SUARA MERDEKA

Line
 INDEKS BERITA HARI INI Rabu, 28 Januari 2004 
Line


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional | Liputan Pemilu
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin

SEMARANG

Jembatan Tinjomoyo Ambrol
  • Kebun Binatang Ditutup

GUNUNGPATI - Jembatan Tinjomoyo yang merupakan jalur utama ke Taman Margaraya Tinjomoyo, Senin (27/1) malam, ambrol. Peristiwa itu terjadi setelah debit air Kaligarang meningkat akibat hujan deras yang mengguyur di Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang, atau di sekitar sungai tersebut.

pembatas Kecelakaan di Jl Kedungmundu
Identitas Sopir Taksi Sudah Diketahui

SEMARANG - Identitas sopir taksi yang menabrak suami-istri berboncengan sepeda motor di Jl Kedungmundu Raya, depan bengkel las kenteng Karya Husada, Minggu (25/1) lalu, kemarin sudah diketahui. Namun demikian, aparat Satlantas Polwiltabes Semarang masih melakukan pengejaran terhadap pengemudi tersebut.

pembatas
Wali Kota Diminta Rajin Baca "Piye Jal"

SEMARANG - Wali kota harus rajin membaca "Piye Jal" (sebuah rubrik di Suara Merdeka-Red) jika ingin mengetahui persoalan sebenarnya di Semarang. Ungkapan polos dari masyarakat lewat rubrik itu menjadi pelajaran bagi Wali Kota selama memimpin Semarang.

pembatas Kebersihan Pasar Perlu Dilombakan

KONDISI pasar tradisional masih dinilai memprihatinkan oleh anggota DPRD Kota. Lebih-lebih, alokasi anggaran yang dikucurkan untuk merenovasi atau membuat pasar tradisional agar menjadi lebih baik ternyata sangat minim.

pembatas
Gelapkan Uang Rp 75 Juta Dituntut 3 Tahun

SEMARANG -Sri Erni Wiarti (33) mantan manager PT Sinar Makro Pesona Sejahtera (SMS) Cabang Semarang dituntut 3 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dyah Retnowati Astuti SH di Pengadilan Negeri (PN) Semarang. Dia didakwa melakukan penggelapan uang perusahaan senilai Rp 75.471.190.

pembatas Angkot Karangayu-Penggaron Terlalu Banyak
  • Peremajaan Kendaraan Dipertanyakan

SEMARANG- Ratusan awak angkutan kota jurusan Karangayu-Penggaron, Selasa (27/1) mogok. Mereka meminta Dinas Pehubungan Kota Semarang memberikan penjelasan tentang jumlah angkutan umum yang beroperasi di jalur tersebut.

pembatas
Pemanfaatan Bahasa Daerah Bisa Munculkan Keangkuhan

SEMARANG - Pemanfaatan bahasa daerah di media massa berbahasa Indonesia secara membabi buta bisa memunculkan keangkuhan subkultur. Keangkuhan tersebut, pada tingkat tertentu, tidak hanya menimbulkan prasangka pendukung subkultur lain, tetapi bisa pula merobek keutuhan bahasa persatuan. Padahal, satu-satunya alat perekat bangsa ini yang masih utuh adalah bahasa Indonesia.

pembatas PMI Menghadapi Berbagai Tantangan

SEMARANG - PMI Cabang Semarang mengadakan Musyawarah Kerja (musker), Selasa (27/1) di aula UTDC PMI Lantai III Kota Semarang. Acara itu dibuka oleh Asisten I Drs H Farchani. Musker yang diadakan setiap tahun ini, merupakan forum evaluasi pelaksanaan program kerja tahun sebelumnya, sekaligus merumuskan program kerja dan anggaran pendapatan dan belanja tahun berikutnya.

pembatas
Mantan Direktur Dituntut Setahun

SEMARANG- Henry Pitana (47), mantan Direktur PT Papandayan Cipta Permai bertempat tinggal di Jalan Papandayan, Gajahmungkur, dituntut hukuman 1 tahun penjara. Jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri Semarang Dewi Apriliyani SH mengatakan, terdakwa memberikan keterangan palsu kepada polisi mengenai surat kehilangan sertifikat tanah untuk membuat sertifikat baru.

pembatas Tukang Becak Curi 20 Zak Semen

SEMARANG TENGAH- Dua lelaki ditangkap aparat Unit Jatanras Polwiltabes karena mencuri 20 zak semen di gudang proyek sebuah sekolah di Jl Ki Mangunsarkoro. Seorang di antaranya adalah tukang becak yang sering mangkal di sekitar jalan itu, yakni Agus Santoso (33) warga Jl Condrorejo, Pedurungan. Satu tersangka lainnya adalah Joko Purnomo (28) tinggal di Jl Jagalan I Semarang yang juga penjaga malam di lingkungan sekitar lokasi kejadian.

pembatas
Awak Bus Kembali Unjuk Rasa
  • Tuntut Jalan Masuk Terboyo Dibeton

GENUK - Puluhan awak bus antarkota dalam provinsi (AKDP) jurusan Semarang-Jepara menggelar unjuk rasa di kompleks Terminal Induk Terboyo, Selasa (27/1).

pembatas Undip Lepas 255 Lulusan Pascasarjana

SEMARANG-Universitas Diponegoro (Undip) melepas 255 lulusan Program Pascasarjana pada upacara hari pertama Wisuda Ke-93 di Auditorium Kampus Pleburan, Selasa (27/1). Mereka terdiri atas 200 magister, 19 dokter spesialis, 35 lulusan program profesi dan seorang doktor.

pembatas
Gelapkan Puluhan Juta untuk Berjudi

SEMARANG BARAT - Dua salesman sebuah perusahaan farmasi yang berkantor di Kawasan Industri Candi Ngaliyan ditahan aparat Polres Semarang Barat karena menggelapkan uang puluhan juta rupiah. Mereka yaitu Kasiyanto (37), warga Wonodri Kopen Semarang dan Warmat (41), penduduk Desa Lemah Ireng, Bawen, Kabupaten Semarang.

pembatas Jalan Sejauh 1.264 Km
Wali Kota Masuk Rekor Muri

BALAI KOTA- Kegiatan Wali Kota H Sukawi Sutarip jalan-jalan setiap Minggu di 177 kelurahan di Kota Semarang mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri). Kegiatan yang dilakukan tahun 2000 - 2003 itu sudah menempuh jarak 1.264 kilometer.

pembatas
Pisau untuk Membuka Botol Dipakai Menusuk Teman

SEMARANG- Sidang pembunuhan terhadap Arif Kiswanto (16), warga Ngaglik Lor, Tawangmas, kemarin digelar di Pengadilan Negeri Semarang. Ketua majelis Ch Kristi Purnamiwulan SH dan jaksa Slamet Margono SH menghadirkan saksi seorang rekan main terdakwa, Eko Supriyanto (18).

pembatas Bayar Pajak Restoran, Dapat Hadiah Motor

BALAI KOTA- Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Kota Semarang, Selasa (27/1) menyerahkan penghargaan kepada beberapa konsumen restoran. Mereka mendapat berbagai hadiah, antara lain sepeda motor dan mini compo. Warga yang beruntung, antara lain Jumiati, warga Jl Kalingga Srondol dan Hadi Yulianto warga Jl Tambak Mas.

pembatas
Gubernur Shalat Id di Masjid Agung

SEMARANG- Gubernur H Mardiyanto akan menunaikan shalat Idul Adha 1424H di Masjid Agung Jateng, Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Minggu (1/2). Selain Gubernur, menurut Ketua Badan Pengelola Masjid Agung Drs H Achmad, Pemimpin Umum Suara Merdeka Ir H Budi Santoso dan Direktur Kukrit Surya Wicaksono MBA, Wali Kota Semarang H Sukawi Sutarip SH juga akan shalat di masjid yang megah itu.

pembatas Khitanan Massal Harlah NU

SEMARANG- Dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) Ke-78, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng bekerja sama dengan Serulingmas Semarang, Kamis (29/1) mengadakan khitanan massal dan donor darah. Ketua Panitia Suryanto Dwi Cahyo SE menjelaskan, acara dimulai pukul 13.00 di Kantor Jalan Dokter Cipto 180 Semarang. ''Hingga kemarin, sudah tercatat 30 peserta khitanan massal dan 100 calon pendonor darah,'' jelasnya.

pembatas
Dapat Uang Palsu, Lapor

SEMARANG- Mus'af (35), pedagang bahan kebutuhan pokok di Pasar Bugangan, Semarang, kemarin melapor ke polisi lantaran mendapatkan dua lembar uang palsu pecahan Rp 50.000. Uang tersebut diperkirakan dari orang yang membeli barang di kiosnya.

pembatas Bupati dan Sekda Saling Lempar
  • Soal Pesangon Anggota DPRD

UNGARAN- Bupati H Bambang Guritno SE mengaku tidak tahu-menahu soal anggaran dana purnabakti bagi 45 anggota DPRD senilai Rp 1,125 miliar.

pembatas
Longsor, Hanya Bisa Dilalui Searah

GROBOGAN- Badan jalan Grobogan-Blora di kilometer 26 yang longsor kini hanya bisa dilalui satu arah saja. Beberapa warga sekitar Desa Jakenan, Kelurahan Trowolu, Kecamatan Ngaringan membantu para pengguna jalan yang akan lewat. Mereka meminta uang sukarela kepada orang-orang yang lewat. Jalan itu satu-satunya penghubung antara Kabupaten Grobogan dan Blora. Menurut warga, arus lalu lintas di jalur itu cukup tinggi.

pembatas Sewa Dasaran Garebek Ditarget Rp 95 Juta

DEMAK- Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Demak menargetkan pemasukan dari sewa tempat dasaran di arena Garebek Besar tahun ini Rp 95 juta lebih. ''Selama Garebek Besar ini kami optimistis target pendapatan dari sewa tempat dasaran terpenuhi,'' kata Kepala Dinas Pendapatan daerah Drs H Sunaryo Sulkhan MM, Selasa (27/1).

pembatas
Lima Pemuda Hanyut di Sungai Bodri
  • Satu Belum Ditemukan

KENDAL-Banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Limbangan, Senin (26/1), sekitar pukul 15.30 berimbas ke daerah hilir. Air bah dari Sungai Moyo di Kecamatan Limbangan mengalir ke Kali Bodri, sehingga debit air yang masuk ke sungai di wilayah Kendal bagian bawah ini bertambah.

pembatas Kondisi Jalan Memprihatinkan

GROBOGAN- Kondisi sejumlah jalan di Kabupaten Grobogan memprihatinkan. Beberapa di antaranya berlubang dan bergelombang. Akibatnya para pengguna jalan kurang nyaman. ''Dari sekitar 625 kilometer jalan di Kabupaten Grobogan hampir semuanya bergelombang karena kondisi tanahnya labil dan itu cukup merata,'' kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Jalan dan Jembatan, Ir Rudi Atmoko, Selasa (27/1).

pembatas
Anggaran KPU Rp 11 M Dinilai Tak Realistis

UNGARAN- Bupati Semarang H Bambang Guritno mengatakan, usulan anggaran Komite Pemilihan Umum (KPU) Rp 18 miliar yang kemudian direvisi menjadi Rp 11 miliar, tidak realistis.

pembatas KPU Kendal Coret 30 Caleg

KENDAL- Dari hasil penelitian lapangan dan dokumen terhadap 291 berkas calon anggota legislatif (caleg) yang diajukan 23 parpol ke KPU Kendal, 30 orang di antaranya dinyatakan tidak bisa menjadi caleg.

pembatas
Unsur Pers Ancam Tarik Diri

SALATIGA - Budi Widiyanto Heru Santoso (36), anggota Panwas Pemilu Kota Salatiga dari unsur pers, mengancam akan menarik diri. Sebab, sejak sebulan lalu dia merasa tak diuwongke.

pembatas Masih Banyak Pegawai Kecamatan Datang Terlambat, Pulang Lebih Awal

DEMAK- Bupati Demak Endang Setyaningdyah mengingatkan, beberapa pelanggaran disiplin pegawai belum ditangani sebagaimana mestinya.


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional | Liputan Pemilu
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA