logo SUARA MERDEKA

Line
 INDEKS BERITA HARI INI Jumat, 9 Januari 2004 
Line


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin

BERITA UTAMA

Panwas di Daerah Juga Ditekan

SEMARANG - Tekanan terhadap Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu di Jawa Tengah makin kentara. Tak hanya dialami Panwas Pemilu Jateng, tetapi juga dirasakan sejumlah Panwas Pemilu di kabupaten/kota di Jateng. Adanya tekanan tersebut dikhawatirkan akan menyebabkan pelaksanaan pemilu tidak berjalan jujur dan adil.

pembatas Bupati Rustriningsih:
Tuduhan Panwas Tendensius

KEBUMEN- Bupati Kebumen Dra Rustriningsih MSi menilai, tuduhan Ketua Panwas Pemilu Jateng soal pelanggaran kampanye tendensius. Dia berpendirian, apa yang dilakukannya selama ini bukan konsolidasi melainkan pendidikan politik bagi rakyat.

pembatas
Polri Kembali Periksa Beddu Amang

JAKARTA- Di tengah-tengah menunggu eksekusi dalam kasus korupsi tukar guling Bulog-Goro, kini mantan Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Beddu Amang harus berurusan dengan kasus lain terkait dugaan korupsi dana subsidi pengadaan pakan ternak senilai Rp 841 miliar.

pembatas Diprediksi Ekonomi Tak Terganggu Pemilu

SEMARANG - Naiknya indeks harga saham gabungan (IHSG) dari 424,945 pada akhir 2002 menjadi 725,472 pada awal 2004 ini lebih didorong oleh aliran dana global.

pembatas
"Coret Saja si Busuk"

BANDUNG-Ketua PP Muhammadiyah Prof Dr Syafi'i Maarif MA meminta KPU secara tegas harus berani mencoret nama-nama politikus bermasalah atau busuk dari daftar calon anggota legislatif (caleg).

pembatas Isaplah Daku, Kau Kuperangkap ...
  • Kampanye Partai lewat Rokok

KECERDIKAN sebagian pebisnis di produk rokok rupanya tak sia-sia menjelang kampanye partai politik ataupun calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

pembatas
Masscom Graphy Terima Sertifikat ISO 9001:2000

SEMARANG- PT Masscom Graphy Semarang menerima sertifikat ISO 9001:2000 di Ruang Rama Shinta Hotel Patra Jasa, semalam. Penerimaan sertifikat tersebut menyangkut sistem manajemen mutu yang dipersiapkan dalam waktu dua tahun.

pembatas Pelanggaran oleh Bupati Wewenang KPU dan Panwas

JAKARTA- Penanganan pelanggaran kampanye yang dilakukan kepala daerah berkaitan dengan tudingan banyaknya pejabat pemerintahan daerah tersebut berkampanye terselubung bagi partai politiknya merupakan tugas dan wewenang KPU dan panwas pemilu.

pembatas
Gratis, KB bagi Keluarga Miskin


WONOSOBO-Kepala BKKBN dr Sumarjati Aryoso SKM mengatakan, pelayanan KB bagi keluarga miskin diberikan atau dilayani secara cuma-cuma. Alat kontrasepsi pun disediakan oleh BKKBN Pusat.

pembatas Empat Saksi Diperiksa Terkait Hilangnya Detonator

JAKARTA- Polisi terus mengintensifkan pemeriksaan terhadap empat saksi terkait dengan kasus 5.796 detonator listrik yang hilang dari gudang perusahaan penambangan batu, PT Hasnur Jaya Utama Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

pembatas
Wartawan Lintas Media Tuntut Pembebasan Feri

PURWOKERTO- Solidaritas kemanusiaan dari kalangan insan pers untuk pembebasan kamerawan RCTI Feri Santoro dan warga sipil yang disandera Gerakan Aceh Mendeka (GAM) terus berlanjut. Kemarin sore, puluhan wartawan lintas media di wilayah eks Karesidenan Banyumas dan PWI Perwakilan Banyumas menggelar aksi keprihatinan di halaman RRI Purwokerto.

pembatas Upaya Pembebasan Feri Alami Kemajuan

JAKARTA-Menko Polkam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai, upaya pembebasan kamerawan RCTI Feri Santoro mengalami kemajuan. "Kontak saya tengah malam (Rabu malam-Red) tadi mengatakan bahwa upaya itu makin maju. Saya akan cek sebentar lagi. Namun yang jelas, tadi malam (Rabu malam-Red) mereka berencana maju ke depan, ke Lhokseumawe."

pembatas
Kasus Beras, Bupati Sampang Diputus Bebas

SURABAYA- Sidang perkara kasus korupsi di Pengadilan Negeri (PN) Kota Surabaya, kemarin terlihat lain dari biasanya. Sebab, terdakwanya adalah Bupati Sampang Fadhilah Budiono, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sampang Asyhar, dan Direktur CV Amin Jaya Ir Aminuddin.

pembatas TPM Cari Bukti Baru untuk PK Amrozi

DENPASAR- Tim Pembela Muslim (TPM) yang mendampingi Amrozi bin Nurhasyim (41), terpidana mati kasus peledakan bom di Bali, kini tengah mengumpulkan bukti-bukti baru yang dapat dijadikan dasar untuk mengajukan peninjauan kembali (PK) atas perkara yang dihadapi kliennya.

pembatas
Tiga Kemungkinan Kondisi Soeharto

JAKARTA-Rencana pemeriksaan kembali kondisi kesehatan mantan presiden Soeharto diminta jangan dibesar-besarkan. Upaya tersebut adalah hal yang wajar dilakukan Kejaksaan Agung (Kejakgung) untuk menjawab pertanyaan yang masih mengganjal di masyarakat mengenai kesehatan mantan penguasa Orba itu.

pembatas Nurdin Halid Enggan Komentari Kasusnya

BANDAR LAMPUNG- Nurdin Halid, tersangka kasus korupsi di Koperasi Distribusi Indonesia (KDI) yang merugikan negara Rp 169 miliar, enggan berkomentar ketika dimintai konfirmasi tentang keterangan Kejaksaan Agung (Kejakgung) yang menyatakan bahwa bukti-bukti yang berkaitan dengan perbuatannya dianggap cukup memenuhi unsur tindak pidana.

pembatas
BPOM Musnahkan 23.000 Parsel Lebaran

JAKARTA-Perayaan Lebaran, Natal, dan Tahun Baru sudah berlalu, tapi persoalan parsel bermasalah sepertinya belum selesai. Dalam konferensi pers kemarin Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Sampurno mengatakan, pihaknya telah menarik dan memusnahkan 1.812 item produk untuk 23.678 parsel Lebaran dan Natal 2003.

pembatas DPRD Jateng Akan Dilaporkan ke Kejati

SEMARANG-Komite Penyilidikan dan Pemberantasan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Jateng berencana melaporkan DPRD Jateng ke Kejati.Pasalnya, DPRD dinilai tidak memiliki niat baik untuk menjelaskan penggunaan anggaran APBD kepada publik.

pembatas
Dua Prajurit Gugur Selama Operasi di Aceh

SEMARANG - Dua prajurit TNI yang berada di jajaran Kodam IV/Diponegoro gugur dalam kontak senjata dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) selama operasi militer digelar . Mereka adalah personel yang berasal dari Batalyon Infanteri (Yonif) 406 Purwokerto dan Yonif 408 Sragen.

pembatas Tak Kuasa Tahan Air Mata

SUASANA haru dan gembira campur menjadi satu ketika lebih dari 300 prajurit TNI di jajaran Kodam IV/Diponegoro kembali dari medan tugas di Aceh. Mereka datang menggunakan kapal milik TNI AL KRI Teluk Teratai bernomor lambung 509 dan bersandar di Pelabuhan Tanjungemas Semarang, Kamis (8/1) siang.

pembatas
67 Calon Haji Masih Tunggu Visa

SOLO- Sebanyak 67 calon haji kini waswas menunggu pengurusan visa dan paspor selesai. Mereka adalah jamaah pengganti yang diambilkan dari daftar tunggu jamaah sebelumnya. ''Memang sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 547/2003, dibenarkan ada penggantian 67 orang sebagai pengganti jamaah yang batal berangkat,''.

pembatas Dubes Arab Saudi Prihatin 30.000 Calhaj Batal Berangkat

JAKARTA-Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Abdullah A Alim prihatin dengan adanya 30.000 calon haji (calhaj) asal Indonesia yang semula masuk dalam kuota tambahan, ternyata batal berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun ini.

pembatas
PM Malaysia Disambut Demo

JAKARTA - Kedatangan tamu negara dari Malaysia, yaitu Perdana Menteri Ahmad Badawi di Gedung Kedubes Malaysia di Kawasan Kuningan Jakarta, Kamis (8/1) diwarnai aksi unjuk rasa oleh puluhan anggota Konsorsium Pembela Buruh Migran (Kopbumi).

pembatas MoU tentang TKI Dipercepat

JAKARTA- Indonesia dan Malaysia sepakat untuk mempercepat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) mengenai pengiriman dan perlindungan tenaga kerja Indonesia (TKI) di negeri jiran itu. Kedua negara juga sepakat menyelesaikan masalah perbatasan berdasarkan prinsip reklamasi pantai, tidak akan mengubah batas laut dan landas kontinen serta zona ekonomi eksklusif (ZEE).

pembatas
Selamatan Juara I Nasional Lomba Ternak Domba

BANJARNEGARA- Satu lagi prestasi tingkat nasional diraih Kabupaten Banjarnegara. Kelompok tani ternak domba Mantap dari Desa/Kecamatan Batur keluar sebagai juara I lomba agrobisnis peternakan tingkat nasional.

pembatas Pemilu 2004
Djawahir Diminta Tarik Leafletnya
  • Hari Ini Dipanggil Panwas

SEMARANG-Meski dinilai telah melakukan kampanye di luar jadwal, salah seorang calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jateng Drs H Djawahir Muhamad, tampaknya masih bisa bernapas lega.

pembatas
Pemilu 2004
Tolak Politikus Busuk Mahasiswa Gigit Tikus

SEMARANG- Aksi demonstrasi yang menolak politikus busuk dalam pencalegan Pemilu 2004 terus berlanjut. Kamis (8/1) siang, sejumlah mahasiswa IKIP PGRI menggelar aksi di Gedung Berlian (gedung DPRD Jateng) dan kantor KPU Jateng.

pembatas Pemilu 2004
PBB Siap Terima Aduan Masyarakat

SEMARANG-DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Jateng siap menerima pengaduan atau laporan tentang caleg-calegnya untuk DPRD. Baik menyangkut urutan nomor caleg, kualitas, moralitas maupun aspek-aspek lain yang dianggap tidak sesuai dengan aspirasi masyarakat. DPW pun siap menindaklanjuti laporan yang masuk.

pembatas
Pemilu 2004
KPU Bantah Gunakan Sisa Anggaran untuk Beli Mobil

JAKARTA-Pengadaan sejumlah kendaraan dinas baru untuk anggota KPU tidak menggunakan sisa anggaran tetapi memang sudah dianggarkan. "Jadi, bukan sisa anggaran karena memang sudah ada dananya,'' kata Wakil Ketua KPU Pusat.

pembatas Pemilu 2004
''Auranya Semrawut''

BANDUNG-Sutradara film yang sering bikin iklan layanan masyarakat, Garin Nugroho menilai bahwa aura Pemilu 2004 kurang mencerminkan adanya harapan bersama dari rakyat atas adanya fase menuju perubahan demi masa depan mereka.

pembatas
Pemilu 2004
Profil Partai Peserta Pemilu 2004 (16)
PPNUI Ingin Buat Rakyat Tersenyum

KESEDERHANAAN, inilah yang menjadi semangat perjuangan Partai Persatuan Nahdlatul Ummah Indonesia (PPNUI). Karena itu, sikap dan perilaku keseharian para pengurus partai ini selalu mengedepankan kesederhanaan namun bukan menyederhanakan masalah atau kinerja.

pembatas Pemilu 2004
DPP PKB Dinilai Tak Konsisten
  • Terkait Daerah Pemilihan Jatim

SURABAYA-Kendati tak menyampaikan rekomendasi secara formal ke DPP PKB di Jakarta, pertemuan sejumlah kiai khos NU Jatim di Ponpes Lirboyo Kediri beberapa hari lalu, membicarakan figur caleg PKB di DPR RI dari daerah pemilihan (DP) Jatim.

pembatas
KRONIK
Jumlah Pemilih 144 Juta Jiwa

JAKARTA-Tiga bulan menjelang pencoblosan, jumlah pemilih pada Pemilu 2004 mengalami kenaikan 1.503.990 jiwa sehingga jumlah keseluruhan menjadi 144.587.330 jiwa. Informasi itu disampaikan Wakil Ketua KPU Ramlan Surbakti di media center lembaganya, Kamis (8/1).


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA