkatan kualitas ini sangat berguna bagi peningkatan mutu kualitas pelajar dan mahasiswa yang kini berada di perantauan," kata Rahmat Mubarok, seusai dikukuhkan menjadi Ketua KPMDB Pusat di Gedung Islamic Center, kemarin.Mubarok mengatakan, periode kepengurusan yang terpilih melalui Musnaslub ini, akan menggugah partisipasi para alumni KPMDB yang kini menempati posisi penting di pemerintahan dan masyarakat. Karena itu, susunan keanggotaan pengurus melibatkan unsur alumni, seperti Drs Atmo Tan Sidik, Agung Widyantoro SH, dan Ir Sutirto MM.(wh-80i)

MTs IN Berikan Bantuan Sosial

KAJEN- Madrasah Tsanawiyah Istifaiyah Nahdliyah (MTs IN) Banyurip Pekalongan kemarin memberikan bantuan sosial kepada salah satu siswanya yaitu Mingguaningsih (13), warga Desa Coprayan Buaran yang rumahnya roboh karena sudah terlalu tua. Bantuan berupa beras, uang, kayu, bambu serta peralatan lain untuk membantu pembangunan rumah diserahkan oleh Wakil Kepala Sekolah Masrur K kepada Ny Warmah (40) ibu Mingguaningsih. (G16-20)

Doa Sukses Pemilu PKS

PEMALANG - Sebanyak 200 kader wanita Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pemalang mengadakan doa bersama untuk sukses Pemilu 2004 di lapangan Mulyoharjo baru-baru ini. Doa dipimpin ustadz Tri Mulyanto diikuti Ketua Bidang Kewanitaan PKS Isnaeni S.Sos, Ketua DPD PKS Muktamar Hasani AMd dan hadirin lainnya.

Dalam pesannya Muktamar mengatakan, pesta demokrasi yang diadakan lima tahun sekali cukup rawan terjadi benturan sesama parpol. Oleh karena itu partainya mengadakan doa bersama demi keselamatan bangsa dan pemilu berjalan aman, tentram dan damai. (sf-20)

  • Lereng Merapi

Rumah Staf BLK Dirusak

TEMANGGUNG- Gara-gara merasa dihina, Ny Sulastri (30) warga Temanggung, terpaksa berbuat nekat. Ibu rumah tangga itu dilaporkan merusak pintu rumah dinas staf Balai Latihan Kerja (BLK) Maron, Temanggung, yang dihuni Sugiyanto.

Kaur Binops Reskrim Polres Temanggung, Iptu Suyatno, menyatakan kini tersangka itu diperiksa di Mapolres. Baik tersangka maupun korban sama-sama keluarga karyawan BLK Maron.(nt-85g)

Wakil Ketua Panwas Diganti

YOGYAKARTA-Jabatan Wakil Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwas Pemilu) Kota Yogyakarta, kemarin (11/3), diserahkan oleh Komisaris Polisi Wisnu Handoko SIK MM kepada Komisaris Polisi Sumitro SIK. Sebab, Wisnu Handoko dipromosikan sebagai Wakapolres Bantul.

Ketua Panwas Pemilu Kota Yogyakarta, Teguh Basuki SH, kemarin, menyatakan serah-terima jabatan itu otomatis. Karena, sesuai dengan SK KPU jabatan ketua dan wakil ketua panwas pemilu berkait dengan jabatan di kesatuan dinas masing-masing. Pejabat ketua panwas dari kejaksaan, sedangkan wakilnya dari Polri.(P58-85g)

Kampanye, Dialog Interaktif Dibatasi

PURWOREJO- Dialog interaktif calon anggota legislatif (caleg) yang diselenggarakan LSM Yasmin akhirnya hanya dibatasi dua kali, dari rencana empat kali pertemuan. Sebab saat ini masa kampanye sudah berlangsung. Karena itu dialog pada 14 Maret dan 21 Maret ditiadakan.

Dialog pada Minggu (29/3) dihadiri PBB dan PPP, sedangkan pada Minggu (7/3) hadir caleg Golkar, PDS, PBB dan PKB. ''Kalau dipaksakan kami takut kurang maksimal dalam penanganannya karena Yasmin juga ikut sebagai pemantau pemilu,'' kata sekretaris LSM Yasmin, Saifudin, Kamis kemarin. (yon-85i)

Dua Kasat Baru Poltabes Yogyakarta

YOGYAKARTA- Kepala Poltabes Yogyakarta, Komisaris Besar (Kombes) Drs Sabar Raharjo, kemarin melantik dua pejabat baru di jajarannya. Yaitu Komisaris Drs Endi Sutendi yang semula Kanit Jatantras (Kejahatan dan Tindak Kekerasan) Polda DIY menggantikan Kompol Rudi Hartono SIK SH sebagai Kasat Reskrim dan Kom Drs Sumitro (Polda DIY) menggantikan Kasat Intelkam, Kompol Wisnu Handoko SIK MM.

Kompol Rudi Hartono selanjutnya dipercaya sebagai Wakapolres Sleman, dan Kompol Wisnu Handoko sebagai Wakapolres Bantul. Bersama kedua perwira pertama tersebut, bertempat di markas Poltabes Jl Reksobayan 1 Yogyakarta juga dilakukan serah-terima jabatan terhadap lima perwira pertama lain.

Kapoltabes Yogyakarta Kombes Sabar Raharjo menyambut baik alih-tugas di jajarannya, karena sesuai dengan prinsip manajemen kepolisian sekarang.(P58-85s)

Pemasangan Bendera Parpol

PURWOREJO- Pemasangan bendera parpol yang dijadwalkan pada 11 Maret kemarin ternyata di Purworejo ada yang mulai dipasang sejak Rabu sore lalu. Demikian pula pada Rabu malam banyak kader parpol sibuk mencari tempat untuk mendirikan bendera.

Bahkan ada kader partai tertentu ketika memasang bendera melakukan konvoi. Karena itu Kamis pagi kemarin di sepanjang jalan utama wilayah Purworejo sudah terpasang warna-warni bendera parpol. (yon-85i)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional | Liputan Pemilu
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA