logo SUARA MERDEKA

Line
 INDEKS BERITA HARI INI Selasa, 27 Januari 2004 
Line


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional | Liputan Pemilu
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin

JAWA TENGAH

Pantura
Jembatan Sungai Welo Terbengkalai
  • Menunggu Besi dari Jakarta

KAJEN - Jembatan di Sungai Welo Desa Dororejo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, sejak Maret 2003 dibongkar. Namun hingga kini dibiarkan terbengkalai. Akibatnya, warga sekitar kesulitan memasarkan hasil bumi.

pembatas Pantura
Achmad Zainudin Gagal Terbang Menjelang Berangkat

MINGGU pagi pukul 04.00, puluhan orang sudah mulai berdatangan ke rumah Achmad Zainudin MZ SSos di Podosugih, Gang Rukun, Kota Pekalongan. Bahkan tujuh mobil telah disiapkan di dekat rumahnya. Semua itu untuk melepas Kepala Kantor Pemberdayaan Kota Pekalongan berangkat haji.

pembatas
Pantura
Gerakan Penolakan Politikus Busuk
"Wakil Rakyat" Disumpal Uang

PEMALANG - Puluhan pemuda yang menamakan diri Serikat Rakyat Pemalang mengadakan aksi menolak politikus busuk di depan Gedung DPRD dan KPU, kemarin. Mereka berjalan kaki dari alun-alun sembari membawa sejumlah poster dan spanduk berisi kritik pedas kepada wakil rakyat.

pembatas Pantura
Pelantikan Sutadi Menjadi Sekda Tunggu Persetujuan Pimpinan DPRD

BATANG - Calon Sekda Batang makin mengerucut. Bupati Bambang Bintoro SE mengirim surat ke pimpinan DPRD untuk mendapat persetujuan pengangkatan Sutadi SH MM. Surat itu sudah dikirim seminggu lalu. Bupati berharap pimpinan DPRD segera membalas surat itu.

pembatas
Pantura
Perhutani Dukung Deklarasi Masyarakat Petungkriyono

KAJEN - Rencana deklarasi masyarakat Petungkriyono untuk menghentikan perusakan hutan didukung Perum Perhutani KPH Pekalongan Timur. Sebab, masyarakat di sekitar hutan merupakan subjek yang harus diikutsertakan dalam pelestarian hutan.

pembatas Pantura
DPD PDI-P Minta Klarifikasi PAC

TEGAL - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-P terlihat serius menangani kemelut yang terjadi di tubuh PDI-P Kota Tegal, pascapemilihan wali kota. Sebab DPP melalui Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jateng, kini melakukan investigasi untuk mengumpulkan data mengenai kronologi kejadian sebelum pemilihan sampai terjadinya pembakaran mobil satgas dan atribut partai.

pembatas
Pantura
KPU Dinilai Tendensius

BATANG - Forum Komunikasi Pemerhati Pencalonan Anggota Legislatif Kabupaten Batang yang anggotanya semua PNS di lingkungan Pemda, kemarin mendatangi kantor KPU. Kedatangan mereka bertujuan mengklarifikasi adanya persyaratan administrasi calon anggota legislatif yang diduga berijazah palsu.

pembatas Pantura
Nomor Urut Caleg Munculkan Benturan

BREBES- Meski belum final, penetapan nomor urut calon legislatif dari partai politik ke KPU, kini banyak memunculkan protes dari masyarakat dan tokoh intern partai. Bahkan di antara mereka ada yang berani mencela tim penyaringan caleg partai dengan tuduhan arogan dan tidak memiliki naluri perjuangan.

pembatas
Pantura
Anggota DPRD Tewas Tersengat Aliran Listrik

SLAWI - Kejadian tragis kemarin sekitar pukul 05.00 menimpa H Sajudi (55). Anggota DPRD Kabupaten Tegal dari Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) itu tewas tersengat listrik. Meninggalnya lelaki murah senyum yang sangat dekat dengan berbagai kalangan itu sangat mengejutkan warga Desa Jejeg, Kecamatan Bumijawa.

pembatas Muria
Caleg PDI-P Tersangka Korupsi APBD
  • Belum Dicoret dari Daftar

JEPARA- Calon anggota legislatif dari PDI-P, Sugiyanto BA, diduga korupsi. Dia dituduh menyalahgunakan wewenang keuangan partai. Dia pun telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri. Status tersangka secara resmi disampaikan Jaksa Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri AH Ohoi SH, kemarin.

pembatas
Muria
Panwas Tegur Keras PDI-P
  • Dinilai Sudah Lakukan Kampanye

PATI-Melalui keputusan rapat pleno, Senin (26/1) siang kemarin, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwas Pemilu) Kabupaten Pati, melayangkan surat teguran keras kepada Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri.

pembatas Muria
Talud Akan Diresmikan Ambrol
  • Masih Jadi Tanggungan Pemborong

JEPARA- Talud Kali Kanal dan Kali Wiso kota Jepara yang ambrol Sabtu (24/1) termasuk proyek pengairan yang akan diresmikan pada 5 Februari mendatang. Karena kerusakan akibat terjangan banjir terjadi sebelum ada penyerahan kepada Pemkab, risiko kerusakan masih menjadi tanggungan pemborong.

pembatas
Muria
Bandengan Akan Dijadikan Objek Wisata Internasional

JEPARA- Pantai Tirto Samudra Bandengan Jepara rupanya dilirik investor untuk dijadikan kawasan objek wisata bertaraf internasional. Keinginan untuk menata dan mengembangkan pantai tersebut dikemukakan Pimpinan PT Citra Langgeng Arta Ir Djoenaedy dalam ekspos dan presentasi di Ruang Rapat Sekda I Pemkab Jepara, Sabtu (24/1) lalu.

pembatas Muria
Camat Diminta Usut Dugaan Ijazah Palsu Kepala Dusun

BLORA - Pemerintah Kabupaten Blora menunjuk Camat Todanan untuk mengusut dugaan penggunaan ijazah palsu dalam pemilihan Kepala Dusun Tawang, Desa Sambeng. Sebab, masih banyak elemen masyarakat mempertanyakan keaslian ijazah salah seorang calon kepala dusun.

pembatas
Muria
"Ajudan" Kapolres Minta Uang Rp 25 Juta

PATI- Reza, yang mengaku ajudan Kapolres Pati Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Drs Tonny Hartono, Senin (26/1) kemarin, menghubungi Ketua DPD Partai Golkar, H Poernomo. Dia meminta uang Rp 25 juta untuk mengirim pasukan.

pembatas Muria
Melongok Kejar Paket B Ponpes Hidayatussalam II
"Yang Penting Bukan Besar-Kecil Honornya..."

WIWIEK Kurniati (28), ibu dua anak itu boleh merasa bangga. Pasalnya, dia yang warga Desa Raum, Kecamatan Kedung, Jepara itu semula hanya tamatan Madrasah Ibtidaiyah (MI) tahun 1981.

pembatas
Muria
Delapan Caleg Mengundurkan Diri

REMBANG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang telah menerima surat pengunduran diri delapan caleg. Mereka itu dari PPP dan PDI-P, masing masing empat orang. Ketua KPU Drs Ismail Husnan menjelaskan, kedelapan caleg yang mundur tersebut Chafidin Kastur, Maskur, H Supadi, Asy'ari (dari PPP),

pembatas Kedu & DIY
Pemkab Didesak Siagakan Tim Keamanan Pantai

KEBUMEN - Kecelakaan laut yang kerap terjadi di Pantai Pedalen, Kecamatan Ayah, Kebumen, membuat prihatin berbagai pihak. Termasuk, Tim SAR Walet Perkasa milik nelayan Kecamatan Ayah.

pembatas
Kedu & DIY
Buku Balai Pustaka Ditelaah

WONOSOBO - Kepala Dinas Pendidikan Nasional Wonosobo, Djohariman SPd, meminta buku yang akan dijadikan pegangan siswa adalah buku bermutu dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Namun buku itu pun menarik dibaca dan digemari siswa.

pembatas Kedu & DIY
Mahasiswa Soroti Rehabilitasi Hutan

YOGYAKARTA- Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Relawan untuk Penyelamatan Alam (Arupa) Yogyakarta unjuk rasa dan menggelar happening art di bundaran Bulaksumur UGM Yogyakarta.

pembatas
Kedu & DIY
PNS di Magelang Tidak "Digiring" ke PDI-P

MAGELANG-Netralitas pegawai negeri sipil (PNS) Pemkot Magelang pada pemilu mendatang disosialisasikan Wali Kota H Fahriyanto. ''Kalau tidak salah sudah tiga kali saya menyampaikan permintaan seperti ini,'' ujarnya saat melantik pejabat eselon II, III, dan IV di Gedung DPRD lama.

pembatas Kedu & DIY
Belajar Kebersamaan Bersama Petani

SEBENARNYA apa hubungan antara para pemuka agama Katolik dan para petani di Dusun Wonosari, Desa Mangunsari, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang? Terlepas dari masalah agama, ternyata keduanya saling membutuhkan dan saling mengisi.

pembatas
Kedu & DIY
Dukun Cabul Diamankan

KEBUMEN-Mugi Santoso (34), lelaki yang praktik sebagai juru penyembuh di Jl HM Sarbini 40 B Kebumen, diamankan Polsek setempat. Lelaki itu diadukan memaksa dan menggerayangi pasiennya. Korban, sebut saja Ny Meri (32), asal Desa Kalijaya, Kecamatan Alian.

pembatas Kedu & DIY
PDAM Kekurangan Air, Pelanggan Mengeluh

KEBUMEN- PDAM Kebumen mengalami kekurangan debit 20 liter/detik. Idealnya, debit normal 100 liter/detik, tapi hanya ada 80 liter/detik. Akibatnya, 16.000-an pelanggan masih kesulitan air bersih.

pembatas
Kedu & DIY
Pesangon Anggota DPRD Purworejo Rp 20 Juta/Orang

PURWOREJO - DPRD Purworejo menetapkan secara resmi APBD 2004, Senin kemarin. Pada bagian akhirnya, semua fraksi tidak menyinggung secara nyata tentang pesangon bagi anggota Dewan. Dengan demikian, dipastikan pesangon mereka seperti rencana semula yakni Rp 20 juta/orang.

pembatas Kedu & DIY
Kabur dari Tahanan Gunakan Tali dari Celana

WONOSOBO-Tiga orang tahanan yang kabur dari rumah tahanan negara (Rutan) Wonosobo, diduga kuat menggunakan tali yang terbuat dari dua celana dan dua kaus. Tali itu saling dililitkan satu dengan lainnya. Barang tersebut digunakan untuk memanjat pagar tembok yang cukup tinggi.

pembatas
Kedu & DIY
39 Orang Diseleksi KPID

YOGYAKARTA - Tim Pemantau Independen Pelaksanaan Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DIY mengungkapkan, dari 39 nama yang terdaftar, hanya 15 orang yang layak dicalonkan. Selebihnya, terganjal oleh berbagai hal.

pembatas Kedu & DIY
Calon Anggota DPD DIY Dibebaskan

BANTUL- Rasa lega dirasakan seorang calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi DIY, Ir Yuventus Untung Sudarmono (52). Warga Desa Ambarukmo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman itu dibebaskan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Bantul dalam kasus dugaan dukungan palsu terhadap pencalonannya.

pembatas
Kedu & DIY
Ribuan Domba Dikirim Ke Jakarta

WONOSOBO- Menjelang Hari Raya Kurban (Idul Adha), ribuan ekor kambing dari desa-desa di Kecamatan Kalibawang Wonosobo dikirim ke Jabar dan Jakarta. Informasi yang dihimpun kemarin menyebutkan, delapan desa di Kecamatan Kalibawang, khususnya Desa Dempel dan Desa Depok,

pembatas Kedu & DIY
Perangkat Boleh Kampanye Asal Cuti

BOROBUDUR - Perangkat desa di Kabupaten Magelang diperbolehkan menjadi calon legislatif (caleg). Akan tetapi selama kampanye, mereka diwajibkan cuti dari pekerjaannya sebagai pejabat publik. ''Bupati mengatur begitu. Tiga kepala desa (kades) yang menjadi caleg adalah Ibnu dan Bagio dari Pakis, serta Hendro dari Grabag.

pembatas
Kedu & DIY
HMI Mosi Tidak Percaya Pemilu

YOGYAKARTA - Puluhan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Korkom UII Yogyakarta unjuk rasa, Senin (26/1). Mereka menyatakan mosi tidak percaya terhadap pemilihan umum (pemilu) dan menolak kemunculan politikus busuk ke panggung politik nasional.

pembatas Kedu & DIY
10 Caleg Bermasalah

TEMANGGUNG - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwas Pemilu) Kabupaten Temanggung menduga ada 14 calon legislatif bermasalah. Sebab, persyaratan yang diserahkan ke KPU tidak lengkap, terutama soal ijazah. Bahkan beberapa diduga bekas anggota organisasi terlarang.

pembatas
Kedu & DIY
Lolos Uji Publik
Singgih-Hartono Ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati

BOROBUDUR- Ir Singgih Sanyoto-Drs H Hartono, Senin (26/1), ditetapkan menjadi bupati dan wakil bupati terpilih periode 2004-2009 dalam rapat paripurna khusus DPRD Kabupaten Magelang. Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD H Muslim Ismail.

pembatas Banyumas
Dua Desa Dilanda Lisus, 81 Rumah Rusak
  • Kerugian Mencapai Rp 260 Juta

CILACAP - Angin lisus, Minggu (25/1) lalu, melanda Desa Kawunganten dan Bojong, Kecamatan Kawunganten. Akibatnya, 81 rumah rusak. Enam rumah bahkan roboh. Sedikitnya enam orang terluka parah.

pembatas
Banyumas
KPU Sahkan Berkas Kelompok Herman

PURWOKERTO - Menyikapi adanya dua versi daftar calon anggota legislatif (caleg) PDI-P, KPU Banyumas akhirnya mengambil kesimpulan mengakui daftar caleg yang diajukan Herman selaku Ketua DPC PDI-P.

pembatas Banyumas
Awak Coak Protes Trayek Baru Angkudes

BANJARNEGARA- Puluhan awak coak (mobil bak terbuka) mendatangi Kantor Dinas Perhubungan dan Pariwisata (Dishupar) Jalan Selomanik, kemarin. Para sopir dan kernet yang tergabung dalam Proyek-Kejobong (Projo) itu keberatan terhadap pembukaan trayek baru angkutan pedesaan (angkudes).

pembatas
Banyumas
APB Minta Prakualifikasi Pengadaan Gabah Transparan

BANYUMAS- Kontraktor beras yang tergabung dalam Asosiasi Pengadaan Gabah (APB) eks Karesidenan Banyumas meminta proses prakualifikasi pengadaan gabah periode 2004 dilaksanakan secara transparan. Permintaan itu mereka sampaikan ke pemerintah kabupaten dan Perum Bulog Divre IV Wilayah Banyumas.

pembatas Banyumas
Dua Lelaki Tewas Mengenaskan

BANYUMAS- Slamet (43), warga Desa Batuanten, Cilongok, Banyumas, Sabtu (24/1), ditemukan tewas mengenaskan di parit tak jauh dari rumahnya. Kapolsek Cilongok Iptu Susanto mengatakan, mayat Slamet ditemukan Sumarni (39), tetangganya, dengan posisi telungkup. Tangannya memegang kabel yang beraliran listrik.

pembatas
Banyumas
Radio SAL FM Diambil Alih Pemerintah

PURBALINGGA- Radio SAL FM di Jalan Jambukarang, di samping Kantor Bappeda, selama ini dikelola swasta. Namun dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten akan mengambil alih.

pembatas Banyumas
PNS yang Tak Netral Kena Sanksi

PURWOKERTO-Dalam menyikapi proses Pemilu 2004, semua pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Banyumas harus bisa bersikap netral. Bila ada PNS yang terbukti condong atau berpihak kepada partai tertentu, tidak menutup kemungkinan akan diberi sanksi.

pembatas
Banyumas
Nasib Gula Aren Tak Semanis Gula Putih

Dusun Kaligintung, Desa Pringamba, Kecamatan Sigaluh, Selasa (20/1) pekan lalu, dilanda lisus. Ternyata dusun itu dikenal sebagai penghasil gula aren (gula merah-Red). Namun produk itu sulit menembus pasar luar kota karena tersaingi gula putih.


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional | Liputan Pemilu
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA