logo SUARA MERDEKA

Line
 INDEKS BERITA HARI INI Kamis, 12 Februari 2004 
Line


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional | Liputan Pemilu
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin

JAWA TENGAH

Pantura
Penyandang Cacat Cemas
  • Alat Peraga Pencoblosan Belum Turun

TEGAL - Tak kurang dari 1.056 pemilih penyandang cacat fisik Kota Tegal bisa jadi cemas saat pencoblosan dalam Pemilu mendatang.

pembatas Pantura
"Bukan Hanya Tersangka Bambang yang Terlibat"

SLAWI - Dua pengacara Sekretaris Bappeda Kabupaten Tegal, Drs H Bambang Setiono MM ,menyatakan terjadi salah interpretasi atas tugas dan wewenang kliennya oleh penyidik kejaksaan dalam penanganan kasus dugaan korupsi proyek pembebasan tanah di objek wisata Purwahamba Indah dan pemandian air hangat Guci.

pembatas
Pantura
Pendaki Sarasehan di Gunung Slamet

PEKALONGAN - Sedikitnya 200 pendaki dan pencinta alam di Kota dan Kabupaten Pekalongan akan mengadakan sarasehan di puncak Gunung Slamet. Acara berlabel ''Satu Hati untuk Selamatkan Bumi'' itu direncanakan juga diisi acara bersih gunung dan konsolidasi kelompok pencinta alam.

pembatas Pantura
Mayat Terapung di Saluran

BREBES - Warga Desa Pulosari, Kecamatan Brebes, kemarin sore pukul 16.00 menemukan mayat laki-laki tak dikenal terapung di saluran irigasi Purlosari. Penemuan mayat yang diduga korban penganiayaan itu menggemparkan warga sekitar.

pembatas
Pantura
Lisus Robohkan Enam Rumah

PEMALANG - Enam rumah di Desa Cikadu, Kecamatan Watukumpul, Pemalang, roboh tesapu angin lisus. Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa ataupun terluka, tapi kerugian yang diderita penduduk karena rumahnya rusak mencapai belasan juta rupiah.

pembatas Pantura
Sekretaris KPU Terancam Diganti

TEGAL- Ancaman karyawan Bagian Sekretariat Umum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal untuk mogok kerja membuat anggota KPU kebakaran jenggot. Ancaman mogok akibat kekurangharmonisan hubungan antara personel KPU dan karyawan sekretariat itu, kemarin, dibahas dalam rapat pleno.

pembatas
Pantura
"Honornya Kalah dari Tukang Batu"

BATANG - Anggota panitia pengawas pemilihan umum kecamatan (panwascam) se-Kabupaten Batang bersama panitia pemilihan kecamatan (PPK), kemarin, mendatangi DPRD. Mereka, didampingi Panwas Pemilu Kabupaten, meminta dukungan DPRD agar honor mereka dinaikkan.

pembatas Pantura
22 Kepala SD Didrop

TEGAL - Sebanyak 22 Kepala Sekolah Dasar di Kota Tegal dinilai tidak memenuhi syarat untuk dipromosikan kembali sehingga posisi mereka tak diperpanjang. Karena itu, pada pelantikan pejabat eselon II, III, dan IV yang direncanakan pada Kamis (12/2) ini, nama mereka tidak tercantum.

pembatas
Pantura
Pertumbuhan Penduduk dan Persoalannya (2-Habis)
Konflik Masyarakat Dapat Berawal dari Kemiskinan

KONFLIK di masyarakat, demonstrasi brutal, pemberontakan, penggulingan kekuasaan, bahkan perpecahan bangsa dapat berawal dari kemiskinan. Pertumbuhan penduduk menambah pengangguran, sehingga angka kemiskinan meningkat dan kesejahteraan penduduk menurun.

pembatas Muria
Warga Keluhkan Kotoran Kuda
  • Pemkab Dinilai Kurang Tanggap

REMBANG-Sebagian warga Kota Rembang belakangan ini mengeluhkan banyaknya kotoran kuda yang tercecer di jalan-jalan raya. Banyaknya kotoran kuda itu selain bisa menimbulkan rasa jijik orang yang melihatnya, juga menimbulkan kesan jorok.

pembatas
Muria
Sidang Kasus Pemilihan Sekdes Gadon Ditunda

BLORA- Sidang kasus kebocoran soal ujian pemilihan Sekretaris Desa (Sekdes) Gadon, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Rabu (11/2), ditunda majelis hakim. Sebab, Drs Adi Purwanto MM, Kepala Bagian Pemerintahan Desa Pembina Setda, yang seharusnya menjadi saksi dalam sidang itu tidak hadir.

pembatas Muria
Cabuli Mahasiswi, Dukun Dihajar Massa

REMBANG - Sofyan (40) yang dikenal sebagai dukun dihajar massa hingga babak belur dan nyaris dibakar hidup-hidup karena dituduh mencabuli seorang mahasiswi. Kejadian itu berlangsung pada Rabu dini hari kemarin sekitar pukul 03.00 di Desa Sumbergirang Kecamatan Lasem.

pembatas
Muria
Tiga Ha Rumput Laut Rusak Diterjang Badai

JEPARA - Masyarakat Pulau Karimunjawa boleh merasa gembira dan bangga. Pasalnya, Kecamatan Karimunjawa yang merupakan bagian dari Kabupaten Jepara kini sudah memiliki sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kecil, yang khusus berkecimpung dalam budidaya rumput laut.

pembatas Muria
Guru Caleg Sudah Berhenti

PATI-Kepala SD Payang 2, Kecamatan Pati, Siti Maisyaroh menyatakan tidak tahu bahwa salah seorang guru di sekolahnya yang mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) sudah mengajukan permohonan berhenti. Sebab, sampai sekarang guru tersebut masih mengajar murid kelas III.

pembatas
Muria
Korban Pemerasan Bertambah

PATI-Setelah Susilo alias Le, tersangka pemerasan disertai ancaman ditangkap Tim Buser Polres Pati, kini sejumlah korban berani melaporkan kasus itu. Semua korban itu warga asal Desa Bakaran Wetan, Kecamatan Juwana, Pati.

pembatas Muria
Pendapatan Menurun, Sopir Angkota Mengeluh

KUDUS-Sungguh menyedihkan nasib para sopir angkutan kota (angkota) di Kudus. Sudah beberapa bulan ini pendapatan mereka merosot drastis. Bahkan, tak jarang di antara mereka terpaksa tekor untuk menutup target setoran.

pembatas
Kedu & DIY
Jalan Selatan-Selatan Banyak yang Rusak

KEBUMEN - Jalan Selatan-Selatan Jateng di jalur pesisir Kebumen, saat ini mulai rusak. Sepanjang jalan mulai Puring ke timur lewat Petanahan, Klirong, Buluspesantren sampai Mirit, banyak yang berlubang.

pembatas Kedu & DIY
PSK Kena Razia Didenda Rp 100.000

YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Ketertiban berkerja sama dengan Kepolisian Kota Besar (Poltabes) melakukan langkah rutin menggelar razia penyakit masyakarat terutama terhadap para pekerja seks komersial (PSK).

pembatas
Kedu & DIY
"DPR Jadi Lahan Cari Kerja"

PURWOREJO - Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jawa Tengah Cabang Purworejo H Imam Abu Yusuf SH menilai, lembaga legislatif berkesan menjadi lahan mencari uang dan tempat mencari kerja. Merebaknya usulan uang pesangon atau dana purnabakti yang mencapai ratusan juta.

pembatas Kedu & DIY
Kasus Penganiayaan Massa Direka Ulang

WONOSOBO - Kematian Darsono (35) asal Lampung, Sumatra yang dianiaya belasan warga Desa Mirombo, Rojoimo, Wonosobo, Rabu kemarin direka ulang. Dengan berbagai pertimbangan, reka ulang tidak dilakukan di tempat kejadian. Reka ulang itu disaksikan pula oleh belasan keluarga tersangka.

pembatas
Kedu & DIY
Caleg Kota Magelang Akan Dikirab

MAGELANG- Untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat, KPU Kota Magelang akan mengirab 219 calon anggota legislatif (caleg) yang diajukan 21 partai politik peserta pemilu di kota ini. Kirab akan dilaksanakan Sabtu (14/2) dengan start di alun-alun,

pembatas Kedu & DIY
Membangun Perlu Kedamaian

MAGELANG - Indonesia diperintah oleh partai politik besar yang semula diyakini dapat menjadi alat pemersatu. Kenyataannya, partai besar selama ini tidak banyak berbuat untuk mengatasi permasalahan negara.

pembatas
Kedu & DIY
BEM Se-DIY Desak MA Putuskan Kasus Akbar

YOGYAKARTA - Ratusan mahasiswa kemarin mengusung puluhan poster yang berisi desakan agar MA segera memutus kasus Akbar Tandjung yang telah diputus pidana oleh PN dan PT Jakarta.

pembatas Kedu & DIY
Diusut jika Ada Unsur Pidana

BOROBUDUR - Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang mengagendakan kasus terima dana Rp 170 juta dari calon bupati untuk dipelajari ada atau tidaknya delik pidana dalam perkara tersebut.

pembatas
Kedu & DIY
Petani Tembakau Beralih Tanam Jagung

TEMANGGUNG - Uji coba tanaman jagung jenis komposit dan lamuru ternyata menarik perhatian petani Desa Langgeng Kecamatan Tlogomulyo, Temanggung. Mereka bahkan berencana mengalihkan tanaman tembakau ke jagung.

pembatas Banyumas
Lagi, Mayat TKI Dikirim Pulang


CILACAP - Satu lagi tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Cilacap dikirim dalam keadaan menjadi mayat. Kali ini TKI malang tersebut bernama Marsiman (22), warga Desa Banjarsari RT 2 RW 4 Nusawungu, Cilacap.

pembatas
Banyumas
Soal Pembangunan SPBU Mini
Bendaharawan Gaji Hanya Membantu

BANJARNEGARA - Ketua KPRI Amal Bhati Kantor Depag Banjarnegara M Setiyadi SPd menegaskan, koperasi tak memotong gaji PNS instansi itu. Pihaknya hanya meminta bendaharawan Kantor Depag membantu menerima iuran dari anggota di lingkungan instansi.

pembatas Banyumas
Menjadi Panwas Perlu Seni Tersendiri

''Semua harus berangkat dari sifat istikamah (konsisten). Tetap pada pendirian awal dan tidak memihak. Bila ini dipegang teguh, maka aturan tetap akan bisa ditegakkan.'' Itulah prinsip yang dipegang kuat Muhammad Fauzan SH MH dalam bekerja sebagai Ketua Panwas Pemilu Purbalingga.

pembatas
Banyumas
Panwas Kecamatan Minta Tambahan Honor

BANJARNEGARA - Beberapa Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan, kemarin mengadu ke DPRD. Mereka minta dukungan Dewan agar mendesak Pemkab mengalokasikan tambahan dana untuk biaya operasional Panwas Kecamatan yang bersumber dari APBD 2004.

pembatas Banyumas
Klarifikasi soal Ijazah
Panwas Panggil Fran Lukman

CILACAP- Ketua DPC PDI-P Cilacap, H Fran Lukman, sebagai calon anggota legislatif (caleg), Rabu (11/2), dipanggil ke Kantor Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwas Pemilu), Jalan Jenderal Soedirman, Cilacap. Pemanggilan itu berkait dengan surat pengaduan dari Pujianto tentang pemalsuan ijazah yang dikirim ke Panwas Pemilu 30 Januari 2004.

pembatas
Banyumas
Kader Golkar Deklarasikan Gerakan ABG

CILACAP - Sebanyak 19 Pengurus Kecamatan (PK) Partai Golkar di Kabupaten Cilacap, belum lama ini mendeklarasikan gerakan moral Asal Bukan Golkar (ABG). Ke-19 PK yang melakukan gerakan moral ABG itu adalah pendukung Ketua DPD Partai Golkar versi Musda, Drs H Soetoro Ronoseputro MM.

pembatas Banyumas
Pemangkasan Sejumlah Pohon Diintensifkan

PURWOKERTO- Dinas Cipta Karya Kabupaten Banyumas, kemarin, mengintensifkan pemotongan sejumlah pohon peneduh di jalan dan tempat umum yang mengancam keselamatan pengguna jalan. Langkah itu ditempuh setelah muncul kritik dari DPRD beberapa waktu lalu.

pembatas
Banyumas
Kedungmalang Resmi Jadi Desa Definitif

BANYUMAS-Penantian cukup panjang warga Desa Persiapan Kedungmalang, Kecamatan Sumbang, Banyumas, untuk mewujubkan desa definitif membuahkan hasil. Desa itu kemarin secara resmi ditetapkan sebagai desa mandiri dalam sidang paripurna DPRD.

pembatas Banyumas
Lima PTN di Jateng-DIY Belum Siap Jadi BHMN

PURWOKERTO - Lima perguruan tinggi negeri (PTN) di Jateng dan DIY menyatakan belum siap kalau kampusnya dijadikan Perguruan Tinggi (PT) Berbadan Hukum Milik Negara (BHMN) oleh pemerintah. Di wilayah ini baru kampus UGM yang telah memulai menjadi PT BHMN.

pembatas
Banyumas
Biar Tahu Susahnya Petani
Istri Pejabat Turun ke Sawah Tanam Padi

RABU siang kemarin, di belakang rumah Drs H Sunarto di Kelurahan Pabuwaran, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, ada pemandangan yang berbeda. Pada sepetak sawah yang siap ditanami padi itu terlihat ibu-ibu turun ke sawah untuk tandur (tanam) bibit padi.

pembatas Banyumas
Diduga Curi Start Kampanye Kader PAN Jadi Tersangka

PURWOKERTO - Kader Partai Amanat Nasional (PAN) dari Rawalo, Banyumas, Hj Patriyah (50), menjadi tersangka tindak pidana pelanggaran kampanye Pemilu 2004. Berkas pemeriksaan terhadap dia sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Purwokerto, Rabu kemarin.

pembatas
Banyumas
Ijazah Palsu Caleg Diselidiki

PURWOKERTO - Meski tidak ada laporan resmi dari KPU dan Panwas Pemilu Kabupaten, Polres Banyumas kini tengah menyelidiki indikasi penggunaan ijazah palsu oleh sejumlah calon anggota lembaga legislatif (caleg).


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional | Liputan Pemilu
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA