logo SUARA MERDEKA

Line
 INDEKS BERITA HARI INI Rabu, 17 Desember 2003 
Line


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin

BERITA UTAMA

Irak Tak Siap Adili Saddam
  • Tikrit Makin Rusuh

BAGDAD - Kekerasan baru yang terjadi Selasa kemarin di Irak, menunjukkan penangkapan Saddam Hussein (66) tidak memberikan solusi cepat bagi upaya menghapus penderitaan rakyat negara itu.

pembatas Saddam Hussein (2-Habis)
Penentang Dominasi Barat di Timteng

SETELAH berperang melawan Iran selama sembilan tahun, Irak terlibat perang baru dengan pasukan multinasional pada 1991. Perang Teluk selama enam minggu itu terjadi, gara-gara Irak menginvasi negara kecil tetangganya yang kaya minyak, Kuwait. Pada perang itu, Irak dikepung pasukan multinasional 33 negara yang dipimpin AS.

pembatas
1.997 Calon Haji Jateng Batal Berangkat
  • Uang Dikembalikan Penuh

JAKARTA - Sebanyak 29.974 calon haji (calhaj) Indonesia, termasuk 1.997 orang asal Jawa Tengah gagal menunaikan ibadah haji 2004.

pembatas Fatwa MUI Tak Mengikat

JAKARTA-Ijtima ulama Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyepakati bunga adalah haram. Bunga yang dimaksud, yakni bunga lembaga keuangan, seperti bank, dan asuransi, termasuk bunga obligasi.

pembatas
Goenadi Bupati Tandingan

KARANGANYAR - Nekat. Itulah komentar yang cocok untuk DPRD Karanganyar. Mereka kemarin benar-benar melaksanakan hajatan pemilihan bupati ulang melalui rapat paripurna.

pembatas Dua Mahasiswa Akhirnya Dibebaskan

JAKARTA-Mabes Polri membebaskan 2 dari 6 mahasiswa Indonesia yang studi di Pakistan. Seorang mahasiswa, Anwar Asshidiqie langsung pulang, sedangkan David Pintarto memilih tinggal terlebih dulu di Polda Metro Jaya.

pembatas
Lisus Rusak Fasilitas Umum dan Rumah Warga

KUDUS-Amukan lisus selama 15 menit kemarin sore memorak-porandakan bangunan umum, pabrik, showroom mobil, rumah penduduk, dan sekolah di sebagian ruas Jalan Agil Kusumadya (Desa Jatikulon Kecamatan Jati) Kudus.

pembatas Proyek PLTU Rp 4 Triliun Segera Dibangun

CILACAP - Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) senilai Rp 4 triliun lebih akan segera dibangun di Cilacap, tepatnya di Jl Lingkar Timur, Desa Karangkandri, Kecamatan Kesugihan. Proyek PLTU tersebut dilaksanakan oleh investor PT Sumber Segara Prima Daya.

pembatas
Nyaris Diboyong ke Cina

HASIL rapat terakhir antara Pemkab Cilacap dan PT Sumber Segara Prima Daya ternyata menjadi kunci kelangsungan proyek PLTU di Cilacap. Sebab, dalam rapat itu diputuskan bahwa proyek senilai Rp 4 triliun lebih itu tetap dibangun di Cilacap.

pembatas Kejaksaan Kesulitan Usut Korupsi Temanggung

SEMARANG - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng hingga saat ini belum menemukan titik terang mengenai hasil pemeriksaan kasus korupsi di Kabupaten Temanggung. Instansi itu kesulitan dalam proses penyelidikan...

pembatas
Temu Pembaca Suara Merdeka
Mudah Dipahami dan Ngangeni

HARIAN Suara Merdeka merupakan koran pembentuk opini dan penyaji informasi, khususnya di wilayah publik Jawa Tengah agar tetap berjalan di atas relnya. Alangkah indahnya bila media "Perekat Komunitas Jawa Tengah" itu mampu menyajikan berita yang lebih real time, berimbang, mendidik, dan memperbanyak in depth news serta investigative news.

pembatas Heboh soal "Kereta Hantu" (2)
Tanpa Masinis, Meluncur 60 Km per Jam

BOLEH-BOLEH saja pihak PT Kereta Api (KA) menyatakan, kemungkinan kereta berada di jalur yang menurun sehingga dengan mudah meluncur. Namun yang pasti, misteri kaburnya empat gerbong Kereta Rel Listrik (KRL) ekonomi dari Stasiun Bogor, Jumat (12/12) dini hari itu masih belum terbongkar.

pembatas
Penyebabnya Stop Block Lepas

BANDUNG - Dari hasil pemeriksaan terhadap pegawai PT KAI terkait meluncurnya KRL Bogor-Jakarta pada Jumat (12/12) dini hari tanpa masinis dan aliran listrik, disimpulkan bahwa penyebab utama adalah lepasnya stop block (sepatu rem) dari dudukannya di rel tempat KRL tersebut parkir.

pembatas Analisis Berita
Pro-kontra tentang Keharaman Bunga Bank Konvensional

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa terbuka soal bunga bank. Melalui Ketua Komisi Fatwa MUI Ma'ruf Amin, lembaga kumpulnya para ulama itu menyatakan soal haramnya bunga bank konvensional.

pembatas
Beban PLN Luar Jawa Tetap Berat

MALANG-Meski ada UU Nomor 20/2002 tentang Ketenagalistrikan yang secara signifikan diatur untuk wilayah-wilayah yang sudah dikompetisikan, akan terasa dampak negatifnya bagi jaringan listrik di Jawa maupun di luar Jawa. Beban mereka akan tetap berat.

pembatas FKB dan FAN Protes Pimpinan Dewan
  • Terkait Usulan PAW yang Ditunda

SEMARANG - Ketua FKB DPRD Jateng H Abdul Kadir Karding SPi dan Ketua FAN Drs H Tjipto Subadi MSi menyayangkan sikap pimpinan Dewan (Pimwan)...

pembatas
Tommy Soeharto Tak Hadir, Sidang Kasus KH Shidiq Diundur

JAKARTA - Persidangan kasus penipuan dengan terdakwa KH Abdullah Shidiq Mu'in kembali batal digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Baik terdakwa maupun saksi korban, dalam hal ini Tommy Soeharto, tidak bisa hadir karena sakit.

pembatas Tak Ada Bentrok TNI dengan Brimob

PEKALONGAN - Kapolwil Pekalongan Kombes Drs Ichlas Yusuf menegaskan, di wilayahnya tidak ada bentrok antara TNI-Brimob. "Itu isu yang dibesar-besarkan," katanya saat dihubungi Suara Merdeka, semalam.

pembatas
Lelaki Hilang Ditelan Arus

SEMARANG--Hujan cukup deras yang mengguyur Kota Semarang Selasa (16/12) petang menelan korban. Susanto (54), warga Jl Puspogiwang Timur, Semarang Barat, terpeleset ke saluran dan kemudian terseret arus banjir...

pembatas Taufiqurrahman Ketua KPTPK

JAKARTA-Taufiqurrahman Ruki menyingkirkan 4 saingannya dan terpilih menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPTPK). Dia mengumpulkan 37 dari 44 suara.

pembatas
Beras Produk Terkait Politik

SEMARANG - Beras merupakan produk yang terkait dengan politik, terutama jika ditarik pada persoalan ketahanan pangan nasional. "Pasalnya, hampir 80% masyarakat hidup dari petani yang menghasilkan beras," kata fungsionaris DPP Partai Golkar, Bambang Sadono SY SH MHum, belum lama ini.

pembatas Hari Pertama Rina sebagai Bupati
Membuka Seminar Peringatan Hari PKK

KETIKA para anggota Dewan sedang sibuk menggelar pemilihan ulang di gedung DPRD, Hj Rina Iriani Sri Ratna Ningsih SPd MHum, Bupati Karanganyar yang baru dilantik Gubernur Jateng H Mardiyanto, langsung berkiprah.

pembatas
Seminar Lingkungan

JAKARTA-Kementerian Lingkungan Hidup hari ini mengadakan seminar mengenai pemikiran perubahan UU Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. Asisten Deputi Urusan Peraturan Perundang-undangan Deputi I KLH Bidang Kebijakan dan Kelembagaan Lingkungan Hidup Barlin SH MSi mengatakan,

pembatas Warga Jakarta Segera Menikmati Busway

KALAU tak ada aral melintang, Januari tahun depan di Jakarta akan beroperasi sistem transportasi busway yang akan menghubungkan jalur Blok M - Kota sepanjang 12 kilometer. Dana pembangunan proyek ini diambil dari APBD DKI Jakarta tahun 2002 senilai Rp 54 miliar.

pembatas
Pemilu 2004
Pengundian Urutan DPD Diwarnai Interupsi
  • Banyak Calon Mewakilkan

SEMARANG - Rapat pleno terbuka dengan agenda undian nomor urut peserta pemilu perseorangan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jateng yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Selasa (16/12), diwarnai interupsi dari calon anggota.

pembatas Pemilu 2004
Wiranto: 5 Agenda jika Terpilih Jadi Presiden

BOROBUDUR-Mantan Menhankam/Pangab H Wiranto SH menandaskan, hukum harus ditegakkan agar negeri ini bisa membangun. Tanpa ada kepastian hukum, tak ada investor masuk Indonesia. ''Hukum sekarang ini bisa dibeli. Yang salah bisa menjadi benar. Begitu sebaliknya. Berarti tidak ada kepastian hidup di negeri ini,'' katanya ketika berkunjung...

pembatas
Pemilu 2004
Partai Pelopor Tawarkan Sekolah Gratis

BREBES-Partai Pelopor menawarkan program sekolah gratis dari TK hingga perguruan tinggi. Program tersebut pada Selasa (16/12) dilontarkan oleh Ketua Umum DPP Rachmawati Soekarnoputri ketika temu kader di GOR Sasana Bhakti Adhy Karsa, Brebes.

pembatas Pemilu 2004
Parpol Peserta Pemilu 2004 (2)
Basis Partai Keadilan Sejahtera Mulai Merata

PARTAI Keadilan Sejahtera (PKS) adalah kelanjutan dari Partai Keadilan (PK) yang didirikan 9 Agustus 1998. Partai ini dideklarasikan di Masjid Al Azhar Jakarta di hadapan puluhan pendukungnya, pada 20 Juli 1998.


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA