logo SUARA MERDEKA

 
Line
 FOKUS Rabu, 3 Maret 2004 
Line

  • Sosok

Raih Platinum

KARIER Siti Nurhaliza di blantika musik Indonesia tampaknya akan semakin mantap saja. Maka, para penyanyi Tanah Air ada baiknya lebih ''berhati-hati''. Sebab, jangan-jangan pangsa pasar mereka akan hilang karena kehadiran artis Tanah Melayu ini.

Bukan menakut-nakuti, pasalnya baru-baru ini album Siti, Anugrah Aidil Fitri, sukses di pasaran kaset Indonesia. bahkan, saking larisnya, album tersebut meraih platinum untuk penjualannya di Indonesia.

Ya, sejak dirilis bulan puasa, November 2003 lalu, album berisi lagu-lagu rohani itu, laris manis di bursa kaset Tanah Air. Album yang berisi sepuluh lagu karya musisi Malaysia ini, sukses menembus angka lebih dari 50 ribu kopi.

Kini, penyanyi yang bernama lengkap Siti Nurhaliza Tarudin ini pun semakin dekat dengan penggemarnya di Indonesia. Satu bulan sekali, Siti yang selalu tampil anggun itu akan hadir di sebuah stasiun teve swasta Indonesia untuk mendekatkan diri dan menghibur penggemarnya di Tanah Air ini.(D4,dtc-79)

  • Aneka Warta

Santri Al Hikam Pertanyakan Misi AS

MALANG- Konjen AS, Philip L Antweiller, yang datang bersama stafnya di Pesantren Al Hikam mendapat beragam pertanyaan. Para santri mempertanyakan misi kunjungan, apakah terkait dengan propaganda pemerintahan George W Bush. Pertanyaan santri Al Hikam itu dilontarkan sehubungan dengan kedatangan Antweiller yang juga didampingi Jessica Champagne, guru besar antropologi Universitas Yale dengan membawa 20 buku tentang Amerika yang diberikan secara cuma-cuma. Hal itu juga dilakukan di perguruan tinggi di Malang, seperti Universitas Brawijaya.(jo-58c)

Miranda Goeltom Akan Diperiksa

JAKARTA - Menurut rencana hari ini, Rabu (3/3), Miranda Goeltom akan dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus penyalahgunaan Rekening 502. Hal itu dijelaskan Wakil Kepala Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Soenarko DA di Mabes Polri. ''Miranda akan diperiksa sebagai saksi dalam kaitan sebagai mantan anggota Dewan Gubernur BI,'' katanya. Disebutkan juga dalam kasus ini, pihaknya telah memeriksa saksi ahli Loebby Loeqman.(bu-58)

  • Seputar Tugumuda

Seminar Nasional Kesusastraan

HIMPUNAN Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia bekerja sama dengan Forum Lingkar Pena Sekaran akan menggelar seminar nasional kesusastraan 2004, Rabu (3/3) pukul 07.30 di Gedung FBS Unnes, Sekaran, Gunungpati. Pembicara antara lain Rektor Undip Prof Ir Eko Budiharjo MSc.(B12-45g)

Klub Baru untuk Kaum Lajang

SEBUAH wadah baru untuk berbagi informasi bagi kaum lajang akan dibuka di Kota Semarang. Lotus Single Club, klub kaum lajang itu, akan dibuka Rabu (3/3) pukul 18.00 di De Koning Bakery & Restaurant Jalan Pemuda 76. Informasi bisa diperoleh di Jalan Muara Mas Timur IX/290, Anik 024-3555360.(B12-45g)

Lomba Busana McKids

MCDONALD'S Swalayan Ada Jalan Setiabudi akan mengadakan lomba busana McKids McDonald's untuk tiga kategori. Kelompok A untuk play group dan TK, B kelas I-III3 SD, dan C kelas IV-VI SD. Lomba akan diadakan Jumat (19/3) mulai pukul 16.00. Informasi dapat diperoleh di Ada Jalan Setiabudi (024) 7460091/ 7463481. (B12-45g)

Pemenang Lomba Akuntansi Stikubank

HMJ Akutansi STIE Stikubank Semarang belum lama ini mengadakan Accounting Competition Plus IV Tingkat Jateng yang diikuti 102 peserta. Lomba dimenangi Yohanita Dwi A dari SMU Theresiana 1 Semarang.(B12-45g)

Penerimaan Anggota Baru

Perguruan tenaga dalam Ragajati Cabang Semarang Tengah menerima anggota baru putra maupun putri usia 17-50 tahun. Tempat pendaftaran di sekretariat Jl Pleburan Barat 50 telp 8443495 tanpa dipungut biaya (gratis).(83)

HUT Makco Kwan Im

DALAM rangka menyambut HUT Makco Im pada 8 Maret, digelar operet Sun Go Kong kembar dan pertunjukan liong samsi di Metta Karuna Vihara Buddhagaya Watugong. Juga disediakan pohon berkah bagi umat. Upacara pembacaan parita dan sembahyang kue kura mulai pukul 19.00, sedangkan pertunjukan mulai pukul 19.30. (B7-83)

Berulang Tahun di Kafe Flamboyan

KAFE Flamboyan Hotel Grand Candi telepon 8416222 pesawat 416 memberikan diskon 10% kepada pengunjung yang makan malam untuk merayakan ulang tahun di kafe itu. Manajer humas hotel itu Yosie Indra Susilo mengatakan, ketentuan tersebut berlaku bagi pengunjung yang berulang tahun pada 6, 13, 20, dan 27 Maret 2004. Pihaknya juga menyediakan mono pottion cake.(C28-45e)

Lomba Matematika dan Bahasa Inggris

DALAM rangka dies natalis, SMU Theresiana 1 Jalan Mayjen Sutoyo 69 telepon 8447853 akan menyelenggarakan lomba matematika dan bahasa Inggris untuk tingkat SMP se-Kota Semarang, 7 Maret, di aula kampus tersebut. Kepala Sekolah Drs Y Dwi Winarto mengatakan, selain lomba tersebut pihaknya juga menggelar kejuaraan bola basket antar-SMP se-Kota Semarang, 4 Maret. Pendaftaran terakhir hari ini. (B18-83k)

Paket Spesial Ulang Tahun

DALAM rangka ulang tahun McDonald's Indonesia ke-15, McDonald's Ciputra mengadakan even paket spesial ulang tahun hanya Rp 10.000 per anak. Fasilitas berupa paket nasi, souvenir, dan topi akan diberikan bagi yang merayakan ulang tahun 23-31 Maret. Keterangan lebih lanjut bisa menghubungi 3554334/8415991. (B7-83)

Lokakarya Jurnalistik LP Ma'arif

LEMBAGA Pendidikan (LP) Ma'arif Jateng bekerja sama dengan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU), Jumat (6/3), mengadakan lokakarya jurnalistik. Acara empat hari di kampus Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Jalan Menoreh X/22, Sampangan. Pembicara Hj Humaini AS, Budi Maryono, Agus Fathuddin Yusuf, serta tim Majalah Ma'arif. (B13-45g)

Wisuda Ke-27 Universitas Semarang

UNIVERSITAS Semarang (USM) akan mengadakan upacara wisuda ke-27 ahli madya, sarjana, dan magister, Selasa (9/3), di Poncowati Hotel Patra Semarang. Kepala Biro Akademik, Umum, dan Keuangan Wetty Mardatillah SH meminta calon wisudawan mengikuti geladi bersih Senin (8/3) pukul 14.00. (B13-45g)

  • Jajah Desa Milang Kori

Wanita Tewas Tersetrum

GROBOGAN- Sutinah (32), warga Desa Katekan, Brati, tewas tersetrum listrik, Senin (1/3) pukul 7.30. Sutinah, yang sehari-hari bekerja di sawah, saat itu mengambil kabel dari rumah. Tanpa dia sadari kabel itu dialiri listrik. Dia pun tersetrum sehingga meninggal dunia. (H3-83g)

Polisi Tingkatkan Operasi

GROBOGAN- Menghadapi pemilihan umum nanti, polisi lalu lintas Polres Grobogan meningkatkan operasi kendaraan siang dan malam. Tempat operasi antara lain Jalan R Suprapto, Jalan S Parman, dan Jalan A Yani. Kasat Lantas AKP I Made Kusuma Jaya mengatakan, operasi itu sebagai prakondisi menghadapi pemilihan umum. (H3-83g)

Pengasapan di Bodean

AMBARAWA- Untuk mencegah demam berdarah, penduduk Kampung Bodean, Kranggan, Ambarawa, Minggu dan Senin lalu mengadakan pengasapan di rumah penduduk. Koordinator warga Farid Junaidi menutrukan penyemprotan itu merupakan swadaya masyarakat. Mereka tak ingin penyemprotan dilakukan setelah koban berjatuhan. Pengasapan akan dilakukan beberapa kali, sehingga Kranggan bebas nyamuk. (C17-83g)

Pengajian MWC NU Bawen

BAWEN- Menyambut tahun baru Hijriyah 1425, MWC NU Bawen, Minggu lalu, mengadakan pengajian akbar. Acara dihadiri Bupati H Bambang Guritno dan diikuti 1.500 orang. Ketua penyelenggara Sudardi SH menuturkan pengajian itu juga diikuti sejumlah pemimpin partai. Dengan tujuan, tak ada kesan MWC NU hanya milik kelompok tertentu. Pembicara itu KH Abdul Wahid Zuhdi dari Bandungsari, Grobogan. (C17-83g)

Ditemukan Mayat Wanita

DEMAK- Masyarakat sekitar Pasar Buyaran, Karangtengah, Demak, Selasa (2/3) sekitar pukul 14.00 digegerkan adanya penemuan mayat wanita, tepatnya di wilayah Desa Karangsari, yaitu kios pedagang milik Dwi Endah.

Menurut warga, saat Endah melayani pembeli di kiosnya, tiba-tiba diberitahu warga ada wanita tua yang berada di pinggir kiosnya dalam keadaan meninggal. Korban diperkirakan berumur 70 tahun. Polsek Karangtengah segera mendatangi lokasi dan membawa mayat itu ke rumah sakit. (F2-63)

Khitanan Massal Anak Yatim

DEMAK- Jamaah Al Hajami bekerjasama dengan RSI NU Demak, baru-baru ini mengadakan khitanan massal untuk anak yatim di Gedung Wisma Haji, Jogoloyo, Demak. Tujuannya untuk meringankan beban keluarga yang tidak mampu. Khitanan diikuti 24 anak.

Setiap anak memperoleh bingkisan seperangkat pakaian, terdiri atas peci, baju koko, sarung, celana dalam, sapu tangan dan sandal. Selain itu, mereka juga menerima uang transpor Rp 50.000 dan santunan Rp 25.000 per anak. (F2-63)

  • Langgam Surakarta

HUT Ke-17 Kelompok Peron

HUT Ke-17 Kelompok Peron Mahasiswa Teater FKIP UNS akan mengadakan bazar buku dan pameran instalasi, 5-9 Maret. Selain itu juga tumpengan pada 7 Maret pukul 19.00, performance art (8 Maret pukul 08.00), donor darah (9 Maret pukul 09.00), gelar sastra dan teater (8-9 Maret), dan liga teater (5-9 Maret). Semua kegiatan dilaksanakan di FKIP UNS.(an-86s)

Road Show Aceh Lom Sayang

PUSAT Studi dan Perubahan (PSP) UMS akan mengadakan road show "Aceh Lom Sayang" pada Kamis (4/3) pukul 13.00, di Auditorium UMS. Kegiatan diisi dengan pameran foto, pemutaran film, dan seminar. Acara itu merupakan kerja sama UMS dengan Yayasan ATMA dan Suara Hak Asasi Manusia Indonesia (SHMI) Jakarta.(an-86s)

Sarasehan Wong Solo

PANITIA UNS Fair akan mengadakan sarasehan Wong Solo pada Jumat (19/3) mulai jam 19.00, di Student Center UNS. Kegiatan itu menghadirkan pembicara Drs Soedarmono SU.(an-86s)

SMA 1 Juara Speech Contest

SMA 1 Surakarta merebut piala bergilir Rektor Unisri dalam speech contest yang diselenggarakan FKIP dan FE Unisri. Gita Arimanda yang mewakili SMA 1 mengalahkan 58 peserta lain dari 32 SMA/SMK se-eks Karesidenan Surakarta. Juara II diraih Yosinta (SMA 5), juara III Sonni Hendrawan (SMA 3), harapan I Rut Erika (SMA 3), dan harapan II Comelia Hanifah Amalina (SMA Al Islam).(an-86s)

Debat Caleg PKS

DPC PKS Banjarsari mengadakan debat caleg yang diselenggarakan Minggu lalu. Acara yang digelar mulai pukul 14.00 dihadiri para caleg, Muhammad Fajri, Setiawati Intan Savitri, Muhammad Sahli, Asih Sunyoto, Reni Apriyani, Yenu Mulati, Muhammad Makmur, dan lain-lain. Peserta berharap caleg sering mengadakan turba dan berpihak kepada rakyat jika terpilih kelak.(an-86s)

  • Ojo Lali

LBK-UB Adakan Sarasehan

BOYOLALI - Lembaga Kemanusiaan Umat Beragama (LBK-UB) Boyolali, Kamis (4/3) pukul 09.00-12.00 akan menyelenggarakan sarasehan rakyat dengan tema ''Suara Wong Cilik Untuk Pemilu 2004''. Saresehan yang akan berlangsung di Aula KPU itu akan diikuti beberapa komunitas. Di antaranya dari kalangan pondok pesantren, pemuda gereja, wartawan, dan elemen masyarakat lainnya. (shj-49)

Sosialisasi Warga Binaan

BOYOLALI - KPU Boyolali hari Rabu ini pukul 09.00 akan menyosialisasikan peraturan dan tata cara pemilu terhadap warga binaan pemasyarakatan di Rumah Tahanan (Rutan) Boyolali. Selain itu juga akan diadakan simulasi pemilu dan memilih tanda gambar yang benar.

Menurut Ketua KPU Purwanto SH MSi, sosialisasi mendesak dilakukan, karena sebagian warga belum tahu cara mencoblos. (shj-49)

Dua Anggota Baru DPRD

KARANGANYAR-Dalam rapat paripurna kemarin, DPRD menetapkan dua anggota baru hasil pergantian antarwaktu. Mereka adalah Drs Suprapto dari Partai Amanat Nasional (PAN) menggantikan KRMTH Drs H Sri Sadoyo MM, yang kini menjabat sebagai Wakil Bupati, dan Sartono Priyadi dari PKP Indonesia menggantikan Sri Hartati yang ditarik dari partainya.

Kedua anggota DPRD baru yang tergabung dalam Fraksi Pembaruan itu diambil sumpahnya oleh Wakil Ketua Dewan Suparno HS, yang menggantikan Ketua DPRD Sumarso Dhiyono yang kini terbaring di rumah sakit. (G8-49)

  • Lintas Pantura

Simulasi Pemilu

BATANG - KPU Kabupaten Batang menyelenggarakan simulasi pelaksanaan pemilu di Alun-alun, baru-baru ini. Pelaksanaan kegiatan itu diperagakan seperti yang akan dilakukan dalam pencoblosan nanti. Simulasi dimulai dari pengangkutan kotak suara dari PPS, surat suara, kemudian pendaftaran, pencoblosan hingga penghitungan suara. Proses itu diakhiri pengangkutan kotak suara ke PPS. Acara itu dipantau langsung Bupati Bambang Bintoro SE dan Wabup Drs H Achfa Mahfudz serta Ketua KPU Yakub Widodo SH MHum. (ar-80e)

Beras dan Mi untuk Korban Banjir

PEKALONGAN- Mesti hujan sudah berkurang, namun bantuan untuk keluarga yang terkena bencana banjir di Kabupaten Pekalongan terus mengalir. Lembaga perbankan seperti PT BPD Jateng Cabang Pekalongan, belum lama ini juga menyerahkan bantuan satu ton beras dan 50 dus mi instan. Bantuan itu diserahkan oleh Kepala Cabang BPD Pekalongan, Djoko Sambodo kepada Asisten II Sekda setempat Drs H Abdul Chamid MM selaku Ketua Satkorlak PBA untuk diteruskan kepada yang berhak menerima bantuan.(P57-14)

  • Wara - Wara

HDCI Sumbang Rp 11 Juta

JEPARA - Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Jepara, belum lama ini menyerahkan santunan Rp 11 juta. "Sumbangan ini wujud kepedulian kawan-kawan kepada yang membutuhkan," kata Kimling Sukarsa, salah seorang pengurus HDCI.

Penyerahan sumbangan di Gedung MWC NU Mlonggo. Penerimanya, Fatayat NU Mlonggo, TPQ Nurul Huda Desa Srobyong (Mlongo), serta Desa Tulakan Kecamatan Keling. Dikatakan, kegiatan seperti itu rutin dilaksanakan setiap tahun dengan sasaran penerima sumbangan bergiliran. (kar-85i)

Seminar Pemilu dan Cita-cita Islam

KUDUS- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kudus Komisariat Tarbiyah mengadakan seminar bertema "Cita-cita Islam dan Pesta Demokrasi 2004." Seminar tersebut dihadiri perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus, Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Umum, dan HMI. Acara diadakan di Balai Desa Ngembalrejo Kudus pada Selasa (2/3) tersebut mendapat perhatian LSM dan akademikus. (ton-34e)

"Revolusi dalam Kotak" Teater Ghanta

KUDUS- Untuk menyemarakkan kegiatan berkesenian di Kudus, Komunitas Petilasan bekerja sama dengan Teater Soengsang akan menyelenggarakan pementasan teater Ghanta dari Universitas Nasional Jakarta. Pentas Teater berjudul "Revolusi dalam Kotak" karya/sutradara Julian Hakim tersebut akan diadakan di Auditorium Universitas Muria Kudus (UMK), Rabu (3/3). Pentas itu akan digelar dua kali, khusus untuk pelajar pukul 14.30 dan pukul 19.30 untuk mahasiswa. (ton-34e)

  • Lereng Merapi

Agriculture Contest UTM 2004

MAGELANG-Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Tidar Magelang, Selasa (2/3) mengadakan Agriculture Contest 2004 dengan tema menggali potensi menuai prestasi. ''Ajang tukar pengalaman pemerintah, swasta, petani dan akademika ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan pertanian secara global,'' kata Ketua Panitia Arif Yudi Wibowo, kemarin.

Kontes tersebut diikuti 23 kelompok tani se- Kabupaten Magelang dan bentuknya kuesioner dan peragaan. Kegiatan dilanjutkan Kamis (4/3). (pr-76k)

Pelantikan Pejabat Eselon

YOGYAKARTA- Guna membentuk pemerintahan yang dapat membangun masyarakat yang mampu berkompetisi, Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X kemarin (2/3/2004) melantik 214 pejabat eselon III dan IV di wilayahnya. Pelantikan pejabat baru itu antara lain untuk mempertahankan dan meningkatkan peran Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan, Pariwisata dan Kebudayaan.

Karena itu, Sultan pada acara di Bangsal Kepatihan menyatakan, sebelumnya ada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, tetapi selanjutnya dipisahkan. Pemisahan ini dimaksudkan untuk menghilangkan saling tumpang-tindih dan kendala yang bertolak belakang.(P58-76i)

Telah Habis Rp 40 Juta

PURWOREJO- Beberapa calon anggota legislatif (caleg) Purworejo mengaku sudah banyak merogoh kocek untuk mencari dukungan suara. Seorang caleg yang ditemui kemarin menyatakan telah habis dana sekitar Rp 40 juta.

Pengeluaran uang bisa banyak, selain untuk membelikan kaus kadernya, juga untuk biaya sosialisasi. Saat sosialisasi selain harus menanggung biaya konsumsi, mereka tak jarang memberi uang saku pada tamu undangan. (yon-76i)

Kurang Bilik dan Kotak

PURWOREJO- Sarana pendukung Pemilu 2004 di Purworejo belum seluruhnya tercukupi. Kebutuhan pokok seperti bilik dan kotak suara hingga kemarin belum sesuai kebutuhan. Ketua KPU, Drs Muslikhin Madiani menyatakan, bilik yang sudah dikirim ke kota itu 7.008 buah, masih kurang 1.104 buah. Kotak suara dari KPU pusat 6.860 buah, masih kurang 1.252 buah. (yon-76i)

Syukuran Renovasi Balai Wartawan

KEBUMEN - Rabu ini mulai pukul 19.00, PWI Koordinatorat Kebumen berencana mengadakan syukuran renovasi Balai Wartawan dan resepsi HUT PWI 2004 di Paseban Barat, Alun-alun.

Pada acara itu akan diberikan tali asih kepada tukang sapu, tukang becak, yatim piatu, dan loper koran. Koordinator PWI M Sudjangi menyatakan, syukuran akan dihadiri Bupati Dra Hj Rustriningsih MSi dan Ketua PWI Cabang Jateng H Sasongko Tedjo SE MM.

Panitia mengundang 150 tamu unsur pejabat dan tokoh masyarakat, serta mantan aktivis Forum Komunikasi Pemuda Pendukung Reformasi (FKPPR). Syukuran dimeriahkan keroncong. Kamis pagi besok pukul 06.00, Ketua PWI Jateng dan Bupati Rustriningsih tampil bareng di Ratih TV Kebumen.(B3-76i)

Pembahasan Raperda Dipercepat

KEBUMEN - Pansus DPRD Kebumen sepakat mempercepat pembahasan 14 raperda tentang pemerintahan desa menjadi perda. Direncanakan, semua raperda tersebut bisa diputuskan Dewan pada 14 Maret mendatang.

Hal itu diungkapkan salah satu anggota Pansus DPRD Dra Sri Winarti, kemarin. Dia menyatakan, semula DPRD hanya akan menyelesaikan satu perda, yakni Alokasi Dana Desa (ADD). Namun setelah pansus mengadakan rapat, mereka sepakat menuntaskan ke 14 raperda menjadi perda pada pertengahan bulan ini.(B3-76i)

Dialog Caleg Lintas Parpol

PURWOREJO-Umat Katholik menggugat hati nurani caleg nomor jadi, khususnya dari partai besar. Alasannya, sangat terbuka peluang bagi para caleg itu menduduki kursi parlemen tanpa mandat dari pemilih. Hal itu terjadi karena sosialisasi pemilu belum dimengerti masyarakat.

Persoalan itu mengemuka dalam dialog caleg lintas parpol berbasis Katholik dan calon DPD dengan tokoh umat Katholik se-Purworejo di Aula SMA Bruderan Purworejo, Minggu (29/2).

Hadir dalam acara itu antara lain Drs Petrus Widijantoro, caleg PDS DPRD Provinsi Jateng DP VI, dan salah seorang calon DPD Jateng Petrus Saridjo.

"Umat mempertanyakan hati nurani caleg nomor jadi karena mereka tidak pernah dipilih rakyat. Mereka terpilih lebih karena rekomendasi partai sebagaimana disebutkan dalam UU Pemilu," ujar Markus, salah seorang peserta.(D18-81e)

  • Eling - Eling

JPPR Siap Bantu Panwas Pemilu

PURBALINGGA- Jaringan Pendidikan Pemilih dan Pemantau Pemilu untuk Rakyat (JPPR) menyatakan siap untuk membantu Panwas Purbalingga memantau pelaksanaan Pemilu 2004. Lembaga pemantau independen yang berpusat di Jakarta dan pernah berkiprah pada Pemilu 1999 lalu itu telah beraudiensi dengan KPU dan Panwas setempat.

Ketua JPPR Purbalingga Wargo Susilo SPd mengatakan, anggota JPPR Purbalingga berjumlah 583 personel. Dari Muhammadiyah terdiri atas komponen Pemuda Muhammadiyah, Aisyiah, Nasyiatul Aisyiah (NA), dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Dari unsur NU diisi Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakspesdam) NU Purbalingga. (F10-81s)

Pameran Edutech 2004 di GOR

PURWOKERTO-Para siswa, orang tua murid, dan masyarakat umum di wilayah Banyumas dan sekitarnya yang ingin mendapat informasi tentang dunia pendidikan dan perkembangan teknologi dapat mengunjungi pameran Edutech 2004 di GOR Satria Purwokerto, 3-7 Maret.

Manajer Pelaksana Pameran Ir Hermawan Adiyanto mengatakan, pameran juga diramaikan dengan berbagai lomba, antara lain lomba poster, mading, pidato, dan festival musik siswa SMA/SMK. ''Sebelum itu kami dahului dengan seminar tentang membaca minat belajar sains dan teknologi di Gedung Korpri, 25 Februari lalu,'' katanya. (G22-81e)

Konferda X Himpunan Matematika

PURWOKERTO-Dalam rangka menyukseskan Konferensi Daerah (Konferda) X Matematika Wilayah Jateng-DIY, Sabtu (6/3) mendatang akan digelar seminar sehari bertema ''Kontribusi Matematika dalam Pengembangan Potensi Daerah: Pendidikan, Industri, dan Sistem Informasi''.

Ketua Panitia Drs Wuryatmo AS MSc mengatakan, kegiatan dilangsungkan di Jurusan Matematika Program Sarjana MIPA Universitas Jenderal Soedirman. ''Konferensinya diharapkan bisa mencetuskan gagasan dan rekomendasi yang berarti untuk pengembangan kegiatan pembangunan,'' ujar dia. (G22-81e)

Seminar Pelayanan Rumah Sakit

PURWOKERTO- Untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit, Stamco Consulting dan PT Barsahi mengadakan Seminar Efisiensi dan Peningkatan Layanan Rumah Sakit Berbasis Sistem Informasi di Dynasty Hotel, Kamis (4/3) besok. Seminar terbuka bagi pengelola rumah sakit negeri, swasta, dan yayasan.

''Kami akan mengenalkan teknologi informasi yang harus dimiliki pengelola rumah sakit,'' kata Pimpinan Stamco Consulting Purwokerto Kuntari Paryani.

Pembicara utama Direktur RS Pertamina Jakarta Dr Dewi Lestari MPH MKes. Dia akan membahas layanan medis berbasis sistem informasi. Sebab RS Pertamina Jakarta merupakan rumah sakit percontohan. (P52-81i)

Tumpengan Syukuran di Lokawisata

BATURRADEN- Menjelang gelar Suran pada Minggu (7/3) mendatang, di Lokawisata Baturraden, Selasa kemarin (2/3), diadakan tumpengan untuk mohon keselamatan. ''Tumpengan syukuran ini dilaksanakan setiap menjelang Suran. Pemotongan tumpeng dilakukan Drs H Bambang Priyono, penasehat Paguyuban Masyarakat Pariwisata Baturraden,'' kata Kepala UPTD Lokawisata Baturraden Edy Purwanto SH.

Sebelum potong tumpeng, diadakan bersih Kali Gumawang yang menjadi tempat melarung sesaji. Agar acara larungan berjalan lancar PMPB, Lokawisata Baturraden, PT Palawi, dan warga desa penyangga Baturraden melakukan gerakan bersih kali. (P52-81i)

  • Lintas Arena

Bridge Jateng Belum Berprestasi

SOLO- Pemain bridge Jawa Tengah belum menunjukan prestasi yang menggembirakan. Hasil putaran Liga Bridge Indonesia (LBI) pertama Januari lalu, dari 129 pasangan yang berlaga serentak di 24 kota di Indonesia, peringkat pemain Jateng jauh dibandingkan dengan pemain lain.

''Dari urutan 25 pemain, hanya dua pemain Jateng yang berbicara. Itu pun di urutan ketujuh dan kesebelas,'' kata wasit nasional Robert Suseno saat mengawasi LBI putaran II di Gedung Guru Puspolanggeng, Kepatihan Solo, Minggu lalu.

Pertandingan LBI Solo yang diikuti 14 pasang dengan sistem howel menggunakan 32 kartu. Juara diraih pasangan Gunawan/Handoko Solo yang mengumpulkan MP 60,303%. Atas prestasi itu, dia mengantongi hadiah uang Rp 200.000, disusul pasangan Lilik/Pambudi (Slo/MP 59,697 persen) menerima hadiah Rp 150.000, dan ketiga pasangan Ir Tedjo Wiyono/Hardjito (56,97) menerima hadiah Rp 100.000. (P44-57c)

Atlet Jatim Diasuransikan

SURABAYA - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur akan mengasuransikan semua atletnya yang tampil pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI di Palembang, Sumatera Selatan, September mendatang. Menurut Sekretaris KONI Jatim H Abdullah Kasim di Surabaya, Selasa, program asuransi itu sebagai upaya KONI Jatim dalam memberikan jaminan perlindungan bagi atlet yang sudah pasti tampil di PON XVI, sekaligus membagikan formulir asuransinya.

Dia juga menyatakan pemanggilan para pengurus Pengda Puslatda PON XVI itu berkaitan dengan pendaftaran atlet Jatim yang sudah mengikuti Pra-PON, yang by seat/nomor, di samping evaluasi selama menjalani puslatda. "KONI Jatim mengharapkan pengda-pengda mempersiapkan atletnya di cabang olahraga masing-masing dengan maksimal sehingga di PON XVI Palembang nanti bisa menyumbangkan medali emas bagi kontingen Jatim," tambahnya. (ant-57c)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional | Liputan Pemilu
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA